Brilio.net - Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman yang dikenal memiliki banyak manfaat. Tanaman ini kaya akan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, dan polisakarida yang baik untuk kesehatan. Beruntungnya, kita sebagai masyarakat Indonesia tidak sulit untuk menemukan tanaman lidah buaya.Tanaman lidah buaya mudah dijumpai di Indonesia. Nggak heran kalau lidah buaya menjadi tanaman yang memiliki potensi dikembangkan sebagai obat dan bahan industri. Lidah buaya menjadi satu dari 10 jenis tanaman lainnya. Apalagi sekarang, produk dengan kandungan lidah buaya sangat masif ditemukan di sekitar kita.Lidah buaya juga terkenal dalam perannya sebagai anti-inflamasi, antijamur, antibakteri, dan membantu proses regenerasi sel. Bagi penderita diabetes, lidah buaya juga dapat menurunkan kadar gula. Selain itu lidah buaya juga mampu mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker.Tak hanya merawat tubuh dari dalam, lidah buaya juga mampu menjadi obat untuk permasalahan lainya seperti, mempercepat penyembuhan luka luar, mengatasi iritasi kuit, membasmi plak gigi, hingga baik untuk perawatan wajah.

Loading...
Bicara soal perawatan wajah dengan lidah buaya, tentu sangat mudah untuk diterapkan sehari-hari. Cukup mengoleskan lidah buaya pada wajah atau kulit yang berjerawat secara rutin. Lidah buaya sangat baik bagi kesehatan kulit, khususnya wajah karena mampu merangsang pertumbuhan sel baru.Kulit berjerawat akan meregenerasi menjadi sel baru. Apalagi kulit luka, maka luka tersebut bisa hilang lebih cepat dan tidak meninggalkan bekas luka. Lidah buaya juga berfungsi sebagai penangkal peradangan secara alami. Lidah buaya mampu mengurangi kemerahan dan nyeri yang berkaitan dengan jerawat.Untuk mengetahui lebih jelas seperti apa manfaat lidah buaya untuk wajah berjerawat dan cara pakainya, simak rangkuman brilio.net pada Senin (18/11) dari berbagai sumber.1. Menghaluskan kulit.

Manfaat lidah buaya untuk wajah © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Sering kali, orang yang melakukan perawatan untuk wajah berjerawat mendapatkan efek samping, yaitu perubahan tekstur kulit yang tidak rata. Untuk mengatasinya, lidah buaya mampu mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit atau sel penghasil zat keratin di kulit. Lidah buaya mampu membantu memperkuat jaringan kulit.

2. Melembapkan wajah.

Manfaat lidah buaya untuk wajah © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Rata-rata orang berjerawat memiliki kondisi kulit berminyak, bukan berarti tidak memerlukan pelembap lagi lho. Pelembap penting memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan zat polisakarida dan sterol pada lidah buaya, mampu membantu mempertahankan kelembapan kulit.

3. Mengandung antioksidan dan nutrisi bagi kulit.

Manfaat lidah buaya untuk wajah © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Lidah buaya memiliki berbagai kandungan seperti vitamin A, C, E. Vitamin-vitamin ini merupakan antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah. Tak hanya itu, enzim yang terdapat pada lidah buaya juga mampu mencegah penuaan dini pada kulit.

4. Mempercepat penyembuhan luka.

Manfaat lidah buaya untuk wajah © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Salah satu manfaat lidah buaya adalah mampu mempercepat penyembuhan luka di kulit. Kandungan kalsium dan antioksidan pada lidah buaya dapat mempercepat sel-sel keratinosit yang berfungsi menghasilkan zat keratin di kulit dan memperkuat jaringan kulit.

5. Meredakan radang dan gatal.

Manfaat lidah buaya untuk wajah © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Tak jarang jerawat mengalami peradangan dan menimbulkan efek memerah pada wajah. Bagian dalam daun lidah buaya terkandung zat yang mempunyai manfaat untuk mengurangi radang dan antimikroba. Hal ini dapat meredakan keluhan pada kulit dengan masalah jerawat, dermatitis, iritasi akibat terpapar sinar matahari dan juga psoriasis.