5 Cara menghilangkan urat di wajah, kulit kembali mulus

5 Cara menghilangkan urat di wajah, kulit kembali mulus

Brilio.net - Memiliki wajah mulus adalah dambaan semua orang. Lalu apakah kamu pernah mengalami dan melihat urat yang muncul pada wajah?

Urat di wajah atau yang umumnya disebut spider veins, dapat terjadi pada semua orang. Meski tak berbahaya, spider veins dapat membuat tak percaya diri.

Spider vein atau urat wajah merupakan pembuluh darah pecah yang terdapat pada wajah. Bentuknya mirip seperti sarang laba-laba, karena itulah dinamakan spider vein.

Keluhan ini bisa muncul di mana saja, namun paling sering di area wajah atau kaki. Ada beberapa faktor yang bisa menimbulkan spider vein, salah satunya kerusakan atau pembengkakan pembuluh darah.

Biasanya, kerusakan ini bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih timbul di lapisan teratas kulit dan tampilannya lebih mudah dikenali. Selain karena pembengkakan, faktor keturunan juga bisa menyebabkan spider veins. Jika orang tua atau saudara punya pembuluh darah pecah di wajahnya, maka tidak menutup kemungkinan kamu juga akan memilikinya.

Urat di wajah atau spider vein juga disebabkan oleh beberapa faktor lain seperti, paparan sinar matahari. Dampak dari sinar matahari bisa memperbesar pembuluh darah dan membuatnya lebih dekat dengan kulit.

Perubahan cuaca yang drastis juga bisa memengaruhi munculnya urat di wajah. Pembuluh darah dapat menjadi pecah dan menyebabkan spider vein. Selain itu, iritasi bahan kimia atau kosmetik juga bisa merusak kulit, sehingga kulit jadi tipis dan pembuluh darah jadi lebih terlihat.

Untuk menghilangkannya, kamu dapat menggunakan perawatan rumahan dengan bahan alami atau dengan bantuan medis. Lantas apa saja dan bagaimana caranya?

Berikut lima cara menghilangkan urat di wajah yang brilio.net kutip dari berbagai sumber, Kamis (10/3).

1. Mencuci wajah dengan air hangat.

Cara menghilangkan urat di wajah freepik.com

foto: freepik.com

Jika kamu biasanya mencuci wajah dengan air dingin, mulai sekarang coba menggantinya dengan menggunakan air hangat. Mencuci wajah dengan suhu air yang tepat diklaim bisa mengurangi urat pada wajah. Air hangat memiliki beragam manfaat untuk kulit wajah, salah satunya adalah untuk melancarkan peredaran darah.

Seperti diketahui bahwa, urat pada wajah disebabkan akibat pecahnya pembuluh darah. Oleh sebab itu, mencuci wajah dengan air hangat dipercaya mampu membantu mengatasi urat pada wajah.

Air hangat juga dapat membuka pori-pori wajah, sehingga semua kotoran yang menempel pada wajah akan terangkat dengan optimal. Caranya adalah dengan mengusapkan sabun cuci muka favoritmu ke wajah secara perlahan lalu bilas dengan air hangat sambil melakukan sedikit pijatan.

2. Gunakan krim retinoid.

Cara menghilangkan urat di wajah freepik.com

foto: freepik.com

Urat pada wajah juga bisa kamu atasi dengan menggunakan krim yang mengandung retinoid. Retinoid adalah turunan sintetis dari Vitamin-A. Saat dioleskan, produk ini akan diubah menjadi asam retinoat melalui enzim khusus yang ditemukan di dalam kulit.

Retinoid dapat membantu meningkatkan pergantian sel dan mencegah penyumbatan pori-pori. Selain itu retinoid juga membantu melindungi dari noda, serta meningkatkan cara produk perawatan kulit. Caranya adalah dengan mengoleskan krim yang mengandung retinoid di area yang terdapat urat pada wajah dengan merata disertai dengan sedikit pijatan. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Terapi laser.

Cara menghilangkan urat di wajah freepik.com

foto: freepik.com

Cara lainnya yang juga tergolong efektif dalam mengatasi spider vein atau urat wajah adalah terapi laser. Sinar laser nantinya bisa menghancurkan pembuluh darah yang bermasalah.

Laser adalah sinar cahaya yang kuat dan terfokus yang membuat spider vein menggumpal dan mengering. Caranya adalah dengan membuat sayatan kecil di vena yang terkena dan kemudian memasukkan serat laser. Terapi laser yang biasa digunakan untuk mengatasi urat wajah ini adalah terapi laser Endovenous.

4. Melakukan skleroterapi.

Cara menghilangkan urat di wajah freepik.com

foto: freepik.com

Sclerotherapy merupakan prosedur penyuntikan agen untuk menghilangkan urat wajah secara cepat. Prosedur ini dapat mengurangi pembengkakan dan menyebabkan vena menyusut. Seiring waktu, spider vein atau urat wajah memudar atau menghilang.

Caranya yaitu dengan menyuntikkan larutan sklerosan secara perlahan dan langsung ke dalam vena dengan menggunakan jarum halus 30-gauge. Setiap suntikan mengandung 0,1-0,4 ml larutan atau zat sklerosan dan disuntikkan setiap 2-3 cm hingga seluruh pembuluh terobati. Beberapa perawatan mungkin diperlukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

5. Gunakan cuka sari apel.

Cara menghilangkan urat di wajah freepik.com

foto: freepik.com

Cuka sari apel juga merupakan salah satu bahan yang bisa membantu mengatasi urat pada wajah. Cuka sari apel dapat bertindak seperti zat aktif di wajah untuk mengurangi kemerahan.

Bagi sebagian orang, produk alami ini bisa jadi cara menghilangkan urat di wajah. Pada kondisi ini, gunakan cuka apel sebagai astringent, untuk mengencangkan kulit. Kulit yang kencang akan membantu memudarkan penampakan pembuluh darah yang pecah. Caranya adalah dengan mengoleskan cuka apel menggunakan kapas steril pada area yang mengalami kondisi ini.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES