Brilio.net - Merawat kulit wajah tidak hanya diperuntukan perempuan saja lho. Namun, laki-laki juga membutuhkan perawatan kulit wajah. Perawatan bagi laki-laki ini penting dilakukan guna menjaga kesehatan kulit agar terhindari dari berbagai masalah, seperti halnya kulit berminyak dan berjerawat. Jika kamu ingin memulai melakukan perawatan wajah, saat ini sudah banyak skincare laki-laki yang bisa kamu pakai.

Jerawat merupakan salah satu permasalahan wajah yang cukup rumit dan susah dihilangkan. Perlu kamu ketahui munculnya jerawat pada wajah sebenarnya hal biasa yang terjadi pada setiap orang. Jerawat bisa muncul dikarenakan folikel rambut yang terletak di bawah permukaan kulit tersumbat minyak, sel-sel kulit mati, dan kotoran. Biasanya jerawat ini muncul tidak hanya di wajah saja, melainkan bisa muncul pada dada, bahu, dan punggung.

"Jerawat adalah kondisi kulit umum yang terjadi pada saat folikel rambut di bawah kulit menjadi tersumbat. Minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori. Jerawat paling sering terjadi pada punggung, dada, dan bahu," jelas Dendy Engelman, MD seorang dokter kulit bersertifikat di Shafer Clinic, dikutip brilio.net dari Byrdie, Rabu (11/05).

Adapun penyebab utama munculnya jerawat pada pada laki-laki yaitu adanya pengaruh dari hormon testosteron yang tinggi. Tidak hanya hormon saja yang berpengaruh, melainkan gaya hidup juga dapat mempengaruhi munculnya jerawat.

"Tubuh pria menghasilkan hormon testosteron yang lebih tinggi dari pada wanita sehingga dapat mempengaruhi produksi minyak pada kelenjar sebaceous yang bisa menyebabkan pori-pori tersumbat karena produksi minyak berlebih," jelasnya.

Agar produksi minyak berlebih yang bisa menyebabkan jerawat pada wajah laki-laki dapat terkontrol dengan baik, kamu bisa melakukan perawatan menggunakan skincare khusus. Skincare laki-laki untuk atasi jerawat ini sudah banyak beredar di pasaran dengan harga di bawah Rp 200.000.

Berikut ini 11 skincare laki-laki atasi wajah berjerawat, sebagaimana brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/05).

(brl/ola)

Related News