Brilio.net - Daun sirih merupakan tanaman yang bisa ditemukan di sekeliling kamu. Tanaman merambat ini biasa tumbuh subur di pekarangan rumah. Daun sirih sendiri memiliki banyak warna, tak hanya hijau tapi juga kekuningan, kemerahan, dan abu-abu.

Banyak orang yang menganggap daun sirih sebagai tanaman kaya akan manfaat. Untuk kesehatan sendiri daun sirih dapat membantu melawan bakteri, menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kadar kolesterol, mempercepat pertumbuhan luka, mengatasi keputihan pada wanita, mengatasi mimisan, dan masih banyak lagi.

Tak hanya untuk kesehatan, daun sirih juga memiliki banyak manfaat lho untuk kecantikan. Di dalam daun sirih terdapat kandungan vitamin C, yang dapat mencerahkan kulit, mencegah rambut rontok, memudarkan flek hitam, membersihkan komedo, mengecilkan pori-pori, dan sifat anti jamur serta antibakteri di dalamnya mampu mengatasi masalah jerawat.

Daun sirih biasa digunakan dengan cara dikonsumsi ataupun dioleskan secara topikal. Meski sudah lama digunakan, penelitian tentang manfaat rebusan daun sirih masih belum banyak. Untuk itu, penggunaan rebusan daun sirih juga tak boleh sembarangan.

Rutin menggunakan perawatan dengan daun sirih juga dapat membuat wajah lebih cerah, mulus, dan glowing lho. Hal itu tentu jadi impian setiap kulit setiap wanita maupun pria.

Meskipun daun sirih merupakan bahan alami yang aman digunakan untuk kesehatan dan kecantikan, namun penggunaan yang berlebihan daun sirih juga memiliki efek samping yang berbahaya lho. Maka dari itu penggunaan ramuan daun sirih harus sesuai dengan takarannya.

Lantas apa saja efek samping dari memanfaatkan daun sirih untuk kecantikan dan kesehatan? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber.

 

(brl/tin)

Related News