Brilio.net - Bawang putih merupakan salah satu bahan pangan yang kerap digunakan sebagai bumbu dapur. Siapa sangka bahan bernama latin Allium sativum ini nggak hanya memiliki manfaat untuk cita rasa masakan. Ternyata bawang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari menjaga daya tahan tubuh, kestabilan tekanan darah, menurunkan kolesterol, hingga mencegah kanker.

Ternyata bawang putih juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Jika pada umumnya orang lebih mengenal fungsi lain bawang putih untuk kesehatan, banyak penelitian membuktikan bawang putih mengandung berbagai senyawa penting. Seperti senyawa aktif allicin yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik. Senyawa allicin dapat membantu membunuh bakteri, serta mengurangi peradangan pada kulit.

Loading...

Untuk penggunaannya sendiri selain dikonsumsi secara langsung, juga dapat diolah menjadi masker dengan campuran bahan alami lainnya. Manfaat ini akan terasa efektif ketika kita memanfaatkannya secara benar dan rutin. Meski terdengar aneh, bagi kamu yang mengalami beberapa masalah kecantikan bisa banget memanfaatkan bawang putih.

Tapi, apa aja sih manfaat bawang putih bagi kecantikan? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, lima manfaat bawang putih untuk kecantikan, menyamarkan kerutan wajah, Jumat (31/7).

1. Menyamarkan kerutan wajah.

Manfaat bawang putih berbagai sumber

foto: freepik.com


Kerutan pada wajah rupanya nggak hanya muncul pada wajah orang-orang yang sudah lanjut usai saja, namun remaja pun juga dapat mengalami masalah ini. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya perawatan serta asupan vitamin pada kulit wajah. Nah jangan sampai nih, masih muda namun terlihat berkerut.


Jika kulit kamu mulai muncul dan terlihat tanda kerutan di wajah, kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan bawang putih. Sebab bawang putih dikenal memiliki banyak nutrisi baik untuk kulit.

Cara pertama yakni mengonsumsi bawang putih setiap hari secara rutin. Yang kedua dengan membuatnya menjadi masker, caranya tumbuk halus 4 siung bawang putih, dengan 1 sendok madu dan 2 sendok teh yogurt. Aduk rata hingga menjadi pasta kental, gunakan pasta ini sebagai masker wajah. Diamkan hingga kering kurang lebih selama 20 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih.

2. Memperkecil pori-pori wajah.

Manfaat bawang putih berbagai sumber

foo: freepik.com

Pori-pori yang besar membuat wajah terlihat seperti kulit jeruk dan tentu saja hal ini dapat mengganggu penampilanmu. Tapi tenang saja, kini kamu bisa mengatasi mengecilkan pori-pori yang besar tadi dengan bawang putih.

Cara membuat ramuan dari bawang putih ini cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan satu siung bawang putih yang telah dihancurkan dengan setengah buah tomat. Kemudian gunakan racikan ini sebagai masker wajah. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

3. Mengobati jerawat.

Manfaat bawang putih berbagai sumber

foto: freepik.com

Memiliki wajah yang sensitif dan mudah muncul jerawat terkadang membuat kesal. Cobalah untuk menjadikan bawang putih sebagai salah satu produk alami untuk mengatasinya. Bawang putih diketahui memiliki sifat antioksidan dan antibakteri untuk mengatasi dan mencegah munculnya jerawat di kulit.

Untuk membuat bawang sebagai obat jerawat, maka potonglah bawang putih menjadi beberapa bagian dan hancurkan hingga halus. Kemudian oleskan bawang putih yang telah dihaluskan ke bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Cara ini bisa kamu lakukan di malam hari sebelum tidur.

4. Membersihkan komedo.

Manfaat bawang putih berbagai sumber

foto: freepik.com

Nah selain jerawat, komedo juga kerap muncul menjadi salah satu masalah kecantikan. Komedo biasanya muncul di area sekitar hidung, yang dapat mengganggu penampilan. Nah, manfaat bawang putih yang jarang diketahui adalah membantu menghilangkan komedo. Kamu tinggal menghaluskan beberapa siung bawang putih segar.

Oleskan bawang putih yang telah dilumatkan tadi pada bagian wajah yang berkomedo. Gosok-gosok dengan lembut dan perlahan agar cairan bawang putih bisa bekerja melembutkan dan mengangkat komedo di pori-pori. Penggunaan bawang untuk menggosok-gosok ini sebaiknya jangan terlalu lama. Tentunya agar kulit tidak terasa pedih. Setelah itu bilas dengan air bersih.

5. Menghilangkan peradangan kulit wajah.

Manfaat bawang putih berbagai sumber

foto: freepik.com

Sebagian orang mungkin pernah merasakan atau mengalami kulitnya terkena bintik-bintik merah bersisik, bahkan terasa gatal. Tak jarang jika bintik-bintik merah itu muncul di area wajah. Sebagai solusi alaminya, kamu bisa mengoleskan bawang putih yang telah dihaluskan.

Bawang putih diketahui mengandung anti peradangan yang diklaim dapat mengatasi kulit wajah yang mengalami peradangan. Nah untuk itu kamu menggunakannya secara rutin.

Related News