6 Manfaat retinol untuk wajah, mampu cegah penuaan dini

6 Manfaat retinol untuk wajah, mampu cegah penuaan dini

Brilio.net - Pengguna skincare pasti sudah tidak asing dengan zat bernama retinol. Namun tidak banyak apa itu retinol dan apa kegunaannya. Retinol merupakan salah satu jenis dari senyawa organik yang larut dalam lemak dan turunan dari vitamin A.

Retinol merupakan turunan sintesis dari vitamin A yang masuk ke dalam larutan lemak. Biasanya terdapat di dalam bahan sayuran seperti wortel, telur dan ubi-ubian.

Dikutip brilio.net dari Today, Kamis (24/2), Dr.Tina Alster seorang Dermatology Laser Surgery mengatakan bahwa saat retinol dioleskan ke bagian tubuh, retinol akan berubah menjadi asam retinoat oleh enzim yang ditemukan di dalam kulit. Asam retinoat bisa dioleskan, namun memiliki perbedaan dengan retinol. Asam retinoat memiliki sifat yang lebih keras dari pada retinol.

Manfaat retinol untuk wajah

Retinol memiliki cara kerja dengan meregenerasi sel-sel mati menggantikannya dengan sel baru. Cara kerja ini yang membuat retinol bisa membantu menghaluskan kulit, mencerahkan kulit, dan mencegah tanda-tanda penuaan. Bahkan tidak hanya itu saja manfaat retinol untuk wajah. Berikut ini manfaat retinol sebagaimana brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/2).

1. Mencegah munculnya tanda penuaan

Manfaat retinol untuk wajah Berbagai sumber

foto: Pexels/annashvets

Manfaat retinol yang pertama untuk wajah yaitu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Retinol memiliki sifat anti-penuaan yang bisa digunakan untuk mencegah munculnya efek penuaan. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika tanda-tanda penuaan mulai muncul di area wajah karena bisa diatasi menggunakan retinol.

2. Membantu meratakan warna kulit

Manfaat retinol untuk wajah Berbagai sumber

foto: Pexels/koolshooters

Warna kulit yang tidak merata disebabkan karena paparan sinar matahari. Untuk mengatasi permasalahan kulit yang tidak merata kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan retinol. Cara kerja retinol untuk mendapatkan manfaat ini yaitu dengan merangsang pergantian sel kulit yang rusak, kemudian dimanifestasikan dengan efek pengelupasan.

Penggunaan retinol membuat produksi kolagen dan elastin meningkat sehingga akan menghasilkan sel kulit baru yang lebih cerah bahkan kulit lebih kencang dari sebelumnya.

3. Membuat kulit lebih cerah

Manfaat retinol untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik/dianna.gritsu

Manfaat retinol selanjutnya untuk wajah yaitu membantu mencerahkan kulit kusam. Seseorang memiiliki kulit kusam karena disebabkan oleh beberapa faktor. Penyebabnya bisa karena kondisi kehamilan, kerusakan kulit, lingkungan dan gaya hidup tidak sehat.

Cara kerja retinol untuk mencerahkan kulit yaitu dengan menenangkan sel-sel kulit yang memproduksi melanin. Sel-sel kulit memiliki tanggung jawab untuk menjaga kondisi kulit agar warna kulit tidak berubah. Efek dari penggunaan retinol untuk mencerahkan yakni sel kulit mengalami pembengkakan. Justru efek dari sel kulit yang membengkak membuat kulit tampak sehat dan cerah.

4. Menjadi obat jerawat

Manfaat retinol untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik/diannagritsu

Retinol bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Mengatasi jerawat adalah manfaat utama dari retinol. Retinol akan membuka pori-pori yang tersumbat, kemudian akan membersihkan kulit. Dengan cara tersebut, retinol ampuh untuk memberantas jerawat. Penggunaan retinol untuk menghilangkan jerawat memberikan minim efek bekas jerawat.

5. Mengatasi papiloma di wajah

Manfaat retinol untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik/diannagritsu

Manfaat retinol selanjutnya yaitu bisa digunakan untuk menghilangkan papiloma atau kutil yang tumbuh di wajah. Kutil yang tumbuh di area tubuh disebabkan oleh virus humam papillomavirus (HPV).
Cara retinol bekerja untuk mengatasi papiloma yaitu dengan mengganggu pertumbuhan sel papiloma sehingga jaringan sel papiloma akan terhambat bahkan bisa hilang. Namun penggunaan retinol harus dilakukan secara rutin.

6. Menebalkan kulit wajah yang tipis

Manfaat retinol untuk wajah Freepik

foto: Freepik/cookie_studio

Manfaat selanjutnya dari retinol yaitu berguna untuk menebalkan warna kulit yang tipis. Penyebab dari kulit yang menipis yaitu karena iritasi dan mengalami kemerahan. Dengan menggunakan retinol maka kulit yang menipis bisa dipulihkan dengan cara merangsang produksi kolagen.

Efek samping penggunaan retinol

Walaupun retinol memberikan sejumlah manfaat untuk kecantikan wajah. Terdapat hal yang perlu kamu ketahui bahwa retinol memiliki efek samping. Efek samping retinol untuk sejumlah orang tidak begitu berdampak. Berikut ini efek samping dari retinol yang harus kamu ketahui, antara lain :

- Bisa menyebabkan iritasi pada kulit
- Kulit menjadi kering dan berjerawat
- Kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari
- Tidak boleh digunakan oleh wanita hamil

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES