Brilio.net - Kulit kepala berketombe memang menjadi salah satu permasalahan yang kerap dialami olah banyak orang. Ketombe ini sering terlihat berbentuk serpihan di kulit kepala dan berwarna putih ataupun keabu-abuan. Memiliki kulit kepala yang berketombe dapat menurunkan rasa percaya diri kamu. Sama halnya ketika kamu memiliki ketombe di alis. Ya, siapa bilang masalah ketombe nggak bisa muncul di alis? Ketombe bahkan juga bisa muncul di area bulu mata, loh.

Ketombe di alis dapat terjadi pada siapa saja dan tak mengenal batas usia, dari bayi, remaja bahkan juga orang tua. Meski sebenarnya tidak berbahaya, tapi jangan dibiarkan begitu saja. Ketika ketombe muncul di area alis bisa menyebabkan masalah iritasi, gatal serta membuat rambut alis menjadi kering dan bersisik. Ketombe di alis ini bisa terjadi karena beberapa faktor yang memengaruhi, salah satunya ketika kulit kering.

Kulit kering pada area wajah dan alis bisa menyebabkan munculnya ketombe. Penggunaan produk kecantikan dengan bahan kimia yang terlalu keras seperti toner dan sabun bisa membuat kulit menjadi kering. Bahkan penggunaan pensil alis yang berkualitas buruk bisa memunculkan ruam. Selain itu ketombe di alis bisa juga dikarenakan kulit mengalami pengelupasan dan peradangan akibat minyak berlebih dari kelenjar minyak. Namun, dalam kasus lain, ada beberapa orang yang mengalami masalah ini karena jamur dan bakteri.

Cara menghilangkan atau perawatan pada alis berketombe ini juga tergantung pada penyebab ketombe kamu. Terkadang apa yang berhasil pada orang satu belum tentu berhasil pada orang yang lain. Tapi kamu tak perlu pusing, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/12) 6 cara menghilangkan ketombe di alis dengan bahan alami.

Loading...

1. Memilih sampo yang sesuai.

6 Cara menghilangkan ketombe di alis dengan aman & alami freepik.com

foto: freepik.com

Meski kedengarannya aneh, tapi nyatanya sampo juga bisa digunakan untuk alis yang berketombe. Menurut beberapa sumber saat rambut kamu berketombe maka sebaiknya mengunakan sampo yang mengandung zinc pyrithione, selenium sulfide, ketoconazole, salicylic acid, atau coal tar. Saat mengaplikasikan sampo di alis, haruslah berhati-hati agar tidak mengenai mata. Sebaiknya gunakan secukupnya karena sampo untuk rambut biasanya terlalu keras untuk kulit di sekitar alis. Jangan lupa pijatlah selama 3 hingga 5 menit kemudian bilas dengan air bersih.

2. Pakai pelembap.

6 Cara menghilangkan ketombe di alis dengan aman & alami freepik.com

foto: freepik.com

Kebiasaan membersihkan wajah dan alis dengan pembersih seperti toner dapat menjadikan kulit kering dan memicu timbulnya ketombe di alis. Bahkan jika semula sudah terdapat ketombe, malah akan semakin memperparah. Untuk itu kamu perlu membuat area kulit menjadi lembap dengan bahan minyak esensial dan mengusapkannya di area alis. Rutinlah mengolesinya untuk mengatasi masalah ini.

3. Menggunakan minyak zaitun.

6 Cara menghilangkan ketombe di alis dengan aman & alami freepik.com

foto: freepik.com

Salah satu minyak alami yang memiliki segudang manfaat yang baik untuk kulit maupun rambut adalah minyak zaitun. Minyak ini mengandung antioksidan dan berbagai vitamin seperti vitamin K, vitamin E yang dapat membantu menghilangkan ketombe yang mengganggu pada alis. Caranya cukup mudah kamu bisa mengoleskan minyak zaitun ini pada area bulu mata dan alis, kemudian biarkan meresap selama 15 menit. Setelah itu, kamu dapat membersihkan area itu dengan kain hangat.

4. Air lemon.

6 Cara menghilangkan ketombe di alis dengan aman & alami freepik.com

foto: freepik.com

Selain minyak zaitun, cara menghilangkan ketombe juga bisa menggunakan air lemon. Buah lemon sendiri mengandung asam sitrat, vitamin C dan juga antioksidan yang mampu mengusir ketombe secara ampuh. Nah, kandungan tersebut juga dapat menghilangkan infeksi jamur yang ada pada area alis. Kamu bisa mengaplikasikan bahan ini dengan cara mencelupkan kapas pada air lemon, lalu oleskan pada area alis secara hati-hati agar tidak mengenai mata. Diamkan beberapa saat agar meresap dan bilas dengan air dingin.

5. Lidah buaya.

6 Cara menghilangkan ketombe di alis dengan aman & alami freepik.com

foto: freepik.com

Salah satu bahan alami yang dapat menghilangkan ketombe yaitu aloe vera atau lidah buaya. Bahan ini dikenal mampu mengatasi peradangan, luka bakar dan juga mempercepat penyembuhan berbagai luka ringan. Gel lidah buaya ini juga mampu mengobati jenis bakteri dan jamur yang berada di alis dan bulu mata. Bahkan memberikan rasa dingin akibat gatal dari ketombe. Cukup siapkan lidah buaya, cuci dan ambil gel lidah buaya. Oleskan pada pada area alis dan diamkan selama 2 hingga 10 menit. Kemudian bilaslah dengan air hangat. Jangan lupa untuk dilap dengan kain kering bersih.

6. Minyak almond.

6 Cara menghilangkan ketombe di alis dengan aman & alami freepik.com

foto: freepik.com

Tak hanya minyak zaitun saja yang bisa mangatasi ketombe di alis, kamu juga biasa menggunakan minyak almond sebagai alternatif lainnya. Minyak almond juga dapat mengatasi iritasi dan rasa gatal akibat ketombe. Caranya, aplikasikan dengan mengoleskan pada area alis, lalu pijatlah secara perlahan selama 5-10 menit. Kemudian diamkan selama semalaman agar minyak meresap. Saat pagi hari kamu dapat mencucinya dengan sampo yang ringan dan bilas dengan air bersih. Minyak almond ini juga mampu menghidrasi bulu mata dan alis menjadi lebih lembap.

Related News