Brilio.net - Bibir merupakan salah satu bagian yang paling mudah terlihat. Kesehatan bibir juga menjadi perhatian bagi beberapa wanita. Bagi wanita, bibir yang sehat juga menjadi hal yang diidam-idamkan.

Kebiasaan sehari-sehari yang kita lakukan dapat memengaruhi kondisi bibir. Kurang mengonsumsi air mineral, vitamin, dan gizi yang tidak seimbang dapat menimbulkan permasalahan pada bibir. Sariawan dan bibir pecah-pecah adalah efek yang sering ditemukan. Hal ini juga dapat mengakibatkan warna bibir menjadi tidak cerah.

Jangan khawatir, kesegaran warna bibir bisa kembali kok. Nggak perlu repot-repot perawatan yang mahal, bahan-bahan yang ada di sekitarmu juga bisa menjadi solusinya. Tentu saja hal ini tidak akan bekerja secara maksimal tanpa diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

Beberapa penyebab bibir menjadi hitam, yakni tidak membersihkan sisa lipstik, terlalu sering mengonsumsi kafein, sering menjilat, dan menggigit bibir.

Nah coba simak yuk beberapa cara mengatasi bibir hitam agar kembali cerah. Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (26/11).

1. Gula.

Cara mengatasi bibir hitam agar kembali cerah © 2019 brilio.net

foto: unsplash.com

Bahan yang satu ini sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Mungkin kamu juga sudah sering mendengar perawatan bibir menggunakan gula.

Ternyata gula memang dapat menjadi scrub bibir alami. Tekstur gula akan mengangkat kulit mati pada bibir dengan lembut. Kamu juga bisa mencampurkan dengan madu dalam proses scrub bibir agar lebih cerah dan juga lembap.

2. Stroberi.

Buah yang memiliki rasa masam ini tidak hanya memiliki warna yang cantik. Stroberi juga menjadi pemerah alami melalui kandungan vitamin C. Selain itu, kandungan antioksidan yang membuat warna stroberi merah terang. Caranya cukup mudah, belah stroberi jadi dua, oleskan pada bibir selama 15 menit.

3. Alpukat.

Kandungan antioksidan dan vitamin juga dimiliki alpukat. Buah hijau ini mengandung lebih dari 25 nutrisi yang penting bagi tubuh. Cukup haluskan daging alpukat lalu oleskan pada bibir. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

4. Delima.

Kandungan delima adalah polifenolnya. Polifenol merupakan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Manfaatkan delima dengan mengolahnya menjadi jus, lalu oleskan pada bibir.

5. Mentimun.

Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi, hal ini dapat melembapkan bibir dan juga mengembalikan warna merah bibir secara alami. Bersihkan mentimun dan gosokkan pada bibir.

6. Kentang.

Cara mengatasi bibir hitam agar kembali cerah © 2019 brilio.net

foto: unsplash.com

Tidak hanya nikmat ketika digoreng, kentang juga memiliki kandungan mineral yang dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit. Hal ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bibir hitam menjadi lebih cerah. Caranya sangat mudah, haluskan kentang lalu oleskan pada bibir sebagai masker.

7. Air mawar.

Air mawar sekarang dapat ditemukan dengan mudah. Air mawar memiliki fungsi sebagai pelembap bibir alami dan dapat mengembalikan bibir.

8. Daun mint.

Untuk kamu yang suka daun mint, banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan lho. Daun mint memberikan sensasi dingin pada bibir. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral yang dapat memerahkan bibir secara alami.

Cobalah menghaluskan 2 lembar daun mint, kemudian oleskan pada bibir. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

9. Lidah buaya.

Lidah buaya adalah salah satu alternatif yang dapat mencerahkan bibir secara alami. Oleskan gel lidah buaya pada bibir kamu.

10. Es batu.

Cara mengatasi bibir hitam agar kembali cerah © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Es batu dapat membuat pembuluh darah menyempit. Sehingga hal ini dapat membuat tekanan darah pada bibir akan menjadi besar dan bibir menjadi lebih segar. Gosokkan es batu pada bibir selama 15 menit setiap hari untuk hasil yang maksimal.

11. Pasta gigi.

Kandungan magnesium, selenium, kalsium, kalium, dan berbagai mineral lainnya pada pasta gigi dapat mempercepat regenerasi kulit. Aplikasikan pasta gigi pada bibir dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih. Untuk hasil yang maksimal kamu bisa menggunakan pasta gigi berbahan herbal.

12. Jeruk nipis.

Kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis juga dapat membantu mengangkat sel kulit yang mati, sehingga kulit akan regenerasi dengan baik. Hal ini akan membuat bibirmu merona secara alami.

13. Madu.

Madu memiliki kandungan glukosa dan fruktosa yang dapat merangsang epidermis untuk membuat kolagen baru. Dengan begitu warna merah bibir dapat terpancing dan membuatnya tampak segar.

14. Lemon.

Hampir sama seperti jeruk nipis, lemon dapat menghilangkan warna gelap pada bibir. Kandungan pada lemon dapat mencerahkan bibir secara alami.

15. Susu.

Cara mengatasi bibir hitam agar kembali cerah © 2019 brilio.net

foto: unsplash.com

Asam laktat yang yang ada pada susu, efektif sebagai cara menghilangkan flek dan juga noda hitam di bibir. Oleskan susu murni pada bibir selama 15 menit. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

16. Minyak zaitun.

Vitamin E dan vitamin K terdapat dalam minyak zaitun. Hal ini berfungsi sebagai solusi menghilangkan warna bibir hitam menjadi lebih cerah alami.

17. Minyak almond.

Minyak yang satu ini terkenal memiliki beragam manfaat. Kandungan properti emollient dalam minyak almond memberikan kemampuan untuk meremajakan dan menghaluskan kulit bibir menjadi nampak lebih segar.

18. Minyak jarak.

Tak hany mampu mencerahkan bibir, minyak jarak juga berfungsi mengatasi permasalahan bibir pecah-pecah. Oleskan minyak jarak pada bibir secara teratur untuk bibir yang lebih halus.

19. Minyak kelapa.

Minyak kelapa adalah salah satu bahan alami yang dapat meremajakan kondisi bibir. Cukup mengoleskan minyak kelapa pada bibir secara perlahan, maka bibir merona akan nampak secara perlahan.

20. Kunyit.

Selain berfungsi sebagai obat, kunyit juga berfungsi untuk mengembalikan kesegaran warna bibir. Cukup tumbuk halus dua ruas jari kunyit lalu oleskan pada bibir. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

21. Buah raspberry.

Raspberry memiliki kandungan mineral dan vitamin sangat ampuh untuk mengatasi bibir hitam. Kamu bisa mencampur raspberry dengan aloe vera dan juga madu. Oleskan pad abibir selama 15 menit, aplikasikan dengan pijatan lembut.

22. Pomegranate.

Cara mengatasi bibir hitam agar kembali cerah © 2019 brilio.net

foto: unsplash.com

Pomegranate adalah salah satu buah yang bisa menjadi solusi mencerahkan bibir. Hancurkan sekitar 1 sendok makan, lalu campurkan dengan milk cream, dan aplikasikan secara rutin.

23. Beet root.

Beet root atau bit merah mampu membuat bibir terlihat lebih cerah. Antikoksidannya juga mampu menjaga kulit tetap muda dan sehat. Cukup peras lalu ambil sari buah dan oleskan pada bibir.

Related News