13 Manfaat rutin facial wajah, bantu redakan stres

13 Manfaat rutin facial wajah, bantu redakan stres

Brilio.net - Facial wajah salah satu perawatan kecantikan yang jadi favorit banyak orang. Facial wajah atau pijat wajah adalah perawatan kecantikan yang cukup populer cukup lama di Indonesia. Biasanya, perawatan ini dilakukan oleh terapis yang akan memijat area wajah dengan menekan beberapa titik saraf sehingga membuat wajah lebih rileks.

Proses facial wajah ini menggunakan minyak essential yang memiliki aroma bunga maupun rempah yang dapat membuat kamu lebih tenang. Perawatan multi-langkah melibatkan pijat wajah, uap, CTM, pengelupasan kulit dan beberapa tindakan lainnya yang dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit, seperti membersihkan wajah, mengecilkan pori-pori, menyamarkan hiperpigmentasi, dan masih banyak lagi.

Facial wajah sebaiknya dilakukan dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut manfaat rutin facial wajah yang bisa kamu dapatkan seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (3/2).

1. Meredakan stres.

Manfaat facial wajah

foto: Pexels/John Tekeridis

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Biomedical Research, facial atau pijat wajah mampu mengaktifkan sistem saraf simpatik kamu yang dapat mengurangi tingkat kecemasan dan meningkatkan suasana hati. Dalam wajah terdapat ratusan titik saraf yang tergabung ke berbagai sistem di tubuh. Ketika titik-titik saraf tersebut dipijat, tubuh akan merespons. Salah satunya hormon bahagia akan muncul dan stres akan mereda.

2. Meratakan warna kulit.

Manfaat facial wajah

foto: Pexels/Cottonbro

Warna kulit yang tidak merata biasanya disebabkan oleh banyak faktor, seperti paparan radikal bebas, tanda penuaan, serta faktor keturunan. Namun untuk masalah faktor eksternal, warna kulit yang tidak merata masih bisa diatasi salah satunya dengan rutin menggunakan facial wajah. Pijatan pada metode ini dapat membuat memperlambat produksi melanin di wajah.

3. Membantu penyerapan kulit.

Manfaat facial wajah

foto: Pexels/ Cottonbro

Manfaat facial wajah selanjutnya adalah dapat membuat penyerapan kulit lebih sempurna. Hal ini sangat penting untuk kamu yang rutin menggunakan skincare. Ketika rutin melakukan facial wajah, kandungan dalam skincare dapat dengan mudah meresap ke kulit wajah. Hal itu membuat kerja bahan aktif dalam skincare lebih efektif.

4. Membuat wajah lembut dan glowing.

Manfaat facial wajah

foto: Pexels/Anna Shvets

Manfaat dari essential oil yang digunakan untuk melakukan facial wajah juga dapat menghidrasi kulit. Selain itu juga dapat menghaluskan pori-pori sehingga wajah lebih lembap, halus, lembut, dan glowing.

5. Mencegah penuaan.

Manfaat facial wajah

foto: Pexels/ Anna Shvets

Penuaan masih menjadi masalah yang sangat mengganggu penampilan. Biasanya penuaan ditandai dengan munculnya flek hitam, kerutan, dan garis halus pada wajah. Meskipun kebanyakan penuaan muncul karena faktor usia, namun tak jarang seseorang mengalami tanda penuaan dini. Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa rutin melakukan facial wajah guna mencegah penuaan dini. Pijat wajah dapat meningkatkan regenerasi sel dan mendorong perkembangan kolagen sehingga wajah lebih kencang.

6. Mengatasi jerawat dan bekasnya.

Manfaat facial wajah

foto: Pexels/Sora Shimazaki

Jerawat jadi salah satu masalah kulit yang mengganggu penampilan. Tak hanya saat tumbuh jerawat, tapi bekasnya yang menurunkan kepercayaan diri seseorang. Kamu bisa mengatasi masalah jerawat dan bekasnya dengan menggunakan skincare dengan kandungan asam salisilat. Selain itu, kamu juga bisa melakukan facial wajah. Pilih essential oil untuk facial yang mengandung asam salisilat yang dapat mengobati jerawat dan bekasnya.

