12 Manfaat pisang untuk wajah, bantu cegah penuaan dini

12 Manfaat pisang untuk wajah, bantu cegah penuaan dini

Brilio.net - Ada banyak manfaat pisang untuk wajah yang bisa kamu dapatkan khasiatnya. Melakukan perawatan wajah memang penting untuk tetap bisa tampil memesona di depan umum. Sebab bagi banyak orang penampilan adalah hal yang utama. Kamu bisa melakukan perawatan wajah dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan bahan alami, yakni pisang.

Pisang merupakan salah satu buah yang banyak digemari banyak orang. Pisang ada banyak jenisnya, mulai dari pisang raja, pisang emas, pisang tanduk, pisang uli, pisang nangka, dan masih banyak lagi. Di Indonesia sendiri, pisang salah satu buah yang banyak tumbuh subur di banyak tempat.

Tak hanya memiliki rasa yang enak, pisang ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, rambut, dan kulit. Pisang kaya akan potasium dan vitamin A, B, dan C yang bagus untuk kulit. Jadi tak ada salahnya untuk memasukkan pisang dalam rutinitas kecantikanmu.

Lantas apa sajakah manfaat pisang untuk wajah? Berikut brilio.net rangkum ulasannya dari berbagai sumber, Sabtu (5/2).

1. Membuat wajah glowing.

Manfaat buah pisang untuk wajah

foto: Pexels/Anna Shvets

Dalam buah pisang terkandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, pisang juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga kamu memiliki kulit yang sehat dan bercahaya.

Kamu bisa memanfaatkan buah pisang dan madu. Caranya, haluskan satu buah pisang dan satu sendok makan madu. Setelah menjadi pasta, oleskan ke wajah secara merata, diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air biasa.

2. Mengatasi jerawat.

Manfaat buah pisang untuk wajah

foto: Pexels/Anna Shvets

Pisang juga dipercaya ampuh dapat mengobati jerawat, sebab pisang mengandung antimikroba yang mampu mengusir bakteri pada wajah. Caranya sangat gampang, campurkan satu buah pisang dan satu sendok makan madu, kemudian haluskan. Setelah itu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan 10 menit lalu bilas dengan air biasa.

3. Menghilangkan bekas jerawat.

Manfaat buah pisang untuk wajah

foto: Pexels/Polina Kovaleva

Selain mengatasi jerawat, pisang juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Ya, munculnya jerawat menyebabkan jaringan parut di kulit rusak sehingga meninggalkan bekas merah atau hitam jerawat. Hal itu tentu sangat mengganggu penampilan. Namun kamu bisa mengatasinya dengan campuran masker pisang dan madu. Sebab kedua bahan tersebut mengandung vitamin A dan C yang bagus untuk membantu mencerahkan wajah.

4. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Manfaat buah pisang untuk wajah

foto: Pexels/Polina Kovaleva

Pisang juga memiliki manfaat yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kandungan antioksidan, vitamin A, C, dan E bagus untuk meningkatkan kemampuan alami kulit untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari.

Kamu bisa rutin menggunakan masker pisang dan campur sedikit air mawar, lalu oleskan pada wajah dan leher, diamkan 10 menit dan bilas dengan air biasa.

5. Melembapkan kulit.

Manfaat buah pisang untuk wajah

foto: Pexels/Polina Kovaleva

Memiliki kulit yang lembap pastinya dambaan setiap orang. Selain menggunakan skincare, kamu bisa menambahkan rutinitas skincare harian kamu dengan masker pisang. Sebab banyak orang yang menganggap pisang mengandung vitamin B-6 dan potasium yang tinggi dan bagus untuk menjaga kelembapan kulit.

Caranya, siapkan satu buah pisang lalu campurkan dengan alpukat, haluskan kedua bahan tersebut, tambahkan sedikit air, kemudian oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

6. Mencegah penuaan.

Manfaat buah pisang untuk wajah

foto: Pexels/Monstera

Masalah penuaan juga bisa kamu atasi dengan pisang, sebab banyak orang yang percaya kalau pisang merupakan botox alami yang membantu mengencangkan kulit. Caranya, siapkan pisang, satu sendok teh perasan jeruk lemon, dan satu sendok makan yogurt.

Campur semua bahan lalu haluskan. Oleskan ke wajah secara merata, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air dingin. Rutin menggunakan masker alami ini juga akan membantu memudarkan bintik hitam di wajah, mencegah garis halus dan kerutan akibat penuaan dini.

7. Mengatasi kulit berminyak.

Manfaat buah pisang untuk wajah

foto: Pexels/Miriam Alonso

Kulit berminyak salah satu penyebab dari beberapa masalah kulit yang akan muncul, seperti pori-pori membesar, jerawat, hingga komedo. Kamu bisa mengatasi masalah itu dengan menggunakan pisang. Kandungan potasium, vitamin C dan E mampu menjadi eksfoliator alami yang dapat membantu mengangkat minyak berlebih di wajah.

Caranya, hancurkan pisang dan tambahkan dengan satu sendok makan madu dan setengah sendok teh jus lemon. Setelah itu, oleskan ke wajah, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air biasa.

8. Menyamarkan flek hitam.

Manfaat buah pisang untuk wajah

foto: Pexels/cottonbro

Kandungan antioksidan pada pisang juga dapat menyamarkan flek hitam di wajah yang mengganggu. Kamu bisa menggunakan masker pisang yang dicampur dengan bubuk kunyit. Oleskan pada wajah dan lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

9. Menyamarkan mata panda.

Manfaat buah pisang untuk wajah

foto: Pexels/Ivan Samkov

Mata salah satu area wajah yang paling dilihat oleh banyak orang. Namun tak jarang masalah panda seperti munculnya lingkar hitam atau mata panda sangat mengganggu penampilan. Kamu bisa menggunakan pisang untuk mengatasi hal itu. Caranya, potong tipis pisang, lalu tempelkan di bawah mata, diamkan 5 menit bilas dengan air. Lakukan perawatan ini saat pagi dan malam hari secara rutin.

10. Mengangkat sel kulit mati.

Manfaat buah pisang untuk wajah

foto: Pexels/cottonbro

Menumpuknya sel kulit mati membuat wajah akan terlihat kusam, mengalami perubahan warna kulit di wajah, dan masih lainnya yang muncul seperti jerawat, komedo dan lainnya. Sebab sel kulit mati yang menumpuk itu menutup pori-pori sehingga kelenjar minyak dalam kulit tak tersumbat.

Untuk menghindari masalah itu, kamu bisa menggunakan buah pisang untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Caranya gunakan masker pisang yang dicampur dengan satu sendok jus lemon, lalu oleskan ke wajah. Penggunaan secara rutin dapat membuat wajah kamu lebih cerah dan sehat.

11. Mencerahkan kulit wajah.

Manfaat buah pisang untuk wajah

foto: Pexels/cottonbro

Kandungan antioksidan pada pisang dapat merawat kulit agar tetap ternutrisi. Selain itu juga dapat membuat kulit wajah kamu lebih cerah. Caranya sangat mudah, Siapkan pisang, minyak zaitun dan alpukat. Campurkan ketiga bahan tersebut, kemudian haluskan hingga menjadi pasta. Lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit, bilas dengan air biasa.

12. Mengencangkan kulit.

Manfaat buah pisang untuk wajah

foto: Pexels/Polina Kovaleva

Seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit pasti menurun. Hal itu menyebabkan muncul garis halus dan kerutan di area wajah. Manfaat pisang untuk wajah selanjutnya adalah membantu mengencangkan kulit. Kandungan vitamin C dalam buah tersebut dapat dimanfaatkan untuk merawat kulit wajah agar lebih kencang.

Caranya siapkan satu pisang dan satu sendok makan jeruk lemon. Haluskan kedua bahan tersebut lalu aplikasikan ke wajah hingga merata. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES