Brilio.net - Mayoritas kaum hawa selalu menginginkan tampil cantik di berbagai kesempatan. Salah satu momennya adalah menghadiri pesta pernikahan. Tidak hanya memperhatikan baju atau busana akan dipakai, gaya makeup juga tak ketinggalan untuk dipikirkan. Hal seperti itu memang wajar, mengingat banyak wanita menganggap makeup sebagai penunjang penampilan.Akhirnya, banyak dari wanita mempercayakan jasa dari makeup artist (MUA) untuk merias wajahnya. Ada pula yang rela pergi ke salon demi mendapatkan tampilan makeup yang dirasa bagus untuk pesta. Padahal ada banyak cara makeup yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah.Selain tak harus mengeluarkan biaya tambahan, makeup sendiri juga akan membuat lebih puas. Sebab, kamu bisa menentukan seperti apa tampilan yang kamu suka. Selain itu kamu bisa memilih produk-produk yang pasti cocok di kulitmu.Selanjutnya, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan saat makeup untuk acara kondangan. Pertama, pilihlah makeup yang tidak akan terasa berat di wajah. Hal ini penting agar selama di kondangan, kamu akan tetap merasa nyaman. Kedua, jangan lupa membawa tisu. Jika tipe kulitmu berminyak, pakailah face paper. Usahakan jangan mengusap wajah, namun tap-tap dengan lembut agar makeup nanti tidak terangkat.

Loading...
Nah sebagai tambahan referensi tentang makeup, ada cara makeup kondangan yang bisa kamu coba. Tampilan makeup ini tidak akan terlalu menor. Meski demikian, kamu akan tetap terlihat cantik dan elegan. Berikut 12 cara makeup untuk kondangan yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (21/11).

2 dari 4 halaman


1. Bersihkan wajah.

foto: freepik.com

Langkah pertama yang tidak boleh dilewatkan sebelum mengaplikasikan makeup adalah membersihkan wajah. Kamu bisa mencoba teknik double cleanser, yakni dua kali pembersihan.

Pertama bersihkan wajahmu menggunakan milk cleanser atau micellar water. Kamu bebas memilih yang mana yang kamu suka, salah satu saja sudah cukup. Kedua, gunakan facial foam atau facial wash dan bilas menggunakan air bersih. Setelah melakukan double cleanser ini, wajah akan langsung terasa bersih dan segar.

2. Gunakan primer agar makeup makin menempel di kulit.

foto: freepik.com

Menghadiri pesta pernikahan, biasanya memakan waktu lama. Jadi kamu perlu menyiapkan makeup yang bisa terus menempel di wajah. Caranya, gunakan primer sebelum memakai makeup.

Ada berbagai macam primer yang dijual di pasaran, jadi pilihlah primer yang sesuai dengan tipe kulitmu. Selain membuat makeup semakin menempel, primer juga bisa mengisi pori-pori sehingga kulit terlihat lebih lembut. Selain itu, primer juga bisa memberikan efek lembap dan sehat pada wajah.

3. Pilih foundation sesuai tone wajah.

foto: freepik.com

Selanjutnya kamu bisa mulai makeup dengan mengaplikasikan faoundation. Sebagai base makeup, faoundation adalah item wajib yang harus kamu perhatikan. Pilih foundation yang sesuai dengan tone wajahmu. Ini penting agar warna wajahmu tidak terlihat belang dengan bagian tubuh lain.

Fungsi foundation untuk meratakan warna wajah, menutupi kekurangan di wajah dan membuat riasan wajah tampak lebih halus.

4. Berikan efek dimensi di wajah menggunakan contour.

foto: kawaiibeautyjapan.com

Setelah mengaplikasikan foundation, pasti kamu akan menemukan tampilan wajahmu benar-benar flat. Maka kamu bisa menggunakan countur untuk memberikan efek dimensi pada wajah. Untuk warnanya, pilihlah contour yang memilliki dua tingkat warna lebih gelap dari wajah.

Jika ingin membuat rahangmu terlihat proporsional dan kesan tirus dipipi, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:
- Baurkan contour dari kening, telinga dan jangan melebihi sudah luar mata.
- Bentuk menyerupai angka tiga.
- Blend menggunakan tangan atau spon mengikuti goresan awal.

5. Tap-tap lembut blush on cream di apple cheek.

foto: freepik.com

Jika sudah selesai dengan contour, selanjutnya gunakan blush on cream. Sebaiknya pilihlah blush on cream agar lebih awet untuk kondangan. Selain itu, blush on cream juga lebih mudah dibaurkan dan memiliki warna yang tidak terlalu mencolok.

Riasan wajah dengan blush on nanti akan terlihat fresh dan antimenor. Untuk cara mengaplikasikannya, kamu bisa memberikan blush on di area apple cheek atau di atas contour yang kamu gunakan. Gunakan sambil tersenyum ya! Biar blush on tetap on point.

3 dari 4 halaman


6. Bubuhkan bedak tabur dengan brush.

foto: freepik.com

Untuk mengunci makeup, gunakanlah bedak tabur dan baurkan ke seluruh wajah. Ada banyak bedak yang bisa kamu gunakan. Namun jika kamu menghindari kesan yang menor, kamu bisa gunakan bedak tabur. Partikel lembut dalam bedak tabur juga akan membuat makeup semakin terlihat halus dan ringan diwajah.

7. Rapikan alis.

foto: freepik.com

Selanjutnya rapikan alis menggunakan sisir alis. Untuk membentuk alis yang simetris, pertama kamu bisa membingkai alis menggunakan pensil alis. Setelah itu kamu bisa mengisinya dengan perlahan. Untuk warnanya sesuaikan dengan rambut alis.

Jika kamu ingin kesan yang lebih elegan, hindari warna hitam yang pekat untuk alis. Kamu bisa memilih menggunakan pensil alis berwarna abu-abu atau kecokelatan. Jika ingin menampilkan alis yang bervolume, kamu juga bisa menggunakan mascara dan ulaskan tipis saja.

8. Pakailah eyeshadow sebagai riasan mata.

foto: freepik.com

Riasan mata menjadi penting jika kamu ingin menghadiri kondangan. Sebab, riasan mata menunjukkan bahwa kamu memang sedang 'serius' bermakeup. Sebaiknya pilihlah warna-warna netral untuk merias mata. Misalnya warna-warna seperti cokelat dan gold.

Langkah pertama, ulaskan warna cokelat dari ujung kelopak mata hingga tengah. Baurkan menggunakan kuas kecil. Lalu berikan warna gold ditengah mata dan baurkan kembali. Lakukan hal yang sama pada kelopak mata yang satunya.

4 dari 4 halaman


9. Gunakan eyeliner untuk mempertajam tampilan mata.

foto: freepik.com

Selanjutnya gunakan eyeliner untuk mempertajam tampilan mata. Warna eyeliner sebaiknya gunakan warna hitam. Selain mempertajam mata, eyeliner juga membuat mata terlihat lebih besar.

Eyeliner juga mampu membentuk mata lebih tegas dan indah. Berikan efek cat eye dengan cara mengulaskan eyeliner hingga ujung luar mata dengan garis keatas.

10. Lentikkan bulu mata menggunakan maskara.

foto: freepik.com

Jangan lupa untuk melentikkan bulu mata menggunakan maskara. Maskara bisa membuat bulu mata tetap on point, sebelumnya jepitlah bulu mata menggunakan eyelash curler. Lalu gunakan maskara waterproof agar lebih awet.

11. Ulaskan lipstik di bibir.

foto: freepik.com

Selanjutnya ulaskan lipstik di bibir untuk kesan lebih segar. Untuk warna lipstik, kamu bisa memilih sesuai selera. Namun disarankan untuk memilih warna mauve pink atau nude. Sebab warna-warna tersebut hampir selalu cocok untuk setiap gaya makeup. Warna lipstik bisa disesuaikan dengan acara. Jika malam hari, bisa gunakan warna yang lebih bold.

12. Semprotkan setting sray ke seluruh wajah.

foto: freepik.com

Terakhir adalah setting spray. Langkah ini adalah opsional, namun jika kamu benar-benar ingin mengantisipasi agar makeup tidak cepat luntur, kamu perlu menggunakan setting spray. Selain itu, setting spray juga akan membuat tampilan makeup mu lebih menyatu dengan wajah. Setting spray juga bisa mengontrol minyak di wajah sekaligus memberikan kelembaban ekstra.


mgg/ Deta Jauda

Related News