Brilio.net - Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering terjadi pada semua orang. Pada umumnya jerawat muncul satu per satu di wajah dan berbentuk benjolan berwarna merah. Masalah ini seringkali membuat kita jengkel dan membuat kepercayaan diri turun. Terkadang ada pula jerawat yang muncul berjejer dan banyak dengan bentuk kecil-kecil yang biasa disebut jerawat pasir atau bruntusan.

Jerawat pasir disebabkan bermacam-macam faktor, seperti penumpukan kotoran di pori-pori wajah yang kemudian meradang. Penumpukan kotoran ini akibat kurang menjaga kebersihan. Ada pula karena salah dalam menggunakan produk kosmetik yang tidak sesuai jenis dan kondisi kulit. Kebanyakan produk kosmetik mengandung minyak sehingga dapat memperparah penumpukan minyak di wajah.

Penyebab jerawat selanjutnya yaitu karena perubahan hormon pada tubuh. Meningkatnya hormon testosteron adalah salah satu yang bisa menjadi penyebab jerawat pasir. Kemudian dikarenakan juga dari dalam tubuh yang stres, yang memunculkan kebiasaan buruk seperti makan makanan tak sehat, malas membersihkan wajah dan sebagainya.

Jerawat sendiri sebenarnya memiliki banyak jenis. Untuk jerawat pasir ini ukurannya kecil dan berisi nanah atau cairan kotor serta lemak. Jenis jerawat yang menyerang secara bersamaan ini bisa memicu radang dan menyebabkan bagian kulit yang berjerawat menjadi merah. Jerawat ini juga sering muncul di area T zone. Bagian dahi biasanya juga rentan karena sering terpapar minyak dari berbagai produk perawatan rambut. Namun tak jarang juga muncul di bagian pipi dan dagu.

Nah, untuk mengatasi salah satu masalah-masalah jerawat dan mengurangi risiko jerawat pasir yang menyerang adalah dengan rutin membersihkan wajah dengan menggunakan produk sesuai kebutuhan. Tapi penggunaan produk kosmetik untuk jerawat pasir biasanya memiliki efek samping. Alih-alih alih ingin membuat mulus, kulit bisa malah makin parah.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/10), lima cara menghilangkan jerawat pasir dengan bahan alami, cepat dan aman.

1. Bawang putih.

5 Cara menghilangkan jerawat pasir freepic.com pixabay

foto: Unsplash

Bawang putih dikenal dapat mengatasai berbagai masalah dan efektif untuk perawatan kulit. Selain kerap digunakan untuk melezatkan berbagai jenis masakan, bawang putih juga dapat menyembuhkan jerawat pasir. Hal ini karena bawang putih mengandung antibakteri dan minyak astiri yang dikenal baik untuk mengatasi jerawat.

Perlu diketahui, penggunaan bawang putih akan menghasilkan panas apabila ditempelkan pada area kulit. Kamu bisa mencoba mengenali jenis kulit kamu terlebih dahulu, apakah tergolong sensitif atau normal. Jangan aplikasikan bawang secara langsung pada jerawat, kamu bisa mencobanya dengan menempelkan bawang di leher atau tangan. Selain cara di atas, menggunakan air rendaman atau perasan bawang putih juga bisa jadi alternatif teraman.

Untuk mengurangi rasa panas kamu bisa menambahkan madu. Oleskan ramuan itu hanya pada bagian kulit yang berjerawat. Diamkan selama 5-10 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air dingin. Lakukan cara ini dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Putih telur.

5 Cara menghilangkan jerawat pasir freepic.com pixabay

foto: pixabay

Putih telur yang kaya dengan vitamin B2, bermanfaat untuk mengatasi jerawat pasir. Vitamin B2 adalah obat pereda stres alami yang pada akhirnya juga dapat mencegah jerawat. Putih telur dapat digunakan sebagai masker yang bisa membuka pori-pori tertutup dan dan mengontrol minyak.

Cara penggunaannya yakni dengan mengoleskan masker putih telur pada area berjerawat, tunggu sekitar 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Untuk hasil lebih baik sebaiknya gunakan telur ayam kampung.

3. Jeruk nipis.

5 Cara menghilangkan jerawat pasir freepic.com pixabay

foto: Unsplash

Jeruk nipis memiliki kandungan asam askorbat-L dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit wajah berjerawat dan juga dapat membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Cara penggunaannya yakni dengan cara mencampurkan perasan jeruk nipis dengan air mawar, kemudian dioleskan pada wajah. Diamkan sekitar 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

4. Lidah buaya.

5 Cara menghilangkan jerawat pasir freepic.com pixabay

foto: pixabay

Lidah buaya mengandung senyawa aktif yang disebut dengan polifenol yang berguna sebagai antibakteri. Senyawa ini dapat membantu menghilangkan jerawat. Caranya adalah dengan iris lidah buaya hingga tinggal dagingnya. Haluskan dengan sendok hingga membentuk gel. Lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Jika dilakukan secara rutin, jerawat pasir pun akan berangsur hilang.

5. Yogurt plain.

5 Cara menghilangkan jerawat pasir freepic.com pixabay

foto: pixabay

Yogurt sudah sejak lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun yogurt yang digunakan untuk perawatan wajah adalah yogurt plain. Yogurt ini tanpa rasa sehingga cocok untuk digunakan sebagai masker ataupun lulur. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskannya ke area yang berjerawat. Diamkan beberapa menit hingga meresap, kemudian cuci hingga bersih.

Related News