Brilio.net - Memiliki wajah kering merupakan salah satu masalah yang kerap dialami hingga menyebabkan mengelupas dan bersisik. Kulit kering adalah masalah yang terjadi ketika lapisan kulit paling atas atau epidermis tidak mendapatkan kelembapan yang cukup. Akibatnya, kulit terlihat seperti bersisik, mengelupas, hingga pecah-pecah. Penyebab kulit kering bisa karena berbagai hal. Kulit yang kering biasanya membuat permukaan kulit terasa kasar, bersisik, ruam, mengelupas, dan mengalami iritasi.

Dilansir situs kesehatan Healthline, kulit kering atau disebut juga xerosis adalah kondisi kulit yang umum terjadi dan bisa disebabkan banyak faktor. Paparan cuaca yang kering, sering mandi menggunakan air panas, serta paparan bahan kimia tertentu dapat menjadi penyebab kulit kering.

Memiliki kulit kering adalah tantangan bagi pemiliknya, karena merawat kulit yang kering dan dehidrasi tidak mudah. Disebut demikian, karena kamu harus menjaga supaya kulit tetap lembap dan terhidrasi sepanjang hari. Jika salah langkah, kulit pun akan semakin kering dan mengelupas. Siapapun bisa terkena kondisi kulit yang satu ini, tapi orang lanjut usia biasanya lebih rentan. Hal ini disebabkan karena lansia mengalami penurunan produksi sebum, yakni minyak alami yang berfungsi sebagai pelumas kulit.

Oleh karena itu, membutuhkan produk perawatan kulit yang diformulasikan untuk mengatasi kulit kering. Salah satunya adalah dengan menggunakan masker. Seperti yang diketahui bahwa saat ini sudah banyak sekali produk masker yang diformulasikan untuk kulit kering, dengan berbagai macam kandungan di dalamnya. Produk masker yang kerap dicari oleh kebanyakan orang adalah yang memiliki kandungan alami di dalamnya, salah satunya mentimun. Mentimun kaya akan sumber air, serta mengandung vitamin C, vitamin A, folat, dan asam kafeik yang memiliki sifat antiradang dan antioksidan. Segala kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk menutrisi kulit, sehingga timun bisa mengurangi bengkak, jerawat, menghidrasi kulit, hingga mengatasi iritasi pada kulit. Nah, berikut 11 masker mentimun yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/5).

 

(brl/tin)

Related News