1. HOME
  2. »
  3. Beauty
24 Cara mengatasi kulit wajah berminyak secara alami dan ampuh

Kulit wajah sehat, bersih dan cerah adalah impian setiap orang.

foto: pixabay  

, 08 Oktober 2019 08:30

Brilio.net - Kulit wajah sehat, bersih dan cerah adalah impian setiap orang baik laki-laki maupun wanita. Banyak cara yang dilakukan agar wajah menjadi terlihat lebih sempurna.

Namun tak jarang masalah bagi wajah datang membuat kita sangat kesal. Tidak hanya soal jerawat ataupun komedo, kondisi kulit wajah juga patut menjadi perhatian bagi kita. Karena untuk mendapatkan perawatan kulit yang maksimal, kita perlu mengenali tipe kulit wajah dan menyesuaikannya dengan kondisi kulit.

Kulit yang terlalu kering membuat wajah terlihat tidak sehat dan memberikan efek keriput serta kelelahan. Kulit yang menghasilkan minyak berlebih atau berminyak juga membuat makeup kita tidak tahan lama. Wajah pun terlihat lebih kusam.

Kulit berminyak memang menjadi masalah yang harus kita perhatikan. Bila tidak kita atasi dengan tepat maka bukan kulit wajah sempurna yang kita dapatkan, tetapi sebaliknya. Jika minyak berlebih bercampur dengan kotoran atau polusi udara dan tidak kita bersihkan, maka akan menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Namun tak usah khawatir bagi pemilik kulit wajah yang berminyak. Karena ternyata kulit berminyak dapat kita atasi secara alami, dan mudah dilakukan di rumah. Tidak perlu merogoh kocek kantong kita dengan jumlah besar. Tertarik untuk mencoba?

Berikut brilio.net rangkum dari beberapa sumber cara mengatasi kulit berminyak secara alami, dijamin ampuh.

1. Membersihkan wajah secara rutin

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Sering dari kita malas membersihkan wajah setelah beraktivitas sehari-hari. Ternyata hal ini yang memicu produksi minyak di wajah menjadi berlebih. Maka dari itu rajinlah mencuci wajah setidaknya dua kali sehari yaitu sebelum beraktivitas (bangun tidur) dan setelah beraktivitas atau sebelum tidur.

2. Membersihkan wajah dengan air hangat

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Air hangat diketahui dapat membuka pori-pori kulit sehingga minyak berlebih akan keluar secara sempurna dan dapat kita bersihkan. Air hangat juga dapat membunuh bakteri dan kuman.

3. Rajin menghapus makeup

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Setelah beraktivitas seharian, wajah perlu dibersihkan apalagi setelah menggunakan riasan wajah. Bahan kimia yang terlalu lama menempel pada wajah akan berefek buruk bagi wajah maka dari itu kita harus menghapusnya dari wajah.

4. Lidah buaya

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Dalam lidah buaya terdapat zat aloesin yaitu zat yang dapat menghambat pembentukan melanin, zat yang membuat wajah menjadi gelap. Vitamin yang banyak terdapat pada lidah buaya seperti vitamin A, C dan E merupakan antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah.

Caranya cukup oleskan gel lidah buaya pada wajah secara merata seperti masker, diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih. Lakukan secara rutin setiap hari, namun hindari terlalu lama ketika memakainya pada wajah.

5. Apricot

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Aprikot dapat digunakan sebagai masker untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat. Kandungan vitamin A, C, dan K dapat menangkal radikal bebas. Selain itu kandungan lycopene dengan kadar tinggi yang merupakan antioksidan juga dapat mengurangi risiko terkenal kanker kulit.

Caranya cukup jadikan apricot sebagai masker wajah. Banyak sekali masker berbentuk clay yang terbuat dari apricot yang dapat kita gunakan.

6. Pepaya

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Kandungan enzim papain dalam buah pepaya dapat memecah protein menjadi arginine yang berperan penting dalam meningkatkan kesehatan otot dan mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh. Caranya cukup ambil potongan buah pepaya dan usapkan pada wajah secara merata seperti masker.

7. Lemon

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Kaya akan kandungan vitamin C, membuat buah lemon ampuh mengatasi minyak berlebih. Vitamin C dikenal mampu membersihkan minyak dan menghilangkan bintik merah pada kulit. Vitamin C juga mampu melindungi kulit dari radikal bebas.

Caranya cukup peras 1 buah lemon, ambil airnya kemudian oleskan pada daerah wajah secara merata. Tunggu 10-15 menit sampai wajah terasa lebih kering lalu bilas dengan air bersih.

8. Pisang

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Buah pisang mengandung potassium yang tinggi, yang mana jika dikonsumsi secara rutin dapat mengontrol pelepasan cairan dalam sel dan keseimbangan natrium sehingga baik untuk mengatasi produksi minyak yang berlebih pada wajah.

