8. Cuka.

Cara menghilangkan ketombe secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Cuka apel, dikutip dari Very Well Health, memiliki kandungan berbagai macam asam, seperti asam asetat, asam laktat, asam sitrat, asam malat, dan bakteri baik. Seperti yang diketahui bahwa ketombe dapat diakibatkan jamur atau bakter yang berlebihan di kulit kepala, dan keduanya membutuhkan pH tertentu untuk hidup.

Oleh karena itu perlu mengubah pH di kulit kepala untuk mengatasi masalah ketombe dengan menggunakan cuka. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh dengan satu mangkok air. Oleskan pada kulit kepala, biarkan beberapa saat kemudian bilas dengan air bersih.

9. Minyak zaitun.

Cara menghilangkan ketombe secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Dirangkum dari Womenshealthmag, ahli kecantikan di New York Julie Russak mengatakan olive oil atau minyak zaitun adalah bahan alami yang telah digunakan selama berabad-abad untuk merawat rambut. Ia menjelaskan, vitamin E yang ditemukan dalam minyak zaitun dapat membantu mengurangi ketombe.

Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh minyak zaitun dan perasan lemon, lalu oleskan ke bagian kepala. Minyak ini juga dikenal ampuh untuk merapikan ujung rambut bercabang dan kering.

10. Bawang putih.

Cara menghilangkan ketombe secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Bawang putih memang memiliki kandungan antibakteri sehingga cocok sekali digunakan untuk menghilangkan ketombe. Selain itu, bawang putih juga bisa membuat kulit kepala lebih sehat sehingga mencegah datangnya ketombe di kemudian hari.

Cara ini memang tak banyak disukai orang karena baunya yang kurang sedap. Namun kamu bisa mencobanya dan membuktikan hasilnya.

Caranya adalah mengambil satu siung bawang putih lalu haluskan. Kemudian campurkan sedikit madu dan jahe bubuk untuk mengurangi bau menyengat dari bawang putih. Oleskan pada kulit kepala secara merata, diamkan beberapa saat dan kemudian bilas hingga bersih.

11. Bawang merah.

Cara menghilangkan ketombe secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat dari minyak esensial bawang merah, diyakini mampu membantu menangkal ketombe dari kulit kepala dan mengobati infeksi dari dalam akar. Hal ini karena senyawa bioaktif di dalamnya pun baik untuk menyehatkan folikel rambut, mengurangi penipisan dan kerusakan rambut.

Caranya adalaha dengan menghaluskan beberapa siung bawang merah lalu oleskan secara merata pada batang dan kulit kepala, diamkan beberapa saat dan bilas dengan air bersih.

12. Minyak kemiri.

Cara menghilangkan ketombe secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Minyak kemiri banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, antara lain masalah kulit dan rambut. Minyak dari pohon yang tumbuh di lingkungan tropis ini dipercaya memiliki kandungan antioksidan dan antimikroba yang dapat melawan berbagai masalah rambut dan kulit kepala.

Sifat antimikroba yang diyakini terkandung dalam minyak kemiri dapat membantu menghambat pertumbuhan jamur yang menyebabkan ketombe. Caranya adalah dengan gunakan minyak kemiri sebelum keramas, pijat-pijat perlahan kulit kepala, biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

13. Minyak wijen.

Cara menghilangkan ketombe secara alami freepik.com

foto: freepik.com

inyak wijen berasal dari biji wijen dan merupakan salah satu minyak tertua yang digunakan oleh umat manusia. Diperkaya dengan antioksidan, asam lemak omega, dan vitamin, dan mineral seperti magnesium dan kalsium, minyak wijen dapat digunakan untuk menstimulasi pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala.

Untuk mengatasi ketombe, minyak wijen bisa dimanfaatkan sebagai tonik antibakteri, yang mencegah infeksi jamur dan bakteri. Dijamin, ketombe akan hilang seiring dengan penggunaan yang teratur.

14. Kunyit.

Cara menghilangkan ketombe secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Kunyit diketahui memiliki kandungan antiseptik dan antiiflamasi yang baik untuk mengatasi ketombe. Selain itu, kandungan kunyit juga bisa mengatasi keluhan kulit kepala kering dan gatal. Agar rambut berketombe dapat teratasi secara menyeluruh, kamu bisa mencoba menggunakan bubuk kunyit.

Caranya siapkan satu sendok makan bubuk kunyit dan tambahkan dengan dua sendok makan minyak zaitun. Kemudian oleskan pada kulit kepala lalu diamkan beberapa saat dan bilas dengan sampo saat keramas.

15. Tomat.

Cara menghilangkan ketombe secara alami freepik.com

foto: freepik.com

Ketombe bisa disebabkan karena ketidakseimbangan pada pH kulit. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan tomat. Kandungan asam pada tomat dapat menyeimbangkan pH kulit kepala. Tomat membantu menghilangan kotoran dan racun dari kulit kepala sehingga memperkuat akar dan meningkatkan kualitas rambut.

Cara menggunakannya, haluskan dua buah tomat, campur dengan satu sendok makan minyak kelapa, usapkan pada kulit kepala hingga merata sembari melakukan pijatan ringan. Diamkan selama 30 menit kemudian keramas menggunakan sampo.

(brl/lea)