7. Eksfoliasi alami.

Manfaat facial wajah

foto: Pexels/ Anna Shvets

Manfaat selanjutnya dari facial adalah sebagai eksfoliasi alami. Eksfoliasi untuk proses pengelupasan sel-sel kulit mati dengan lembut ke permukaan. Sel-sel kulit mati yang menumpuk biasanya menyebabkan kulit kasar, namun karena adanya eksfoliasi ini kulit jadi lebih halus dan lembut.

Facial ini bisa kamu lakukan di rumah dengan menggunakan skincare yang mengandung scrub. Caranya ambil scrub secukupnya kemudian usapkan ke wajah secara merata, lalu beri pijatan halus untuk memberi sensasi rileks pada wajah.

8. Meremajakan kulit.

Manfaat facial wajah

foto: Pexels/Gustavo Fring

Kulit yang kusam dan lelah terkadang membuat kamu merasa tidak percaya diri. Facial salah satu cara yang tepat untuk mengembalikan kecerahan wajah kamu. Pijatan halus pada wajah dapat memberi relaksasi di wajah sehingga meningkatkan elastisitas kulit wajah.

9. Menghilangkan masalah kantung mata.

Manfaat facial wajah

foto: Pexels/ Anna Shvets

Kulit di bawah mata cenderung tipis dan sensitif. Jika kamu tidak memperlakukan dengan baik, bagian bawah mata akan mengalami masalah kerutan, atau muncul lingkaran hitam yang mengganggu. Biasanya masalah ini terjadi karena kurang jam tidur dan kelelahan.

Cara mengatasi bagian area mata ini selain menggunakan skincare kamu juga bisa rutin melakukan facial wajah. Pijat area bawah mata dengan lembut, selain itu juga ubah pola tidur minimal 8 jam sehari.

10. Mengencangkan kulit.

Manfaat facial wajah

foto: Pexels/ Anna Shvets

Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya karena produksi kolagen berkurang. Selama perawatan wajah, para terapis akan menggunakan pengelupasan kimia, paket wajah, masker, lotion, dan krim yang diperkaya dengan ekstrak botani yang merangsang produksi kolagen dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Metode pemijatan ini juga dapat membantu mengencangkan wajah.

11. Sebagai detoksifikasi kulit.

Manfaat facial wajah

foto: Pexels/Gustavo Fring

Kulit butuh mengeluarkan racun dalam tubuh yang tidak perlu, sebab bila racun dalam tubuh terutama di wajah masih menumpuk, wajah akan terlihat kusam. Saat facial, kamu akan diberikan bahan-bahan seperti antioksidan, garam laut, ekstrak herbal, dan minyak, untuk membuat wajah lebih bercahaya.

12. Menghilangkan komedo.

Manfaat facial wajah

foto: Pexels/Arina Krasnikova

Munculnya komedo di wajah disebabkan karena pori-pori yang membesar tertutup oleh debu dan kotoran. Bila dibiarkan terlalu lama, akan memicu timbulnya jerawat. Facial wajah juga dapat membantu membersihkan komedo. Selain dengan alat juga dengan bahan-bahan alami yang efektif mengangkat komedo di wajah.

13. Meningkatkan sirkulasi darah.

Manfaat facial wajah

foto: Pexels/SoraShimazaki

Sebuah penelitian mengatakan bahwa facial dapat meningkatkan sirkulasi darah. Peningkatan sirkulasi darah di wajah membuat sel-sel di kulit mendapatkan banyak oksigen dan nutrisi yang dibawa bersama dengan darah. Alhasil kulit akan lebih sehat dan bercahaya.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES