7 Cara membuat masker spirulina, bisa dikombinasi dengan minyak zaitun

7 Cara membuat masker spirulina, bisa dikombinasi dengan minyak zaitun

Brilio.net - Spirulina merupakan salah satu suplemen yang saat ini sudah banyak dikenal oleh semua kalangan masyarakat. Suplemen yang berasal dari ganggang hijau berwarna biru ini sudah digunakan oleh suku Aztec yang ada di Meksiko pada beberapa abad lalu. Suplemen ini diperkaya dengan berbagai nutrisi dan memiliki sifat antioksidan.

Bahkan kandungan spirulina tidak hanya itu saja. Adanya asam amino esensial, asam lemak omega 3, vitamin B dan zat besi menjadikan spirulina sebagai suplemen yang bagus untuk merawat kulit dan memberikan sejumlah manfaat. Manfaat spirulina untuk kulit antara lain mencegah penuaan, membantu untuk meningkatkan produksi kolagen dan mengencangkan kulit, mencegah munculnya candida (jamur), mengatasi jerawat dan bopeng, mengatasi psoriasis, mengobati gejala eksim, membuat kulit semakin cerah, melembapkan kulit wajah, hingga menghilangkan noda hitam di wajah.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut kamu bisa menggunakan spirulina sebagai masker. Membuat masker spirulina untuk perawatan wajah sangat mudah. Kamu bisa kombinasikan dengan bahan-bahan alami lain untuk mendapatkan hasil maksimal. Beberapa cara penggunaan masker yang dikombinasikan dengan bahan alami, ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan wajah.

Nah, lantas bagaimana cara membuat masker spirulina? Berikut ini brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/2).

1. Minyak zaitun dengan spirulina.

Cara membuat masker spirulina Berbagai sumber

foto: Pixabay/stevebuissinne

Cara pertama yang bisa kamu gunakan adalah minyak zaitun yang memiliki berbagai khasiat untuk kecantikan. Pasalnya, minyak zaitun mengandung vitamin E, vitamin K, phenolic, dan zat besi.

Cara membuatnya cukup mudah, pertama-tama sediakan 2 kapsul spirulina, minyak zaitun, mangkuk kecil dan kuas. Sebelum mengoleskan masker, cuci muka terlebih dahulu hingga tidak ada sisa makeup yang menempel. Kemudian basuhlah wajah dengan air hangat. Setelah itu masukan 2 kapsul ke dalam mangkuk kecil. Teteskan minyak zaitun sesuai kebutuhan, aduk hingga merata hingga berbentuk seperti pasta. Lalu oleskan ke wajah, diamkan hingga mengering. Tahap akhir yakni bilas dengan air dingin.

2. Madu dengan spirulina.

Cara membuat masker spirulina Berbagai sumber

foto: Pixabay/dariayokevleva

Cara kedua membuat masker spirulina, kamu bisa mengombinasikan dengan madu murni. Madu memiliki kandungan seperti vitamin C, vitamin E, antioksidan flavonoid yang berkhasiat membantu mencegah penuaan dini, mencerahkan wajah, dan ampuh untuk mengatasi jerawat.

Cara membuat masker spirulina dengan madu mudah, antara lain siapkan 2 kapsul spirulina dan madu, kemudian campurkan bubuk spirulina dengan madu secukupnya. Lalu aduk secara merata dan jangan terlalu encer atau kental. Perlu diingat sebelum mengoleskan masker, cuci terlebih dahulu wajah hingga bersih. Jika sudah barulah oleskan secara merata masker madu dan spirulina ke wajah. Diamkan hingga beberapa saat hingga 15 hingga 30 menit. Dan langkah terakhir bilas dengan air hangat.

3. Lemon dengan spirulina.

Cara membuat masker spirulina Berbagai sumber

foto: Pixabay/s.hermann

Cara selanjutnya kamu bisa menggunakan lemon untuk dicampurkan ke masker spirulina. Masker lemon dan spirulina bisa membantu untuk mengatasi komedo. Untuk cara penggunaannya sediakan 2 kapsul spirulina dan perasan air lemon. Campurkan bubuk spirulina dengan perasan air lemon, aduk hingga agak kental. Lalu jika sudah kental, oleskan secara merata ke wajah. Diamkan kurang lebih 15 sampai 20 menit. Lalu bilas dengan air bersih dan wajah bebas dari komedo.

4. Air mawar dengan spirulina.

Cara membuat masker spirulina Berbagai sumber

foto: Freepik/jcomp

Air mawar ternyata bisa lho untuk dikombinasikan dengan spirulina. Air mawar dalam masker spirulina berguna untuk menambahkan aroma. Jika ingin menggunakan air mawar dengan spirulina caranya campurkan air mawar dengan 2 kapsul spirulina, aduk hingga merata lalu oleskan secara merata ke wajah. Diamkan hingga beberapa saat, kurang lebih 15 sampai 20 menit. Jika sudah, bilas dengan air hangat

5. Pisang, yogurt, dan spirulina.

Cara membuat masker spirulina Berbagai sumber

foto: Pixabay/stevebuissinne

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan pisang, yogurt yang dicampur dengan spirulina. Ketiga bahan ini bermanfaat untuk mengatasi kulit kering. Tidak hanya itu, bahan-bahan alami ini akan bekerja untuk membersihkan sel kulit mati.

Cara membuatnya mudah saja, pertama haluskan pisang terlebih dahulu. Jika sudah halus campurkan pisang dengan yogurt dan spirulina, lalu aduk hingga merata. Kemudian oleskan ke wajah dan diamkan hingga 20 menit atau 25 menit. Jika sudah kering, bilas dengan air hangat.

6. Minyak lavender, minyak cocoba, dengan spirulina.

Cara membuat masker spirulina Berbagai sumber

foto: Pixabay/coleour

Cara berikutnya kamu bisa mencampurkan minyak lavender, cocoba dengan spirulina. Minyak lavender dan cocoba bagus untuk membantu kamu yang memiliki kulit berminyak. Selain untuk membantu mengatasi kulit berminyak, masker ini bermanfaat untuk mengatasi kulit berjerawat bahkan bisa loh memutihkan wajah jika rutin digunakan.

Jika kamu ingin menggunakan cara ini yang perlu kamu sediakan antara lain satu sendok teh minyak cocoba dan beberapa tetes minyak lavender. Jika semua bahan sudah siap, langkah pertama yaitu campurkan semua bahan, aduk hingga rata hingga berbentuk pasta. Kemudian oleskan secara merata ke wajah. Diamkan hingga kering, kurang lebih 15 hingga 20 menit.

7. Minyak vitamin E, almond, dengan spirulina.

Cara membuat masker spirulina Berbagai sumber

foto: Pixabay/stevebuissinne

Minyak vitamin E dengan almond jika dijadikan masker dan dicampur dengan spirulina akan memberikan manfaat untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan.

Cara membuat masker dari ketiga bahan yakni sediakan 1 sdm bubuk spirulina, dua tetes minyak vitamin, dan lima tetes minyak almond. Aduk semua bahan tersebut hingga merata lalu oleskan ke wajah. Diamkan kurang lebih 20 menit sampai dengan 25 menit. Jika sudah kering bilas dengan air hangat.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES