Brilio.net - Pada dasarnya, wajah yang berminyak cenderung rentan terkena berbagai masalah kulit akibat produksi minyak yang berlebih. Untuk itu, diperlukan cara perawatan yang khusus dalam merawat wajah yang cenderung berminyak, agar tidak menimbulkan masalah kulit. Salah satu masalah kulit yang rentan muncul pada wajah berminyak adalah jerawat.

Wajah berjerawat biasanya memiliki tipe kulit yang cenderung berminyak, karena minyak yang dihasilkan biasanya menyumbat pori-pori wajah dan jika tidak dibersihkan, akan menimbulkan jerawat. Selain dibersihkan, kulit wajah berminyak juga harus diberikan perawatan agar tetap terdehidrasi dengan baik. Seperti yang dikutip dari Healthline.com, jerawat akan mudah muncul pada wajah berminyak karena sebum yang bercampur dengan sel kulit mati tersangkut pada pori-pori.

Kulit berminyak merupakan salah satu jenis kulit yang dimiliki oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Karena selain faktor genetik, iklim tropis Indonesia juga berperan besar dalam produksi minyak berlebih pada wajah. Produksi minyak yang tidak santai ini dapat menyebabkan make up cepat luntur, wajah cepat kusam, pori-pori cenderung besar, rentan diserang jerawat dan komedo.

Kulit berminyak merupakan kondisi ketika kelenjar sebasea pada kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum adalah minyak alami yang berfungsi melapisi kulit dan rambut. Produksi sebum berlebih membuat kulit terlihat mengkilap dan berkilau. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan wajah menjadi berminyak. Namun, menurut para ahli kulit, kasus yang paling sering terjadi adalah kulit berminyak disebabkan oleh iklim yang panas. Inilah faktor yang membuat banyak orang di Indonesia mengalami masalah wajah berminyak.

Untuk mengurangi produksi minyak di wajah, kamu perlu menggunakan produk yang memang diformulasikan untuk jenis kulit berminyak. Selain memilih produk perawatan wajah yang tepat, kamu juga harus tahu bagaimana cara merawat wajah yang benar. Salah satu produk skincare yang bisa kamu gunakan adalah essence.

Essence pada dasarnya merupakan serum dalam bentuk yang lebih cair. Oleh karena kandungannya yang serupa, fungsi essence pun mirip dengan serum. Akan tetapi, produk ini relatif lebih lembut dengan efek yang lebih ringan bagi kulit. Seperti 11 rekomendasi essence untuk kulit berminyak berikut ini, yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/6):

(brl/pep)

Related News