15 Manfaat daun kelor untuk wajah, menghidrasi kulit

15 Manfaat daun kelor untuk wajah, menghidrasi kulit

Brilio.net - Ada banyak manfaat daun kelor untuk wajah yang bisa kamu rasakan. Daun kelor atau moringa, salah satu jenis tanaman yang sering digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan. Pasalnya, daun kelor mengandung vitamin dan juga senyawa aktif yang bagus untuk tubuh.

Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian mengungkapkan, kandungan asam amino dan zat besi pada daun kelor bagus untuk stamina tubuh. Daun kelor bisa dikonsumsi menjadi sayur, dijus, dan bisa juga dijadikan teh.

Namun siapa sangka, daun kelor juga memiliki banyak manfaat lho untuk wajah. Daun kelor mengandung antioksidan, antibiotik, dan vitamin yang mengatasi berbagai permasalahan kulit di wajah.

Nah kali ini brilio.net mengulas manfaat dari daun kelor. Apa saja ya? Berikut penjelasannya seperti dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (26/2).

1. Mencegah penuaan dini.

Manfaat daun kelor untuk wajah

foto: Freepik/nakaridore

Manfaat daun kelor untuk wajah yang pertama adalah dapat mencegah penuaan dini. Daun kelor mengandung antioksidan yang dini dan memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah munculnya garis halus dan kerutan di wajah.

Kamu bisa memanfaatkan daun kelor yang dijadikan sebagai masker. Haluskan satu genggam daun kelor kemudian oleskan ke wajah secara merata, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

2. Mengatasi kulit kusam

Manfaat daun kelor untuk wajah

foto: Freepik/rawpixel.com

Bagi kamu yang memiliki kusam juga bisa diatasi dengan daun kelor. Kandungan antioksidan di dalam daun kelor juga dapat mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan garis halus di wajah. Selain itu juga ada kandungan antibakteri yang mencegah kerusakan sehingga kulit tetap sehat dan terawat.

Kamu bisa menggunakan masker daun kelor dalam rangkaian skincare minggu kamu. Caranya, campurkan pasta daun kelor dengan satu sendok yogurt, kemudian aduk hingga rata dan oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat

3. Menghilangkan jerawat

Manfaat daun kelor untuk wajah

foto: Freepik/wayhometsudio

Tumbuhnya jerawat di wajah pastinya sangat mengganggu penampilan. Munculnya jerawat disebabkan oleh pori-pori yang menyumbat sebum sehingga wajah mengalami peradangan dan menimbulkan jerawat. Jerawat biasanya timbul di area dagu, pipi, dahi, hidung, bahu, dan juga dada.

Kamu bisa mengatasi masalah jerawat dengan daun kelor. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan masker daun kelor ke wajah secara merata, lalu diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bisa.

4. Memperbaiki tekstur dan warna kulit

Manfaat daun kelor untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Tekstur dan warna kulit yang tidak merata disebabkan oleh paparan sinar matahari, jerawat, dan kulit kusam. Biasanya banyak kotoran di wajah yang menempel sehingga wajah terasa kasar dan warna kulit berubah. Untuk mengatasi masalah itu, kamu bisa menggunakan daun kelor.

Daun kelor bisa dijadikan sebagai masker wajah, caranya haluskan satu genggam daun kelor kemudian oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air biasa.

5. Melembapkan bibir

Manfaat daun kelor untuk wajah

foto: Freepik/racoolstudio

Masalah bibir kering dan pecah-pecah juga mengganggu penampilan. Kamu juga sulit tampil maksimal karena area bibir terlihat tidak fresh. Kamu bisa melembapkan bibir dengan ramuan daun kelor. Dalam daun kelor terdapat kandungan asam lemak yang bagus untuk bibir.

Caranya tumbuk daun kelor lalu aplikasikan ke bibir secara merata sambil digosok secara lembut. Diamkan selama lima menit dan bilas dengan air biasa. Perawatan ini bisa dilakukan secara rutin saat malam hari selama dua kali dalam seminggu

6. Mengecilkan pori-pori kulit

Manfaat daun kelor untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Poro-pori besar muncul biasanya karena kulit berminyak, paparan sinar matahari dan jerawat. Bagi kamu yang memiliki pori-pori kulit besar pastinya sangat mengganggu karena dapat menimbulkan banyak masalah pada kulit. Untuk itu kamu butuh bahan alami untuk mengecilkan pori-pori.

Kamu bisa gunakan daun kelor. Caranya, haluskan satu genggam daun kelor, lalu oleskan ke wajah dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air biasa.

7. Mengatasi kulit berminyak

Manfaat daun kelor untuk wajah

foto: Freepik/cookie_studio

Daun kelor mengandung vitamin A, C, dan E yang efektif untuk menghilangkan kulit berminyak. Caranya sangat mudah, haluskan daun kelor lalu campurkan dengan sedikit air. Setelah itu oleskan pada wajah secara merata. Perawatan ini bisa kamu lakukan dua kali dalam seminggu.

8. Mengatasi komedo

Manfaat daun kelor untuk wajah

foto: Freepik/wayhometsudio

Munculnya komedo di wajah membuat penampilan menjadi kurang maksimal. Komedo merupakan tanda awal munculnya jerawat, sebelum kulit meradang, kamu bisa menghilangkan komedo, salah satunya dengan daun kelor.

Daun kelor mengandung asam linoleat lebih dari 10% yang diperlukan untuk mengobati jerawat secara alami dan efektif, termasuk menghilangkan komedo. Ada pula sifat antibakteri di dalamnya yang dapat menangkal pertumbuhan jerawat.

Kami bisa mengolah daun kelor dan dibuat menjadi minyak. Kemudian minyak daun kelor dioleskan ke wajah secara merata setiap malam secara rutin agar hasilnya maksimal.

9. Mencerahkan wajah

Manfaat daun kelor untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Manfaat daun kelor untuk wajah selanjutnya adalah dapat membantu mencerahkan wajah. Daun kelor kaya akan vitamin dan bahan aktif lainnya yang dapat mengatasi flek hitam di wajah dan membuat wajah lebih halus dan lembut.

Caranya, haluskan daun kelor hingga menjadi pasta kemudian campurkan dengan sedikit madu. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

10. Mengatasi mata panda

Manfaat daun kelor untuk wajah

foto: Freepik.com

Mata panda disebabkan oleh mata lelah dan juga kurang waktu istirahat. Sama sepreti namanya, biasanya area mata berubah menjadi waran hitam yang sangat mengganggu.

Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan daun kelor. Kandungan vitamin A, B6, dan protease dalam daun kelor dapat menyamarkan mata panda dan membuat mata lebih segar.

Cara menggunakannya, oleskan masker daun kelor ke area bawah mata kemudian diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa. Perawatan ini bisa kamu lakukan setiap malam.

11. Menghilangkan flek hitam

Manfaat daun kelor untuk wajah

foto: Freepik.com

Munculnya flek hitam di wajah disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari, bekas jerawat, pengaruh obat, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengatasi masalah flek hitam dengan menggunakan daun kelor. Kandungan vitamin dan bahan aktif pada daun kelor dapat menyamarkan flek hitam.

Caranya ambil haluskan daun kelor hingga menjadi pasta dan campurkan dengan madu. Lalu diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.

12. Meregenerasi sel kulit

Manfaat daun kelor untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Daun kelor kaya akan kalsium yang mampu meregenerasi kulit wajah. Dengan sel kulit yang baru, wajah akan lebih sehat dan terawat. Kamu bisa menggunakan masker daun kelor secara rutin atau mengonsumsinya menjadi makanan dan minuman.

13. Menghaluskan dan melembutkan kulit

Manfaat daun kelor untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Vitamin B3 atau niacinamide yang terdapat di dalam daun kelor efektif memperbaiki tekstur lapisan kulit terluar atau epidermis, sehingga membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. Selain itu, vitamin itu juga dibutuhkan untuk menjaga kelembapan kulit.

Caranya, gunakan masker daun kelor kemudian oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air biasa.

14. Menghidrasi kulit

Manfaat daun kelor untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Daun kelor mengandung vitamin E, antioksidan, dan asam oleat yang dapat membantu menghidrasi kulit. Rutin menggunakan masker daun kelor maksimal dua kali dalam seminggu, wajah akan terasa lebih lembap, kencang, dan halus.

15. Mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari

Manfaat daun kelor untuk wajah

foto: Freepik/pikisupertar

Manfaat daun kelor untuk wajah yang terakhir adalah dapat mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Kandungan vitamin A, C, dan E, serta senyawa antioksidan dan anti radang yang ada di dalamnya mampu menenangkan kulit secara maksimal.

Caranya oleskan masker daun kelor ke area wajah yang terpapar sinar matahari. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES