Brilio.net - Setiap orang tentu ingin memiliki kulit yang mulus tanpa masalah. Namun, tidak semua orang ditakdirkan memiliki kulit yang bersih dan putih. Pasti ada saja permasalahan kulit yang dialami seperti flek hitam, berjerawat, kulit kering, dan masih banyak lagi.

Apalagi para remaja, di usianya yang masih sangat muda, mereka rentan mengalami masalah kulit terutama kusam. Kulit kusam biasanya disebabkan karena paparan sinar matahari dan polusi, serta cara perawatan kecantikan yang salah. Hal itu tentu membuat banyak remaja tidak percaya diri.

Untuk memiliki kulit yang bersih dan cerah, kamu bisa menggunakan perawatan skincare yang memiliki kandungan untuk mencerahkan. Biasanya skincare untuk mencerahkan mengandung banyak bahan aktif seperti vitamin C, B, dan E, ada juga kandungan retinol, niacinamide yang membantu proses perubahan warna kulit yang lebih cerah.

Sebenarnya penggunaan skincare sejak remaja memang perlu dilakukan. Menjaga kesehatan kulit perlu dilakukan sejak muda untuk membuat kulit lebih terawat dan menghindari masalah kulit lainnya, seperti kulit kering, berminyak, flek hitam, dan masih banyak lagi.

Loading...

Hal itu pun disampaikan oleh Spesialis Dokter Kulit, dr Joshua Zeichner, MD menjaga kesehatan kulit perlu dilakukan sejak masih muda. Sebab, bisa sebagai fondasi awal kulit saat pergantian sel agar memperlambat penuaan dini.

"Kunci utamanya adalah kamu harus merawat kulit dengan benar," ujarnya seperti dilansir dari Wellandgood.com, Selasa (12/1).

Sementara itu, ahli kulit dari New York, Robert Anolik menunjukkan bahwa 85 persen orang berusia antara 12-24 tahun mengalami masalah kulit dan pastinya mereka sangat frustasi dengan masalah kulit yang dialami.

"Gunakan urutan skincare remaja pagi dan malam yang tepat untuk menghindari permasalahan kulit. Kalaupun masalah kulit muncul bisa segera teratasi," kata Anolik.

Kali ini brilio.net mengulas urutan skincare remaja pagi dan malam yang benar. Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (12/1).

Urutan skincare pagi

1. Cleansing

Urutan skincare remaja pagi dan malam ©

foto: Freepik.com/wayhomestudio

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan melakukan cleansing atau membersihkan wajah. Kalau kamu memiliki masalah kulit kusam, bisa memilih pembersih wajah yang mengandung bahan aktif seperti vitamin C, niacinamide, dan lainnya. Sebab kandungan tersebut memiliki manfaat untuk mencerahkan wajah.

Aplikasikan secukupnya pembersih muka, kemudian aplikasikan ke wajah secara merata sambil diberi pijatan agar wajah rileks. Setelah itu bilas dengan air dan keringkan wajah.

2. Eksfoliasi

Urutan skincare remaja pagi dan malam ©

foto: Freepik.com/wayhomestudio

Tahap kedua yang bisa dilakukan adalah dengan eksfoliasi. Eksfoliasi ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di wajah. Eksfoliasi juga bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Saat ini produk eksfoliasi ada banyak sekali yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Kamu bisa mengaplikasikan produk eksfoliasi secukupnya, kemudian usapkan ke wajah secara perlahan. Kamu cukup melakukan perawatan ini satu sampai dua minggu sekali untuk hasil yang maksimal.

3. Toner

Urutan skincare remaja pagi dan malam ©

foto: Freepik.com/lookstudio

Setelah wajah bersih, kamu bisa menggunakan toner. Toner sendiri memiliki fungsi untuk membersihkan wajah dua kali lebih bersih. Manfaat lain dari penggunaan toner adalah untuk melembapkan kulit, mencegah kulit kering, menghilangkan bekas jerawat, hingga menyeimbangkan pH kulit.

Cara menggunakan toner cukup tuangkan ke lapas kemudian usapkan toner secara lembut ke area wajah. Usapkan secara berulang dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel.

4. Masker

Urutan skincare remaja pagi dan malam ©

foto: Freepik.com/drobotdean

Setelah itu, kamu bisa menggunakan masker. Masker ini memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti menenangkan, mengencangkan kulit, melembapkan, dan mencerahkan kulit. Masker banyak macamnya, ada yang cream dan sheet mask yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Kalau cream, kamu cukup aplikasikan ke seluruh wajah, hindari area mata dan bibir kemudian tunggu 15-20 menit, bilas dengan air. Sementara sheet mask cukup tempelkan ke wajah, diamkan selama 15 menit. Lepas sheet mask kemudian cairan yang masih menempel di wajah diusapkan dengan lembut sambil ditepuk-tepuk agak meresap.

5. Serum

Urutan skincare remaja pagi dan malam ©

foto: Freepik.com/freepik

Urutan skincare remaja pagi dan malam selanjutnya adalah serum. Sama dengan produk skincare lainnya, serum memiliki peran yang penting untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam penggunaan skincare. Serum memiliki banyak kandungan aktif yang bagus untuk menutrisi kulit.

Caranya kamu bisa mengoleskan serum ke wajah, setelah itu tepuk-tepuk wajah agar serum meresap. Lanjutkan dengan penggunaan pelembap.

6. Day cream

Urutan skincare remaja pagi dan malam ©

foto: Freepik.com/jcomp

Urutan skincare selanjutnya adalah menggunakan day cream. Day cream ini merupakan pelembap yang mengandung banyak kandungan bahan aktif yang dapat mengatasi permasalahan kulit.

Day cream dapat mencerahkan dan juga melembapkan kulit. Caranya aplikasikan ke wajah secara merata. Penggunaan day cream ini harus rutin agar mendapatkan hasil yang optimal.

7. Sunscreen

Urutan skincare remaja pagi dan malam ©

foto: Freepik.com/gpointstudio

Selanjutnya kamu bisa menggunakan sunscreen. Sunscreen wajib digunakan apalagi kamu melakukan aktivitas di luar ruangan. Sunscreen berfungsi untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari yang dapat merusak kulit.

Penggunaan sunscreen sebanyak dua ruas jari, kemudian oleskan ke wajah secara merata hingga ke bibir dan area mata. Bila kamu banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, kamu wajib reapply sunscreen setiap dua sampai tiga jam sekali. Setelah menggunakan sunscreen kamu bisa melanjutkan menggunakan makeup.

Urutan skincare malam

8. Makeup remover

Urutan skincare remaja pagi dan malam ©

foto: Freepik.com/freepik

Setelah beraktivitas di luar, pasti masih banyak makeup dan debu yang menempel di wajah. Kamu bisa membersihkan wajah dengan makeup remover. Makeup remover ini ada dua jenis, yang oily dan watery sesuai dengan tipe kulit kamu.

Caranya tuangkan secukupnya makeup remover ke kapas kemudian usapkan ke wajah secara merata. Pastikan wajah sudah benar-benar bersih.

9. Cleansing

Urutan skincare remaja pagi dan malam ©

foto: Freepik.com/diana.grytsku

Setelah itu kamu bisa menggunakan cleansing untuk membersihkan wajah yang kedua. Produk pembersih wajah ini bermanfaat untuk mengangkat sisa kotoran dan makeup yang masih menempel di wajah. Kamu bisa sambil memberi pijatan pada wajah saat mengaplikasikan pembersih.

10. Toner

Urutan skincare remaja pagi dan malam ©

foto: Freepik.com/lookstudio

Penggunaan toner juga perlu dilakukan saat malam hari. Seperti yang sudah dijelaskan, toner memiliki manfaat untuk mengangkat sisa-sisa kotoran di wajah. Toner ini tahap pembersihan ketiga untuk memastikan wajah benar-benar bersih.

Tuangkan toner secukupnya di kapas, kemudian usapkan ke wajah secara lembut.

11. Serum

Urutan skincare remaja pagi dan malam ©

foto: Freepik.com/rawpixel.com

Penggunaan serum saat malam hari juga sangat bagus untuk kulit wajah. Sebab saat malam hari kulit wajah justru akan memperbaiki kulit lebih optimal. Sehingga kandungan bahan aktif pada serum akan bekerja lebih maksimal.

Cara menggunakan serum ini cukup tuangkan beberapa tetes serum pada wajah, kemudian usapkan secara merata, tepuk-tepuk wajah secara perlahan agar serum semakin meresap.

12. Eye cream

Urutan skincare remaja pagi dan malam ©

foto: Freepik.com/valuavitaly

Masalah area mata yang sering dialami oleh banyak orang adalah mata lelah dan munculnya lingkar hitam di mata. Masalah mata seperti ini tentu sangat mengganggu penampilan.

Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan eye cream secara rutin setiap malam. Caranya oleskan eye cream ke area bawah mata sambil dipijat dan di tepuk-tepuk secara perlahan.

13. Night cream

Urutan skincare remaja pagi dan malam ©

foto: Freepik.com/racool_studio

Urutan skincare remaja pagi dan malam ditutup dengan penggunaan night cream. Night cream ini mengandung bahan aktif yang bagus untuk merawat kesehatan kulit. Kamu bisa menggunakan night cream dan aplikasikan ke wajah sambil diberi pijatan lembut.

Related News