Brilio.net - Flek hitam atau bintik-bintik hitam di wajah akan sangat mengganggu penampilan. Flek hitam adalah noda atau bercak berwarna kehitaman yang terdapat di wajah akibat pigmentasi kulit secara berlebihan.

Kondisi ini umum dan biasanya tidak membahayakan diri bagi penderitanya. Meskipun tidak membahayakan, flek hitam akan sangat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri.

Paparan sinar matahari yang berlebihan merupakan penyebab utama munculnya flek hitam pada wajah. Paparan sinar matahari yang langsung menyentuh kulit wajah tersebut akan mendorong kulit untuk memproduksi lebih banyak melanin. Yang kemudian memunculkan flek hitam pada wajah. Selain itu, flek hitam juga disebabkan oleh beberapa faktor yaitu, hiperpigmentasi, faktor genetik, dan bekas jerawat.

Menghilangkan flek hitam secara menyeluruh memang sulit. Namun, terdapat beberapa cara untuk menghilangkan flek hitam, baik dengan bantuan klinik kecantikan, produk skincare hingga penggunaan bahan alami.

Salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi flek hitam di wajahmu adalah tepung beras. Tepung beras ternyata punya banyak manfaat bagi kecantikan kulit. Jadi selain sebagai bahan baku kue dan masakan, tepung beras kaya akan kandungan gizi seperti thiamine, riboflavin, niacin, vitamin b6, Iron, magnesium, manganese, posphporus, zinc, dan folate.

Kandungan gizi dalam tepung beras itu sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap lembut, cerah, bersinar, tidak kusam dan untuk perawatan lainnya. Karena itu tepung beras seringkali menjadi pilihan bagi wanita untuk dimanfaatkan sebagai masker tubuh atau masker wajah. Terlebih lagi tepung beras akan bekerja sebagai exfoliator alami yang dapat mencerahkan bintik-bintik gelap dan flek hitam pada wajah.

Selain dapat menghilangkan flek hitam di wajah, tepung beras juga memiliki beberapa manfaat lain, yaitu membantu mengurangi jerawat, mengencangkan kulit, membuat kulit bercahaya, menghilangkan kulit kusam hingga melembutkan kulit. Bahkan, tepung beras juga mampu mengatasi flek hitam akibat paparan sinar matahari, berkat kandungan asam ferulic dan allantoin, yang mengubahnya menjadi tabir surya alami yang baik. Menjadi agen antiinflamasi yang baik, tepung beras juga menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari dan mencegah kulit dari sengatan matahari.

Lantas bagaimana cara membuat masker tepung beras? Berikut lima cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan masker tepung beras, seperti yang brilio.net kutip dari berbagai sumber, Selasa (22/3):

1. Masker tepung beras + kentang.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan masker tepung beras freepik.com

foto: freepik.com

Seperti yang diketahui bahwa tepung beras mengandung asam ferulic dan allantoin untuk mengatasi flek hitam pada wajah dan memudarkannya. Mengutip dari My Healthy Life Guide, kentang ternyata ampuh digunakan untuk mengatasi flek dan bintik hitam di wajah. Kentang mampu melembapkan kulit dari luar dan dari dalam, mampu mencegah penuaan, hingga menghilangkan noda flek dan bintik hitam di wajah. Tak hanya itu, kentang juga ternyata ampuh untuk mengatasi masalah jerawat di wajah.

Cara membuat masker ini sangat mudah yaitu hanya dengan mencampurkan dua sendok makan tepung beras dengan dua sendok kentang yang sudah di haluskan kemudian tambahkan air. Campur hingga membentuk pasta, kemudian oleskan pada seluruh wajah hingga merata. Pijat dengan lembut selama dua menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin dua kali dalam seminggu untuk membuat flek hitam di wajahmu memudar.

2. Masker tepung beras + susu.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan masker tepung beras freepik.com

foto: freepik.com

Kandungan zat pada tepung beras yang ampuh untuk membantu menghilangkan flek hitam akan semakin efektif jika ditambahkan dengan susu. Seperti yang diketahui bahwa susu memiliki berbagai zat yang mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit. Di dalam susu terdapat asam laktat yang bisa menyebabkan perubahan warna atau menghilangkan flek hitam di kulit. Sehingga, kedua bahan ini akan membantumu mengatasi flek hitam dengan dijadikan masker.

Cara membuatnya tidak sulit, yaitu dengan mencampurkan dua sendok makan tepung beras dan susu murni sebanyak dua sendok makan hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah secara merata dan tunggu hingga kering atau sekitar 30 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

3. Tepung beras + lemon.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan masker tepung beras freepik.com

foto: freepik.com

Kandungan tepung beras yang baik akan bertemu dengan lemon yang mengandung vitamin C dan nutrisi vital yang baik untuk kulit sehat dan bercahaya. Seperti diketahui bahwa vitamin C pada lemon berperan sebagai antioksidan. Vitamin C yang bersifat antioksidan pada lemon juga bisa membantu memudarkan flek hitam. Bahkan, dilansir India.com, menggunakan lemon untuk wajah bisa memudarkan flek hitam selama dua minggu.

Cara membuat masker ini sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan dua sendok tepung beras dengan dua buah perasan lemon. Aduk merata hingga berbentuk pasta, kemudian oleskan merata pada wajah. Tunggu 20 menit lalu bilas menggunakan air bersih.

4. Tepung beras + minyak zaitun.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan masker tepung beras freepik.com

foto: freepik.com

Tepung beras yang berperan sebagai antioksidan mampu menyamarkan dan mengatasi flek hitam pada wajah. Selain itu, minyak zaitun merupakan salah satu bahan alami yang ampuh untuk mengusir flek hitam dari wajah berkat kandungan vitamin D, vitamin E, vitamin K, beta karoten, dan lemak tak jenuh dapat menjaga kesehatan kulit wajah.

Cara membuat masker ini cukup mudah yaitu dengan mencampurkan dua sendok makan tepung beras dan tambahkan satu sendok minyak zaitun dan air hingga berbentuk pasta. Oleskan merata pada wajah dan tunggu 15 hingga 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

5. Tepung beras + teh hijau.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan masker tepung beras freepik.com

foto: freepik.com

Kandungan zat pada tepung beras yang mampu mengatasi flek hitam di wajah akan semakin optimal dengan tambahan teh hijau. Medical College of Georgia pernah melakukan penelitian terhadap manfaat teh hijau pada 2003. Hasilnya membuktikan bahwa teh hijau membantu meremajakan kulit dengan cara mencerahkan warnanya. Selain itu, teh hijau bisa menghilangkan flek hitam akibat polusi yang menempel di wajah. Hal tersebut berkat kandungan epigallocatechin-3-gallate yang berfungsi untuk menghambat terjadinya proses hiperpigmentasi pada kulit.

Cara membuat maskernya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan dua sendok makan tepung beras dengan satu sendok makan bubuk teh hijau. Tambahkan air dan aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah secara merata kemudian tunggu selama 20 menit. Bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil yang optimal.

(brl/pep)

Related News

(brl/pep)