5 Cara mengecek ingredients skincare, pakai website Incidecoder

5 Cara mengecek ingredients skincare, pakai website Incidecoder

Brilio.net - Setiap orang pasti memiliki ekspetasi yang cukup tinggi saat hendak menggunakan produk skincare yang dibelinya. Sebagian orang mungkin merasa sangat puas akan hasil akhir dari produk yang digunakan, namun tak sedikit juga yang merasa kecewa dengan hasilnya karena terjadi ketidakcocokan dengan produk yang dicoba.

Seperti diketahui bahwa menggunakan skincare merupakan salah satu kebiasaan yang tak bisa dilepaskan bagi kamu yang betul-betul ingin merawat wajah. Namun, untuk memperoleh hasil sesuai yang diharapkan tentu membutuhkan proses yang panjang disertai dengan trial and error ketika mencoba skincare baru.

Semakin banyak produk skincare yang beredar di pasaran tentunya membuat calon pembeli harus lebih teliti dengan memperhatikan kandungan atau ingredients yang ada agar dapat disesuaikan dengan jenis kebutuhan dan kulit. Selain itu juga terdapat beberapa simbol atau logo yang penting untuk diketahui dalam membaca ingredients yang digunakan dalam sebuah produk skincare.

Saat membaca kandungan produk, pahamilah bahwa persentase terbesar kandungan telah diurutkan oleh produsen mulai dari yang paling banyak hingga paling sedikit. Jadi bisa digarisbawahi bahwa urutan terdepan ialah kandungan yang paling mendominasi produk skincare.

Jika kamu memperhatikan kemasan skincare, yang tertera tidak hanya tulisan tapi juga ada simbol. Meskipun sering dianggap tidak penting ternyata simbol atau labels yang ada pada produk packaging skincare memiliki arti penting. Ternyata hal tersebut adalah sebagai salah satu cara menghindari dari ketidaksesuaian produk skincare pada perawatan kulit wajah dan juga sebagai petunjuk akan cara penggunaannya hingga mencegah terjadinya penyalahgunaan produk.

Agar tak salah langkah saat membeli skincare, sebaiknya kamu perlu mengenal kandungan bahannya. Meski terdengar cukup rumit, namun dengan tersedianya website khusus untuk menganalisa kandungan skincare, tentunya kamu semakin lebih mudah untuk menemukan skincare yang tepat untuk kulitmu.

Tak hanya itu, ternyata juga terdapat cara lain untuk mengecek ingredients skincare melalui kemasannya. Lantas apa saja caranya? Berikut lima cara mengecek ingredients skincare seperti yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (26/3):

1. CosDNA.

Cara mengecek ingredients skincare Berbagai sumber

foto: cosdna.com

CosDNA merupakan salah satu website yang dapat membantu menganalisa kandungan bahan dari produk yang kamu cari. Website yang berasal dari Cina ini memberikan informasi berupa kandungan, fungsi kandungan, tingkat iritasi, tingkat keamanan, dan juga informasi apakah produk yang kamu cari dapat menyebabkan jerawat atau tidak.

Website yang satu ini selain kamu bisa melakukan copy paste ingredients skincare, kamu juga bisa langsung menulis nama produk yang ingin kamu cari. Setelah keluar hasil pencariannya kamu tinggal klik dan amati setiap kandungannya apakah aman atau tidak untuk digunakan ke kulitmu.

2. Phenoxyethanol Trick.

Cara mengecek ingredients skincare Berbagai sumber

foto: ms-glow.store

Phenoxyethanol Trick merupakan salah satu cara untuk mengecek ingredients skincare dengan membaca langsung pada kemasan produk. Phenoxyethanol berfungsi sebagai pengawet dalam sebuah produk skincare dan kosmetik, biasanya kandungan ini boleh digunakan dengan konsentrasi maksimal 1%.

Jadi, ingredients yang tertulis setelah Phenoxyethanol memiliki konsentrasi di bawah 1% yang berarti sangat sedikit. Itu berarti, jika suatu produk mengklaim kandungan utamanya niacinamide, salicylic acid atau glycolic acid tapi saat dilihat di daftar komposisi ingredients tersebut diletakkan setelah Phenoxyethanol, maka besar kemungkinan kamu tidak akan mendapatkan manfaat banyak dari key ingredients yang diklaim produk skincare tersebut. Intinya, fokus pada ingredients yang tertulis sebelum Phenoxyethanol karena itulah kandungan utamanya.

3. Incidecoder.

Cara mengecek ingredients skincare Berbagai sumber

foto: incidecoder.com

Incidecoder merupakan salah satu website yang dapat membantu kamu untuk menganalisis kandungan yang hampir mirip dengan website lainnya, Incidecoder memiliki tampilan yang sedikit beda dengan yang lainnya. Website yang satu ini dilengkapi dengan penjelasan yang detail mengenai produk beserta kandungannya. Mulai dari ingredients, kategori, penjelasan detail hingga saran medical journal yang membahas ingredient tersebut.

4. Paraben Free.

Cara mengecek ingredients skincare Berbagai sumber

foto: freepik.com

Paraben adalah salah satu bahan kimia yang digambarkan dengan logo daun dan biasanya digunakan sebagai pengawet pada produk kecantikan. Pengawet ini berguna mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang berbahaya agar produk serta konsumen yang menggunakannya terlindungi namun jika digunakan secara terus menerus dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti gangguan hormon, menurunnya kualitas reproduksi, hingga risiko tumbuhnya sel kanker.

Maka dari itu Label Paraben Free ini tentu sangat penting untuk diketahui karena menandakan produk tersebut lebih aman.
Jangan lupa cek setiap kemasan produk skincare yang akan kamu pakai ya. Apalagi bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif.

5. SkinCarisma.

Cara mengecek ingredients skincare Berbagai sumber

foto: skincarisma.com

SkinCarisma merupakan website yang dapat membantumu mengetahui kandungan skincare yang cocok dengan jenis kulit wajahmu. Kamu cukup mencari brand skincare pada kolom pencarian. Kamu juga bisa membandingkan kandungan dari dua produk untuk dianalisis kelebihan dan kekurangnnya.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES