Brilio.net - Jerawat menjadi momok yang paling dibenci banyak orang. Tak hanya wanita, pria juga merasakan hal yang sama. Pasalnya memiliki jerawat membuat wajah menjadi terlihat tidak bersih. Tentu saja ini membuat orang menjadi kurang percaya diri karena penampilannya menjadi kurang maksimal.

Bukan cuma jerawat, bekasnya tak jarang meninggalkan bekas yang juga sangat sulit untuk dihilangkan. Lagi-lagi membutuhkan tenaga ekstra untuk menghilangkan bekas jerawat. Pasalnya menghilangkan bekas jerawat bukanlah perkara mudah.

Memiliki wajah berjerawat menjadi tantangan tersendiri bagi wanita yang senang berdandan. Mereka jadi tidak bisa menggunakan makeup dengan baik. Sekarang ini memang sudah banyak sekali produk-produk kecantikan yang bisa digunakan. Namun menjadi percuma jika kamu tidak mengetahui trik yang benar menggunakan makeup untuk kulit berjerawat, hasilnya pasti tidak akan mulus.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu ikuti agar hasil makeup maksimal meski memiliki berjerawat, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (12/12).

1. Hindari memakai alas bedak dengan kandungan tertentu.

Cara makeup untuk kulit berjerawat agar terlihat mulus Istimewa

foto: dconheels.com

Wajah berjerawat terbilang tipe kulit sensitif. Kamu ingin menutupnya dan membuat wajah menjadi mulus, jangan lupa utamakan kesehatan kulit.

Jangan sampai jerawat semakin meradang usai menggunakan makeup. Oleh karenanya kamu harus menghindari penggunaan alas bedak dengan bahan-bahan yang bisa memicu pori-pori tersumbat. Amannya, kamu bisa menggunakan produk yang berlabel noncomedogenic dan memang ditujukan untuk kulit sensitif agar kondisi kulit nggak makin iritasi.

2. Gunakan pelembap dan serum yang sesuai dengan kulit berjerawat.

Cara makeup untuk kulit berjerawat agar terlihat mulus Istimewa

foto: garnierusa.com

Sebelum menggunakan makeup, kamu harus menggunakan pelembap atau serum. Jika kamu memiliki kulit sensitif atau berjerawat, maka yang harus kamu lakukan adalah memiliki pelembap yang sesuai dengan jenis kulit.

3. Gunakan alas bedak yang mengandung unsur warna kuning.

Cara makeup untuk kulit berjerawat agar terlihat mulus Istimewa

foto: beautyandfashionfreaks.com

Alas bedak yang mengandung unsur warna kuning akan sangat membantu menyamarkan wajah kusam dan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Kulit akan terlihat lebih cerah dan bintik hitam karena bekas jerawat dapat teratasi dengan baik.

4. Pilih foundation yang ringan.

Cara makeup untuk kulit berjerawat agar terlihat mulus Istimewa

foto: glamlipstick.com

Memiliki wajah sensitif harus diperhatikan dengan baik. Kamu bisa menggunakan foundation yang ringan agar tidak menutup pori-pori. Kamu bisa coba menggunakan serum foundation.

Serum foundation diformulasikan dengan bahan dasar air atau water-based, maka tidak heran jika formulanya sangat ringan. Dengan begitu hasil makeup akan lebih halus, karena langsung menyatu dengan kulit.

5. Gunakan bedak tabur.

Cara makeup untuk kulit berjerawat agar terlihat mulus Istimewa

foto: meganjoy.ca

Bedak tabur bisa menjadi salah satu yang wajib kamu gunakan untuk untuk mengunci foundation. Bagi kamu yang memiliki jenis kulit wajah yang berjerawat dan berminyak bedak yang paling disarankan untuk menggunakan bedak tabur.

Kamu bisa menggunakan teknik baking yang bertujuan untuk mengunci foundation di wajah. Gunakan spons atau beauty blender kemudian ambil bedak dan tap ke wajah. Tekan-tekan sedikit agar meresap ke pori-pori. Kemudian diamkan sekitar 5-10 menit.

6. Hindari blush on dan highlighter yang mengandung butiran glitter.

Cara makeup untuk kulit berjerawat agar terlihat mulus Istimewa

foto: lorealparisusa.com

Penting kamu ketahui, penggunaaan blus on dan highlighter yang mengandung glitter akan membuat wajah menjadi lebih merona, sehingga jerawat akan sangat kelihatan. Jika tetap ingin menggunakannya, pastikan untuk tidak terlalu belebihan. Cukup ditepuk-tepuk ringan dengan kuas.

Penyebab munculnya jerawat.

Memiliki kulit sensitif memang sangat menyebalkan, pasalnya kamu harus menjaganya dengan baik agar tidak muncul masalah wajah seperti jerawat, komedo dan sebagainya.

Namun tahukah kamu, ada beberapa kebiasaan yang memang jarang kita sadari yang akhirnya bisa memunculkan berbagai masalah wajah. Salah satunya adalah jerawat. Apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (12/12).

1. Terlalu sering mencuci muka.

Mungkin sebagian dari kamu berfikir, apa yang salah dengan sering mencuci muka? Bukannya akan lebih bagus membuat wajah menjadi lebih bersih. Namun cara itu tidaklah tepat.

Terlalu sering mencuci muka dapat membuat wajah menjadi kering karena kehilangan minyak alami kulit dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi. Efeknya, jerawat akan kembali muncul.

Untuk itu kamu disarankan mencuci muka sehari dua kali. Saat mencuci muka, kamu bisa menggunakan air hangat atau air bersih, dan sabun pembersih wajah dengan formulasi yang ringan.

2. Produk rambut yang menetes pada wajah.

Tanpa kita sadari ketika menggunakan produk rambut seperti minyak rambut, gel dan berbagai produk rambut lainnya dan kemudian menetes atau mengenai bagian wajah maka akan sangat rentan berjerawat. Pasalnya produk-produk tersebut dapat menghambat pori-pori.

3. Memencet jerawat.

Kebiasaan yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah memencet jerawat. Namun cara ini tidak tepat karena dapat menimbulkan masalah baru.  Sebab saat jerawat dipencet dan ditekan, sumbatan pada pori-pori kulit dapat masuk lebih dalam.

Untuk menghilangkan jerawat, gunakan obat tertentu. Hindari pula untuk menyentuh jerawat karena bisa saja tangan kamu kotor dan mengandung banyak kumat. Hal tersebut justru akan memperparah kondisi jerawat.

4. Penggunaan makeup berlebihan.

Menggunakan makeup memang tidak salah jika kamu mengaplikasikannya dengan tepat. Penggunaan makeup terlalu berlebihan atau terlalu sering akan menyebabkan munculnya jerawat.

Kamu juga harus rajin membersihkan peralatan makeup. Karena peralatan makeup yang dibiarkan tanpa pernah dibersihkan akan menjadi sarang kuman yang nantinya dapat menyebabkan masalah pada kulit wajah.

Related News