Brilio.net - Kulit kering adalah masalah yang terjadi ketika lapisan kulit paling atas tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Akibatnya, kulit terlihat seperti bersisik, mengelupas, hingga pecah-pecah.

Penyebab kulit kering bisa karena berbagai hal. Maka dari itu, cara mengatasi kulit kering sebaiknya harus disesuaikan dengan penyebabnya. Misalnya, dengan mengoleskan pelembap, pakai bahan alami, hingga minum air putih. Salah satu bahan alami yang bisa kamu coba adalah madu.

Dikutip dari Healthline, madu mentah dikemas dengan komponen yang bermanfaat bagi kulit, terutama jika kamu memiliki masalah kulit berjerawat atau eksim. Bahkan pertumbuhan berlebih jamur candida yang bisa menyebabkan infeksi bisa dikontrol dengan mengoleskan madu pada kulit.

Madu merupakan salah satu bahan dengan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain diminum, ternyata kamu juga bisa mengoleskan madu untuk kulit kering. Madu baik digunakan untuk merawat kulit kering karena mampu menjaga kadar air dan kelembapan kulit.

Manfaat madu ini terbukti pada riset dalam jurnal Molecules yang memaparkan bahwa madu mengandung gliserin yang bekerja sebagai humektan. Humektan adalah senyawa yang berfungsi menarik air dari lingkungan sekitarnya dan mengumpulkannya di struktur kulit permukaan terluar. Sebagai humektan, madu untuk kulit kering membantu mengelupas sel kulit mati atau eksfoliasi.

Mengutip riset terbitan Central Asian Journal of Global Health, madu akasia bisa mempercepat pengelupasan sisik pada kulit lebih baik dibandingkan petroleum jelly. Selain itu, madu juga diperkaya dengan kandungan antioksidan yang akan bekerja untuk menangkal radikal bebas. Melansir Journal of Cosmetic Dermatology, madu dengan warna gelap lebih kaya akan antioksidan yang baik untuk kulit.

Seperti beberapa manfaat yang telah disebutkan, madu ternyata memiliki berbagai kandungan aktif yang bermanfaat untuk kesehatan kulit seperti natrium, asam amino, zinc, zat besi, kalsium, vitamin A dan vitamin D. Oleh sebab itu, madu sangat bermanfaat untuk mengembalikan kelembapan pada kulit keringmu. Bahkan madu juga bisa dikombinasikan dengan bahan alami lain yang akan membuatnya lebih efektif dalam merawat kulit kering.

Kamu bisa mengolahnya menjadi masker wajah. Karena dengan mengoleskan bahan-bahan alami seperti madu dan bahan lain langsung pada wajah, kandungan zat-zat pada madu akan dengan mudah menyerap ke dalam pori-pori dan bekerja secara optimal.

Lantas bagaimana cara membuat masker madu untuk kulit kering? Berikut lima cara mengatasi kulit kering pada wajah pakai masker madu seperti yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/3).

1. Masker madu dan kunyit.

Cara mengatasi kulit kering pada wajah pakai masker madu Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain kandungan antioksidan pada madu, ternyata kunyit juga memiliki kandungan antioksidan dan komponen antiinflamasi yang memiliki efek melembapkan pada kulit. Karakteristik ini dapat memberikan cahaya dan kilau pada kulit.

Kunyit juga dapat menghidupkan kembali kulit dengan mengeluarkan cahaya alami. Cara membuat masker ini adalah dengan mencampurkan dua sendok makan madu organik dengan satu sendok teh kunyit bubuk.

Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata dan membentuk pasta. Oleskan pada seluruh wajah dan leher, kemudian tunggu selama 20 menit atau hingga kering. Setelah itu bilas menggunakan air hingga bersih.

