13 Fungsi serum wajah, bantu cegah penuaan dini

13 Fungsi serum wajah, bantu cegah penuaan dini

Brilio.net - Fungsi serum wajah kini bisa kamu dapatkan khasiatnya setelah rutin menggunakan serum. Saat ini, masyarakat sudah mulai peduli terhadap kecantikan. Hal itu pun terlihat dari perkembangan skincare yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Skincare awalnya berasal dari Korea dengan menerapkan rangkaian yang panjang mulai dari pembersih wajah, toner, serum, pelembap, sunscreen eye serum, lip balm, hingga masker wajah. Semua rangkaian skincare ini wajib dilakukan secara rutin saat pagi dan malam hari.

Dari banyaknya rangkaian skincare, salah satu yang tak kalah penting adalah penggunaan serum. Serum menawarkan dosis aktif yang lebih besar dan kuat dibanding pelembap dan pembersih wajah.

"Serum adalah produk topikal dengan viskositas tipis yang mengandung sejumlah bahan aktif yang terkonsentrasi," jelas dokter kulit bersertifikat di SkinSafe Dermatology and Skin Care, dr Tsippora Shainhouse, FAAD seperti dilansir dari Healthline, Senin (21/2).

Shainhouse menambahkan, serum mengandung sejumlah molekul aktif yang lebih besar berpotensi menembus permukaan kulit untuk efektivitas optimal. Selain itu, memiliki konsentrasi yang lebih tinggi, sehingga tak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan hasilnya.

Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai perbedaan pelembap dan serum. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang merasa sudah cukup menggunakan salah satunya. Padahal, serum dan pelembap memiliki manfaat yang berbeda dan wajib digunakan berbarengan.

"Serum memiliki tekstur lebih ringan dan memberikan bahan aktif ke kulit dengan cepat, serum akan bekerja lebih dulu, setelah kamu membersihkan kulit. Sementara, pelembap dapat menambah manfaat serum lebih maksimal. Sehingga sebaiknya digunakan secara berurutan," tambah Shainhouse.

Serum mengandung bahan aktif seperti vitamin, antioksidan, dan bahan aktif yang dapat mengatasi berbagai permasalah kulit, mulai dari kulit kering, kerutan, pori-pori, kulit berminyak, hingga flek hitam.

Cara menggunakan serum sendiri sangat mudah. Cukup tuangkan beberapa tetes serum ke telapak tangan, kemudian usapkan ke wajah secara merata sambil di tepuk-tepuk agar serum dapat cepat meresap ke kulit. Lanjutkan dengan penggunaan skincare selanjutnya.

Penasaran dengan fungsi serum wajah? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/2).

1. Menyamarkan flek hitam di wajah

Fungsi serum untuk wajah

foto: Freepik/rawpixel.com

Fungsi serum wajah yang pertama adalah dapat menyamarkan flek hitam di wajah. Munculnya flek hitam disebabkan oleh banyak faktor, seperti tanda penuaan, paparan sinar matahari, hormon, hingga keturunan.

Bagi kamu yang memiliki flek hitam, pastinya hal ini sangat mengganggu penampilan. Kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan serum. Dalam serum biasanya mengandung asam glikolat yang dapat mengurangi bintik hitam di wajah. Kandungan tersebut efektif menyamarkan flek hitam di wajah lebih cepat.

2. Menghaluskan kulit

Fungsi serum untuk wajah

foto: Freepik/drobotdean

Kandungan vitamin C, hyaluronic acid, dan peptida berfungsi untuk menghaluskan dan meratakan tekstur kulit sehingga lebih halus. Serum juga cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif dan mudah berjerawat karena memiliki efek menenangkan dan meredakan peradangan.

3. Memiliki sifat antioksidan

Fungsi serum untuk wajah

foto: Freepik.com

Hampir semua jenis serum memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan ini berfungsi untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan paparan sinar matahari penyebab munculnya penuaan dini di wajah. Biasanya dalam antioksidan terdapat kandungan vitamin C dan E, retinol, hyaluronic acid, dan peptida yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas.

4. Membuat kulit awet muda

Fungsi serum untuk wajah

foto: Freepik/racool_studio

Fungsi serum wajah selanjutnya adalah dapat memberikan tampilan awet muda pada kulit. Kandungan bahan aktif dan ekstrak alami dalam serum dapat menjaga kelembapan kulit, mengatasi masalah jerawat, mengencangkan, dan menutrisi kulit, sehingga kulit terlihat lebih sehat.

5. Mengecilkan pori-pori

Fungsi serum untuk wajah

foto: Freepik/cookie_studio

Pori-pori yang membesar tak jarang mengganggu penampilan. Selain itu, pori-pori besar juga dapat menimbulkan masalah lain pada wajah seperti kulit berminyak, kusam, warna kulit yang tidak merata hingga berjerawat.

Kamu bisa rutin menggunakan serum untuk membantu mengecilkan pori-pori. Beberapa kandungan di dalamnya juga dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati secara mendalam.

6. Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Fungsi serum untuk wajah

foto: Freepik/cookie_studio

Saat melakukan aktivitas di luar ruangan, wajah bagian yang paling sering terpapar sinar matahari. Untuk itu kamu dianjurkan untuk rutin menggunakan sunscreen dan skincare lainnya yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Salah satunya adalah serum, produk skincare tersebut juga dapat melindungi kulit dari paparan debu dan polusi yang membuat wajah kusam, kering dan menimbulkan flek hitam.

7. Mengurangi kerutan

Kandungan hyaluronic acid dan vitamin C pada serum mampu mengunci kelembapan kulit dan melawan penuaan seperti kerutana dan haris halus. Kandungan tersebut juga dapat memperlambat penuaan pada wajah dan mampu memperbaiki kulit yang rusak.

8. Mengencangkan kulit

Fungsi serum untuk wajah

foto: Freepik/lookstudio

Mengencangkan kulit jadi salah satu fungsi serum wajah. Kandungan ekstrak alami di dalamnya bagus untuk kulit yang sudah mulai mengendur. Aplikasikan serum secara rutin saat pagi dan malam hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Merawat kulit berjerawat

Fungsi serum untuk wajah

foto: Freepik.com

Serum yang terjual di pasaran memiliki banyak fungsi yang berbeda untuk kulit. Salah satunya untuk mengatasi jerawat. Biasanya serum ini mengandung bahan aktif seperti vitamin C, E, benzoil peroksida dan asam salisilat. Ada pula sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan dan mencegah munculnya jerawat baru.

10. Mengangkat sel-sel kulit mati

Fungsi serum untuk wajah

foto: Freepik.com

Serum juga ada yang memiliki sifat eksfoliasi. Serum tersebut biasanya mengandung AHA dan BHA, seperti lactic acid dan asam malat, yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat wajah lebih cerah dan sehat. Serum tersebut juga mengandung bahan aktif lainnya yang dapat membersihkan wajah dan mengecilkan pori-pori.

11. Mencerahkan wajah

Fungsi serum untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Kulit kusam disebabkan oleh banyak faktor, seperti paparan debu, polusi, sinar UVA, dan UVB. Bila dibiarkan, tampilan wajah jadi tidak menarik karena terlihat kusam. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan serum.

Fungsi serum wajah dapat mencerahkan wajah. Kandungan asam kojic dan niacinamide di dalamnya dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Selain itu juga dapat mencerahkan wajah secara merata.

12. Melembapkan kulit

Fungsi serum untuk wajah

foto: Freepik/lookstudio

Fungsi serum wajah selanjutnya adalah dapat melembapkan kulit. Kandungan niacinamide dan hyaluronic acid pada serum dipercaya dapat menjaga kelembapan, menghidrasi kulit, dan membuat wajah lebih glowing.

Bahkan menurut Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menjelaskan tentang hyaluronic acid dapat melembapkan kulit lebih efektif hingga 96 persen.

13. Mengontrol produksi minyak di wajah

Fungsi serum untuk wajah

foto: Freepik.com

Secara alami, kulit wajah melakukan produksi minyak. Hal itu untuk menjaga kelembapan kulit. Namun bila minyak yang diproduksi berlebihan juga dapat menyebabkan masalah pada kulit, seperti jerawat hingga pori-pori membesar.

Kamu bisa gunakan serum yang dapat membantu mengontrol produksi minyak di wajah. Rutin menggunakan serum dapat membuat wajah lebih sehat dan lembap.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES