1. HOME
  2. »
  3. Beauty
15 Bahan alami pemutih kulit tangan, ampuh dan tanpa efek samping

Kulit belang sering bikin nggak percaya diri, atasi dengan bahan-bahan alami di rumah.

 

Dwiyana Pangesthi, 08 Agustus 2019 03:02

Brilio.net - Beraktivitas seharian di luar ruangan, pasti akan sering terpapar sinar matahari secara langsung. Kulit yang sering terpapar sinar matahari, memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Apalagi saat berkendara roda dua, paparan sinar matahari tak terhindarkan.

Salah satu dampak yang terlihat dari paparan sinar matahari saat berkendara adalah kulit belang, terutama pada bagian tangan. Untuk mencegah paparan sinar ultraviolet dari matahari masuk ke kulit, sun screen jadi barang wajib yang harus dimiliki.

Kulit belang sering jadi masalah kulit yang mengganggu rasa percaya diri. Segala upaya dilakukan demi menyamarkan dan memutihkan kulit ke warna semula. Tak jarang orang rela mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk membayar produk kecantikan kulit. Sebenarnya banyak bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan kulit tangan.

Berikut brilio.net himpun bahan alami pemutih kulit tangan ampuh dan tanpa efek samping, brilio.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (8/8). Apa saja?

1. Mentimun.

Pemutih kulit tangan © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Sayuran yang sering dijadikan lalapan ini sering digunakan untuk menyamarkan mata panda. Mentimun mengandung mineral dan vitamin yang penting agar kesegaran kulit tetap terjaga dan mampu mencerahkan warna kulit tangan kamu. Bahan alami ini mengandung vitamin C serta asam caffeic yang berfungsi melembapkan kulit.

Jika kamu memiliki masalah kulit belang, ada baiknya mencoba mentimun. Caranya mudah, cukup dengan menghaluskan mentimun, kemudian aplikasikan ke area tangan. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air.

2. Bengkoang.

Pemutih kulit tangan © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@rujak.koe

Bengkoang memang sering digunakan untuk bahan produk kecantikan kulit. Bengkoang yang kaya akan vitamin B dan C dapat berperan memutihkan kulit dan menjaga agar tetap bersih dan cerah. Fungsi utamanya, yaitu mencegah penuaan dini. Kamu bisa menggunakan sebagai lulur mandi yang alami.

Pertama kamu harus menghaluskan bengkoang dengan cara diblender atau diparut. Biarkan beberapa menit agar sari bengkoang mengendap. Gunakan sari bengkoang untuk lulur. Sisa dari parutan itu masih bisa juga digunakan untuk scrub.

3. Pepaya.

Pemutih kulit tangan © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Pepaya mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan kusam. Berbagai nutrisi terkandung dalam buah yang baik untuk melancarkan pencernaan, seperti vitamin C, E, asam pantotenik, dan banyak vitamin lainnya yang berfungsi untuk kesehatan kulit. Caranya juga hampir sama, haluskan pepaya lalu lulurkan pada area tangan yang belang. Tunggu hingga agak mengering, bilas dengan air besih.

4. Lidah buaya.

Pemutih kulit tangan © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Bahan alami selanjutnya, yaitu lidah buaya. Lidah buaya dapat menyamarkan kulit tangan kamu yang belang. Kandungan aloesin pada tanaman ini berfungsi menghambat pembentukan melamin pada kulit. Selain efektif, lidah buaya juga memberikan sensasi dingin pada kulit yang terbakar sinar matahari. Dengan menggunakan gel lidah buaya secara teratur kulit belangmu akan tersamarkan. Oleskan gel lidah buaya pada tangan dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

5. Putih telur.

Pemutih kulit tangan © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Selanjutnya kamu dapat memilih putih telur untuk mengatasi kulit tangan yang belang. Biasanya putih telur digunakan untuk masker muka yang berfungsi mengencangkan dan mencerahkan wajah. Kamu juga bisa mengaplikasikannya pada tangan kamu yang belang.

Telur yang mengandung protein ini dapat berperan meregenerasi kulit sehingga kulit-kulit mati dapat terkelupas. Putih telur ini ampuh mengatasi warna kulit yang beda. Kamu bisa mencobanya dengan cara menyiapkan putih tekur yang sudah dikocok hingga berbusa. Untuk mengurangi bau amis, kamu bisa menambahkan madu atau jeruk nipis. Setelah itu oleskan pada area tangan dan diamkan 20-3O menit. Kemudian bilas menggunakan air panas.

6. Madu.

Pemutih kulit tangan © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Berbagai manfaat kesehatan terkandung dalam madu. Mulai dari melembapkan bibir pecah-pecah hingga menghaluskan kulit. Madu juga membantu mengembalikan warna kulit tangan yang belang. Caranya sangat mudah! Cukup mengoleskan madu pada tangan yang belang, biarkan  hingga mengering, terakhir cuci dengan air dingin.

7. Tomat.

Pemutih kulit tangan © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Sama seperti bahan alami sebelumnya, tomat juga dapat mengatasi belang pada tangan. Kandungan antioksidan pada tomat berfungsi sebagai penangkal radikal bebas sehingga kulitmu terlindungi dari sinar matahari dan kecerahan kulit tetap terjaga. Tomat juga kaya akan vitamin C dan E yang baik untuk kulit. Buah yang mudah kamu dapatkan ini bisa kamu coba untuk memutihkan kulit tangan. Kamu bisa memarut tomat, kemudian oleskan pada tangan yang belang, diamkan hingga kering. Setelah itu bilas dengan air bersih.

8. Lemon.

Pemutih kulit tangan © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Bahan alami lainnya, yaitu lemon. Nutrisi vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam lemon dapat menangkal radikal bebas serta mencerahkan kulit. Sehingga bahan ini sangat cocok untuk memutihkan kulit. Kamu bisa membuat bahan dari perasan lemon, kemudian aplikasikan perasan air lemon itu ke tangan. Tunggu hingga mengering dan cuci setelahnya.

9. Air kelapa.

Pemutih kulit tangan © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Tak hanya segar dan enak diminum, ternyata air kelapa dapat digunakan untuk memutihkan tangan yang belang. Air kelapa juga dapat menghaluskan dan melembapkan kulit. Selain itu air ini juga mengandung antioksidan dan cytinin yang dapat mencegah penuaan dini. Bahan alami dengan paket lengkap ini cocok. Kamu cukup meminum air kelapa secara rutin tanpa tambahan gula. Dengan cara ini kulitmu akan terjaga kelembapannya.

10. Kunyit.

Pemutih kulit tangan © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Rempah ini sangat terkenal dengan berbagai khasiat yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan kulit. Kunyit kaya akan vitamin C yang mampu mencerahkan dan membantu mengganti sel kulit yang mati dengan yang baru. Nah, bagaimana caranya? Cukup mencampurkan bubuk kunyit dengan perasan air lemon. Aduk agar menjadi pasta, lalu aplikasikan pada kulit lengan tangan. Tunggu 15-30 menit dan bilas menggunkan air bersih.

11. Kentang.

Pemutih kulit tangan © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Kentang juga dapat digunakan untuk bahan pemutih tangan yang belang. Selain mengandung mineral, kentang juga mengandung antioksidan yang dapat membantu meregenerasi kulit, dan menyamarkan bekas luka. Pertama-tama haluskan kentang yang telah direbus dan tambahkan 2 sendok makan susu. Aduk hingga berbentuk pasta, aplikasikan pada area kulit tangan. Setelah menunggu 30 menit, kamu bisa membilasnya dengan air bersih.

12. Minyak zaitun.

Pemutih kulit tangan © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Minyak ajaib ini terkenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Salah satunya memutihkan tangan yang belang karena sinar matahari. Kandungan zat linoleic acid berperan menjaga keseimbangan dalam kulit. Kamu bisa menggunakan bahan ini dengan dikombinasikan menggunakan madu. Oleskan pada area tangan sebagai lulur, sebelum kamu mandi.

13. Susu dan yogurt.

Pemutih kulit tangan © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Susu dan yogurt dapat kamu gunakan untuk pemutih tangan kamu yang belang. Susu dapat berfungsi meremajakan, melembutkan serta memutihkan kulit. Sedangkan yogurt yang mengandung asam laktat dapat melembabkan dan meningkatkan produk kalogen sehingga kulit dapat puutih dengan cepat. Kombinasi kedua bahan itu bisa kamu aplikasikan sembari menijat tangan. Kemudian diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

14. Air beras.

Pemutih kulit tangan © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Beras juga dikenal sebagai bahan yang dapat mencerahkan dan memutihkan kulit. Beras sendiri mengandung asam ferullic dan allantonin yang dapat melindungi serta memutihkan kulit. Kamu bisa memanfaatkan air bekas cucian beras. Diamkan agar endapan terkumpul. Endapan itu bisa kamu gunakan untuk lulur tangan.

15. Ampas kopi hitam.

Pemutih kulit tangan © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Ampas kopi yang sering tersisa setelah kamu meminumnya dapat kamu manfaatkan untuk memutihkan kulit. Ampas kopi hitam ini dapat mengandung kafein yang dapat mencerahkan kulit. Jadi ampas kopi yang ditambah sedikit madu dapat efektif memutihkan tangan belang. Kamu bisa mengaplikasikannya pada tangan dan biarkan beberapa saat. Terakhir cuci dengan air dingin.

Related News

(brl/vin)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    33%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    33%

  • Sedih

    33%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

15 Bahan alami pemutih kulit tangan, ampuh dan tanpa efek samping.
Kulit belang sering bikin nggak percaya diri, atasi dengan bahan-bahan alami di rumah.
https://brilistyle.brilio.net/beauty/15-bahan-alami-pemutih-kulit-tangan-ampuh-dan-tanpa-efek-samping-190807o.html
SEND


What Do You Think

Up Next: 4 Gaya busana ini bisa cerminkan kepribadian, pancarkan jati diri

Next
TOP