Brilio.net - Kacang hijau sering diolah menjadi makanan dan minuman kaya nutrisi dan vitamin. Kacang hijau sudah lama dibudidayakan, dan menurut healthline.com kacang hijau merupakan tumbuhan yang berasal dari India. Setelah itu jenis kacang-kacangan ini menyebar ke China dan berbagai belahan Asia Tenggara.

Sama halnya dengan jenis kacang-kacangan lainnya, kacang hijau memiliki nutrisi seimbang dan mengandung vitamin, mineral, dan enzim bermanfaat. Dilansir dari medicalnewstoday.com, menurut tinjauan 2014, bukti menunjukkan bahwa kacang hijau memiliki beberapa manfaat kesehatan potensial, termasuk:

- Efek antioksidan
Penelitian menunjukkan bahwa beberapa senyawa dalam kacang hijau menunjukkan aktivitas antioksidan.

- Antijamur dan antimikroba
Kandungan itu dapat melawan bakteri Helicobacter pylori yang menyebabkan sakit maag.

Loading...

- Anti-inflamasi
Studi tabung reaksi menunjukkan bahwa ekstrak kacang hijau memiliki potensi untuk memperbaiki gejala kondisi peradangan, seperti alergi.

- Diabetes
Studi pada tikus menunjukkan ekstrak kacang hijau dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah.

- Hipertensi
Studi pada tikus menunjukkan ekstrak kecambah dapat membantu menurunkan tekanan darah.

- Kanker
Studi tabung reaksi menunjukkan bahwa senyawa dalam kacang hijau mungkin memiliki sifat antitumor.

Menurut sumber terpercaya Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 100 gram kacang hijau rebus mengandung:

- 7,02 gr protein
- 19,15 gr karbohidrat, termasuk 2 gr gula
- 7.60 gr serat makanan dietary
- Kacang hijau juga merupakan sumber vitamin B yang baik yang diperlukan untuk berbagai fungsi tubuh dan membantu menjaga kesehatan otak.

Tidak hanya untuk kesehatan saja, kacang hijau juga memiliki manfaat yang besar untuk kecantikan. Apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (12/6).

1. Menunda penuaan.

Manfaat kacang hijau untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Elastin dan kolagen adalah elemen utama yang membantu menjaga warna kulit menjadi lebih sehat. Kacang hijau mengandung enzim yang disebut fitoestrogen. Kandungan itu membantu sekresi sehingga kulit menjadi tetap sehat dan terus melakukan peremajaan kulit.

2. Mencegah jerawat.

Manfaat kacang hijau untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Mengonsumsi kacang hijau cukup bermanfaat dalam mengobati jerawat. Kacang dikenal dengan efek pendinginannya, hal ini dapat menyegarkan kulit dan membantu membuang racun di tubuh.

3. Melembapkan kulit.

Manfaat kacang hijau untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Kacang hijau mengandung vitamin A yang mampu membuat kulit wajah menjadi lebih bersih, sehat dan lembap tentunya. Tidak hanya itu saja, kacang hijau mampu melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

4. Mencerahkan kulit.

Manfaat kacang hijau untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Selain membuat kulit lebih kencang, kacang hijau juga bisa membuat kulit lebih cerah. Vitamin E yang terkandung di dalam kacang hijau mampu menghilangkan sel-sel kulit mati, sehingga kulit jadi lebih cerah, dan glowing.

5. Membuat rambut dan kuku lebih kuat.

Manfaat kacang hijau untuk kecantikan freepik.com

foto: freepik.com

Kekurangan vitamin dan mineral menyebabkan rambut dan kuku menjadi lemah. Kacang hijau diperkaya dengan vitamin, mineral dan protein, yang membantu mencegah kerapuhan rambut dan kuku.

Related News