Caranya cukup hancurkan pisang hingga berbentuk pasta kemudian oleskan pada wajah yang telah dibersihkan. Pilih pisang yang matang yaitu berwarna kuning dan terdapat bintik hitam. Jangan yang terlalu matang ataupun belum matang.

Setelah wajah terasa lebih kering dan masker terserap dengan baik, bersihkan wajah menggunakan air bersih.

9. Jeruk nipis

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Sama seperti lemon, jeruk nipis juga kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C. Kandungan tersebut mampu membantu kulit agar terhindar dari jerawat, dan mengatasi minyak berlebih. Jeruk nipis juga dipercaya ampuh mencerahkan kulit wajah.

Caranya cukup dengan mengambil air perasan jeruk nipis atau membelah jeruk nipis kemudian oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 10-15 menit hingga wajah terasa agak kering kemudian bilas dengan air bersih.

10. Putih telur

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Putih telur memiliki kandungan yang dapat menyerap dan mengurangi minyak berlebih. Ia juga dapat membantu masker jeruk nipis agar memberikan hasil lebih maksimal.

Jadikan putih telur sebagai campuran masker jeruk nipis lalu usap secara tipis-tipis ke daerah wajah secara merata kemudian bilas menggunakan air dingin.

11. Apel

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Buah apel mengandung kalium yang berperan penting dalam mengatur denyut jantung, mengatur metabolisme serta menyeimbangkan sel dan jaringan dalam tubuh. Tentu hal ini dapat menyeimbangkan minyak dalam kulit wajah agar tidak berlebih.

Cukup konsumsi buah apel secara rutin agar produksi minyak pada kulit menjadi seimbang. Kadar gula jenis fruktosa dalam apel juga ramah untuk dikonsumsi bagi pemilik kulit wajah berminyak.

12. Mentimun

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Kandungan mineral dan vitamin yang tinggi pada mentimun dapat membantu wajah agar terlihat lebih segar dan tidak kusam. Buah mentimun juga dipercata mampu menghambat pigmentasi kulit serta memudarkan kantung mata. Cukup gunakan mentimun sebagai masker secara rutin.

13. Alpukat

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Buah alpukat atau avokad sangat baik untuk kecantikan kulit. Kandungan asam lemak yang terdapat pada buah alpukat mampu mencegah keluarnya minyak yang berlebih. Cukup konsumsi buah alpukat secara rutin dan jadikan sebagai masker pada wajah untuk mengatasi kulit yang berminyak.

14. Tomat

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Tomat kaya akan kandungan vitamin A dan C yang dapat menangkal radikal bebas dan menghilangkan polusi udara pada wajah.

Caranya cukup ambil 1 buah tomat lalu potong menjadi dua bagian. Oleskan potongan tombat pada wajah hingga merata. Tunggu sekitar 20-30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

15. Susu

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Susu bukanlah hal baru dalam dunia kecantikan. Dikenal dapat memutihkan dan membuat kulit menjadi lebih halus dan kenyal. Ia juga dapat merawat dan menjaga kulit agar selalu sehat dan lembap, namun tidak berminyak karena kandungan kolagen serta vitamin B6 yang terdapat di dalamnya.

Mengonsumsi susu secara rutin diimbangi dengan makanan sehat lainnya dapat mengatasi masalah kulit yang berminyak.

16. Bengkoang

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Bengkoang banyak digunakan sebagai produk pemutih wajah dalam dunia kecantikan. Tidak hanya mencerahkan, ia juga mampu mengatasi kulit berminyak. Kandungan B dan C yang dikenal berperan penting bagi kesegaran wajah banyak terkandung dalam bengkoang.

Cukup gunakan masker bengkoang atau juga mengonsumsi bengkoang secara rutin dapat mengurangi produksi minyak yang berlebih pada wajah.

17. Madu

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Tidak hanya manis di rasa ternyata madu juga manis untuk wajah yang berminyak. Madu yang kaya akan kandungan antioksidan dibutuhkan kulit untuk melawan radikal bebas yang dapat membuat kulit wajah menjadi kusam.

Cukup gunakan madu sebagai masker alami secara rutin. Caranya pertama, bilas muka sampai bersih degan air hangat agar pori-pori kulit terbuka. Oleskan madu secara merata pada wajah kemudian diamkan selama sekitar 30 menit. Terakhir bilas wajah dengan air hangat dan basuh menggunakan air dingin.

18. Yogurt

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Yogurt kaya akan kandungan yang bermanfaat untuk wajah. Kandungan lactic acid yang ada dalam yogurt dikenal sebagai eksfoliator yang mengangkat sel kulit mati dan mampu membersihkan wajah secara maksimal. Antibakterial dalam yogurt juga mampu membunuh bakteri yang menjadi salah satu penyebab kulit menjadi berminyak dan berjerawat.

