Brilio.net - Kulit kering adalah masalah yang terjadi ketika lapisan kulit paling atas atau epidermis tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Akibatnya, kulit terlihat seperti bersisik, mengelupas, hingga pecah-pecah.

Dilansir dari Healthline, kulit kering atau disebut juga xerosis adalah kondisi kulit yang umum terjadi dan bisa disebabkan banyak faktor. Walaupun begitu, kulit kering juga bisa menjadi gejala kondisi kesehatan yang lebih serius, terutama jika ekstrem dan tidak bisa diatasi dengan pelembap atau cara-cara sederhana lainnya.

Penyebab kulit kering bisa dikarenakan banyak hal. Maka dari itu, cara mengatasi kulit kering sebaiknya harus disesuaikan dengan penyebabnya. Misalnya, dengan melakukan perawatan wajah dengan produk skincare atau menggunakan bahan-bahan alami.

Memiliki wajah kering adalah salah satu masalah buruk yang akan menimbulkan permasalahan baru. Karena apabila kulit mengalami kekeringan akan sangat mudah muncul tanda-tanda penuaan bahkan menjadi bersisik hingga mengelupas.

Bahkan jika kulit kurang kandungan air dan kelembapan akan menyebabkan kulit menjadi tampak lebih kusam dan warna tidak merata. Oleh karena itu, kulit kering akan sangat mengganggu penampilan.

Siapapun bisa terkena kondisi kulit yang satu ini, tapi orang lanjut usia biasanya lebih rentan. Hal ini disebabkan karena lansia mengalami penurunan produksi sebum, yakni minyak alami yang berfungsi sebagai pelumas kulit. Salah satu bahan alami yang dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi kulit kering di wajahmu adalah masker lidah buaya.

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki beragam manfaat untuk kulit. Hal ini berkat kandungan antioksidan dalam aloe vera yang cukup tinggi membuat membuat lidah buaya ampuh untuk melindungi kulit dari sinar UV. Enzim pada lidah buaya yang disebut Bradykinase juga berfungsi sebagai zat antiinflamasi. Manfaat lidah buaya semakin beragam, karena diperkuat dengan kandungan asam lemak, asam salisilat, hormon auksin dan giberelin.

Salah satu manfaat lidah buaya adalah untuk mengatasi kulit kering. Nah, seperti apa memanfaatkan lidah buaya guna mengatasi kulit kering? Berikut cara membuat membuat masker lidah buaya untuk kulit kering seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (25/4).

 

(brl/tin)

Related News