2. Masker madu dan pisang.

Cara mengatasi kulit kering pada wajah pakai masker madu Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain memiliki rasa yang enak dan manis, buah pisang juga dapat bermanfaat untuk membantu mengatasi kulit kering. Pisang kaya akan kalium yang dapat menjadi faktor pelembap alami kulit. Vitamin A yang terkandung dalam pisang mengembalikan kelembapan yang hilang dan memperbaiki kulit yang rusak, kusam, dan kering.

Cara membuat masker ini adalah dengan dua sendok makan madu murni dengan dua sendok makan pisang matang yang sudah dihaluskan. Oleskan pada wajah secara merata dan biarkan selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hingga bersih.

Perpaduan madu dan pisang ini mampu mengatasi kulit yang sangat kering dan bersisik. Masker pisang dan madu ini juga dapat membantu menghilangkan pigmentasi kulit.

3. Masker madu dan lidah buaya.

Cara mengatasi kulit kering pada wajah pakai masker madu Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain madu, lidah buaya juga dikenal mampu menjaga kelembapan pada kulit. Apalagi dengan mengombinasikan kedua bahan ini menjadi masker wajah untuk mengatasi kulit kering.

Hal ini berkat kandungan mineral, enzim, antioksidan, vitamin A, C, dan E yang baik untuk menguatkan lapisan pelindung kulit, sehingga mampu membuat kulit menjadi lebih lembap. Selain itu, lidah buaya juga dipercaya dapat membantu melembapkan tanpa membuat kulit berminyak. Gel lidah buaya menyerap dengan mudah, membuatnya ideal untuk kulit kering.

Cara membuat masker madu dan lidah buaya ini sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan dua sendok makan madu dan satu sendok makan gel lidah buaya. Oleskan masker ke wajah dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih. Kamu bisa melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Masker madu dan alpukat.

Cara mengatasi kulit kering pada wajah pakai masker madu Berbagai sumber

foto: freepik.com

Alpukat adalah sumber biotin yang merupakan bagian dari kompleks vitamin B. Biotin dikenal ampuh dalam mencegah kulit kering. Bukan hanya kulit, biotion juga dapat membantu mencegah rambut dan kuku rapuh.

Kepala Departemen Ilmiah LaFlore Probiotic Skincare Maya Ivanjesku pada Healthline mengatakan bahwa lemak, vitamin, dan senyawa lain dalam alpukat membantu mempercepat perbaikan kondisi kulit kronis seperti eksim dan jerawat. Nutrisi penting lain yang terdapat dalam alpukat di antaranya adalah betakaroten, lesitin, dan asam linoleat. Kandungan-kandungan tersebut bersama dengan vitamin E dapat membantu melembapkan kulit

Cara membuat masker ini adalah dengan mencampurkan dua sendok makan madu organik dengan dua sendok makan alpukat yang sudah du haluskan. Oleskan pada wajah secara merata kemudian tunggu 20 hingga 30 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

5. Masker madu dan yoghurt.

Cara mengatasi kulit kering pada wajah pakai masker madu Berbagai sumber

foto: freepik.com

Yoghurt mengandung begitu banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain energi, protein, dan karbohidrat, produk yang dihasilkan dari fermentasi susu ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral. Kandungan yoghurt diantaranya adalah kalsium, fosfor, kalium, vitamin A, dan vitamin B kompleks.

Vitamin B kompleks di dalamnya bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit, melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas, serta memelihara kesehatan sel-sel kulit. Oleh karena itu kombinasi masker madu dengan yoghurt dapat mengatasi kulit kering pada wajah.

Cara membuat maskernya adalah dengan menyiapkan dua sendok makan madu murni dengan satu sendok makan yoghurt plain.
Campur kedua bahan tersebut hingga merata kemudian oleskan pada seluruh wajah. Tunggu selama 15 hingga 20 menit. Bilas menggunakan air hingga bersih. Lakukan secara rutin, di jamin kulit keringmu akan berubah menjadi kenyal dan lembap.

(brl/lea)

Related News

(brl/lea)