Caranya oleskan yogurt pada wajah secara merata, pijat dengan lembut agar yogurt terserap dengan baik dan maksimal pada wajah. Tunggu sampai sedikit mengering sekitar 15 menit kemudian bilas wajah dengan air sampai bersih.

19. Almond

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Minyak almond mengandung banyak antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari sinar UV. Kandungan tersebut juga mampu mencegah kerusakan kulit karena paparan sinar matahari. Hal tersebut membuat wajah menjadi lebih sehat dan membuat produksi minyak pada wajah menjadi seimbang. Sehingga wajah kita terlihat sehat dan segar.

Minyak almond dapat digunakan sebagai scrub atau lulur wajah dengan campuran garam atau gula. Gunakan secara rutin setiap seminggu sekali. Selain digunakan sebagai scrub minyak almond juga dapat digunakan sebagai pembersih wajah dan pelembap wajah. Banyak sekali cara menggunakan almond untuk mengatasi wajah yang berminyak, pilihlah cara yang paling sederhana dan mudah untuk dilakukan.

20. Oatmeal

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Selain enak dimakan dan terkenal sebagai makanan dalam program diet. Oatmeal juga mampu mengontrol kandungan minyak pada wajah. Ia berfungsi sebagai sponge penyerap minyak pada wajah yang sangat baik, sehingga minyak pada wajah pun berkurang.

Caranya cukup siapkan dua sendok makan oatmeal dan satu sendok teh madu serta seperempat gelas susu hangat. Setelahnya tuang oatmeal dalam wadah lalu campurkan madu, aduk sampai rata. Kemudian tambahkan susu sampai berbentuk pasta yang dirasa cukup menempel pada wajah. Oleskan masker oatmeal secara merata di area wajah lalu diamkan sekitar 15 menit sampai terasa kering. Terakhir, bersihkan wajah dengan air bersih.

21. Cuka apel

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Cuka apel sempat naik daun di dunia kecantikan beberapa waktu belakangan ini. Dikenal ampuh untuk mengatasi kulit yang berminyak dan mampu membasmi jerawat pada wajah menjadikan cuka apel sebagai produk yang sangat terkenal di kalangan beuaty vlogger. Caranya cukup mudah, hanya gunakan cuka apel sebagai toner dalam sehari-sehari setelah wajah dibersihkan.

22. Bayam

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Selain baik untuk kesehatan mata ternyata sayur yang satu ini juga baik untuk mengatasi kulit yang berminyak. Tidak mengandung minyak di dalamnya membuat bayam ramah untuk dikonsumsi bagi pemilik kulit wajah yang berminyak.

Kandungan serat dalam bayam juga membantu untuk membersihkan kulit dan mengontrol produksi minyak. Cukup konsumsi sayur bayam atau sayuran hijau lainnya agar produksi minyak pada wajah menjadi seimbang.

23. Air kelapa

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Dikenal sebagai anti racun air kelapa mampu mengobati jerawat. Kandungan asam di dalamnya juga bermanfaat untuk memperbaiki tekstur kulit serta menghilangkan noda hitam yang membuat wajah tampak lebih kusam dan tak sehat.

Cukup basuh muka dengan air kelapa sebanyak dua kali sehari dapat mengatasi minyak berlebih pada wajah dan mencerahkan wajah kita. Selain itu rutin meminumnya juga dapat menghilangkan flek hitam.

24. Strawberry

mengatasi kulit kering istimewa

foto: pixabay

Strawberry yang kaya akan kandungan vitamin C dikenal mampu mencerahkan kulit wajah dan mengurangi produksi minyak pada wajah sehingga wajah kita terlihat lebih segar. Jika rutin menggunakan masker strawberry maka wajah tak terlihat kusam dan sangat sehat.

Caranya cukup mudah yaitu siapkan 3 buah strawberry lalu blender bersama dengan wortel berukuran sedang. Tuangkan ke dalam wadah, lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah secara merata. Diamkan sekitar 20 menit lalu bilas wajah dengan air bersih. Gunakan masker strawberry minimal 3 kali seminggu agar mendapat hasil yang maksimal.

reporter: mgg/hameda rachma

Related News

(brl/pep)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    33%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    33%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    33%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

24 Cara mengatasi kulit wajah berminyak secara alami dan ampuh.
Kulit wajah sehat, bersih dan cerah adalah impian setiap orang.
https://brilistyle.brilio.net/beauty/24-cara-mengatasi-kulit-wajah-berminyak-secara-alami-dan-ampuh-191007g.html
SEND


Loading...

What Do You Think

Up Next: 9 Cara menghilangkan tumit pecah-pecah secara cepat dan alami

Next
TOP