Brilio.net - Tak hanya dijadikan sebagai penyedap masakan saja, namun daun salam juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Dilansir dari flushinghospital.org, Kamis (10/6), daun salam kaya akan vitamin A, vitamin C, zat besi, kalium, kalsium, dan magnesium. Jika dikonsumsi secara teratur, maka akan memberikan manfaat yang sangat besar untuk kesehatan.

Tidak hanya itu saja, daun salam mengandung enzim yang membantu memecah protein dan mencerna makanan lebih cepat, serta membantu mengatasi gangguan pencernaan. Nah tak hanya untuk kesehatan saja, daun salam juga memberikan dampak yang sangat baik untuk kecantikan.

Berikut beberapa manfaat daun salam untuk kecantikan dan cara mengaplikasikannya, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (10/6).

1. Mengatasi kulit kering.

Manfaat daun salam untuk kecantikan freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Kandungan yang baik pada daun salam dapat mengatasi masalah kulit kering. Caranya, rebus 5 lembar daun salam kering ke dalam 2 gelas air selama beberapa menit. Kemudian, tuangkan air rebusan daun salam yang sudah mendidih tersebut ke dalam wadah besar.

Hadapkan wajah ke arah wadah besar tersebut untuk merasakan uapnya. Agar tidak mengganggu kamu harus menutup kepala dengan handuk, dan diamkan beberapa saat agar uap rebusan daun salam meresap ke kulit.

2. Mengatasi jerawat.

Manfaat daun salam untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Kandungan minyak pada daun salam dapat mengatasi masalah jerawat karena mengandung sifat antiinflamasi. Kandungan antibakteri yang terdapat pada daun salam mampu menyeimbangkan produksi sebum pada kulit wajah.

Caranya sama dengan di atas dengan menggunakan uap rebusan daun salam. Namun perlu diketahui penggunaannya tidak boleh berlebihan karena dapat memberikan efek samping pada kulit wajah.

3. Meluruskan rambut.

Manfaat daun salam untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Jika kamu merasa tidak puas dengan kondisi rambutmu sekarang ini dan ingin meluruskannya, daun salam bisa kamu andalkan. Caranya, rebus beberapa helai daun salam selama 20 menit. Kemudian saring saring dan dinginkan, lalu pakai menggunakan sampo.

4. Menghilangkan ketombe.

Manfaat daun salam untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Ketombe merupakan masalah rambut yang memang sangat mengganggu. Jika mengalami masalah seperti ini, kamu bisa menggunakan daun salam. Caranya sama dengan proses meluruskan rambut. Tak hanya menghilangkan ketombe saja, namun juga dapat merangsang pertumbuhan rambut baru.

5. Menghilangkan kutu rambut.

Manfaat daun salam untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Kutu rambut merupakan serangga yang harus dibasmi karena dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan. Caraya, siapkan 50 gr daun salam yang sudah dipotong. Selanjutnya, rebus daun salam yang sudah dipotong dalam 400 ml air. Kemudian saring air rebusan daun salam dan aplikasikan pada rambut secara menyeluruh. Diamkan beberapa jam dan kemudian bilas hingga bersih.

6. Menyembuhkan luka.

Manfaat daun salam untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Luka bisa menjadi masalah kecantikan, pasalnya ketika kulit mengalami luka maka penampilan menjadi kurang maksimal. Kandungan disinfektan pada daun salam dapat mengobati luka, iritasi, bekas gigitan serangga, dan beberapa masalah lainnya.

Related News