Brilio.net - Kamu pengguna skincare? Pasti sudah tidak asing dengan bahan skincare centella asiatica atau pegagan. Centella asiatica merupakan sebuah tanaman yang biasa digunakan sebagai bahan utama dalam produk skincare karena memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit salah satunya membantu melembapkan kulit.

Centella asiatica merupakan tanaman yang dikenal sebagai pegagan, sebuah tanaman tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Dilansir brilio.net dari sciencebecomesher, Sabtu (12/3) centella asiatica biasa digunakan sebagai tanaman yang berguna untuk mengobati berbagai macam penyakit. Kemudian pada abad pertengahan centella asiatica disarankan untuk menjadi bahan pengobatan utama untuk berbagai macam permasalahan kulit seperti psoriasis, eksim, lupus, varises, dan kusta.

Terdapat sembilan zat di dalam centella asiatica antara lain asam asiatic, madecassoside, adam madasiatic, asiatikosida, asam lemak, flavonoid, vitamin B, vitamin C, dan asam amino. Semua zat tersebut membuat centella asiatica memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan kulit.

Berikut manfaat centella asiatica di dalam skincare yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (12/3).

1. Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Manfaat centella asiatica di dalam skincare Berbagai sumber

foto: Pixabay/tarzanacosmatics

Manfaat centella asiatica yang pertama yaitu dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini. Centella asiatica memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi kolagen. Dilansir brilio.net dari Kbeauty notes, Sabtu (12/3) bahwa terdapat penelitian yang membuktikan bahwa centella asiatica memiliki kemampuan untuk menjadi anti-penuaan, dan merawat kulit yang mengalami kondisi photoaging.

2. Menenangkan kulit yang iritasi

Manfaat centella asiatica di dalam skincare Berbagai sumber

foto: Pexels/andreapiacquadio

Centella asiatica bisa menenangkan kulit yang mengalami iritasi. Cara kerjanya yaitu dengan memperbaiki fungsi pelindung kulit. Dengan begitu centella asiatica bisa membantu mengurangi kemerahan, meredakan kulit gatal, dan peradangan karena memiliki sifat menenangkan.

3. Menghidrasi kulit

Manfaat centella asiatica di dalam skincare Berbagai sumber

foto: Freepik.com

Manfaat selanjutnya dari centella asiatica yaitu sangat baik untuk menghidrasi kulit. Centella asiatica bisa dijadikan sebagai bahan utama yang bermanfaat untuk mengatasi kulit kering, mengatasi jerawat, meredakan peradangan, bahkan bisa menjaga kulit tetap lembap. Hal ini dikarenakan adanya sifat-anti-inflamasi dan pelembap.

Saat skincare dengan kandungan centella asiatica dioleskan pada kulit secara tidak langsung akan meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi kehilangan air transepidermal setelah penggunaan satu minggu. Selain itu centella asiatica bisa meningkatkan hidrasi kulit setelah penggunaan selama empat minggu.

4. Melindungi kulit dari sinar UV

Manfaat centella asiatica di dalam skincare Berbagai sumber

foto: Freepik.com

Memiliki zat kandungan flavonoid secara alami di dalam Centella asiatica membuat kandungan ini mempunyai sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang bisa membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV, dan polusi.

5. Mengatasi wajah berjerawat

Manfaat centella asiatica di dalam skincare Berbagai sumber

foto: Pexels/annanekrashevich

Kandungan bahan centella asiatica yang ada di dalam skincare bisa membantu untuk mengatasi permasalahan wajah seperti jerawat dan mengurangi kemerahan karena jerawat. Centella asiatica memiliki senyawa aktif bernama madecassic yang bisa mengobati jerawat dan mencegah munculnya jerawat di wajah.

6. Membantu mengencangkan kulit

Manfaat centella asiatica di dalam skincare Berbagai sumber

foto: Freepik.com

Centella asiatica bisa membantu untuk mengencangkan kulit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C di dalam centella asiatica. Bahkan tidak hanya vitamin C yang mendukung membantu kulit tetap kencang, melainkan adanya kemampuan memproduksi kolagen dan mengurangi stretch mark membuat kulit menjadi kencang dan tampak awet muda.

(brl/lea)

Related News

(brl/lea)