Brilio.net - Tomat merupakan buah yang seringkali masuk dalam jajaran sayuran. Tomat dapat diolah menjadi jus ataupun makanan.

Dilansir dari healthline, tomat dikenal secara ilmiah sebagai Solanum lycopersicum. Tomat bisa disebut sebagai buah yang berasal dari Amerika Selatan. Namun, merujuk dari medicalnewstoday, tomat bisa pula disebut sebagai buah dan sayuran.

Meskipun berasal dari Amerika Selatan, tomat dapat hidup di mana saja, termasuk di Indonesia. Tomat banyak dijumpai di pasar atau pun swalayan dengan harga yang terjangkau.

Buah yang memiliki cita rasa asam dan segar ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Antioksidan dan likopen dalam tomat menawarkan perlindungan terhadap sejumlah penyakit mematikan, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung. Tomat juga bisa sangat bermanfaat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

Loading...

Selain itu, tomat juga kaya vitamin A dan C. Kandungan itu mampu menguatkan kekebalan tubuh. Tak hanya itu, kandungan zat serta antioksidan tinggi tersebut membuat tomat juga bermanfaat untuk kecantikan, khususnya perawatan kulit.

Sehingga, tomat juga dapat dijadikan perawatan alami untuk menjaga kecantikan. Hal ini membuktikan bahwa buat tomat yang murah, memiliki manfaat berlimpah. Berikut 25 manfaat tomat untuk kecantikan & kesehatan beserta cara penggunaannya, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (7/7).

Manfaat tomat untuk kecantikan.

tomat untuk kecantikan & kesehatan © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

1. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut.

Antioksidan dan likopen pada tomat mampu menjaga dan melawan kerusakan sel akibat peradangan kulit. Tomat bisa bekerja dengan sangat baik sebagai zat dan memperbaiki tekstur kulit.

Tomat mampu menghilangkan minyak berlebih kulit, membuat wajah dan rambut segar lebih lama. Yang perlu kamu lakukan adalah mencampur jus tomat segar dan mentimun. Celupkan bola kapas, lalu oleskan jus ke wajah dan rambutmu secara teratur.

2. Mengecilkan pori-pori.

Pori-pori terbuka menjadi pintu masuk untuk polusi dan kotoran, yang akhirnya menyumbat dan menyebabkan masalah kulit. Tetapi kamu tidak perlu khawatir lagi selama dapur penuh dengan tomat. Buah tomat berfungsi sebagai zat yang sangat baik untuk membantu mengecilkan pori-pori.

Cara memanfaatkan tomat untuk mengecilkan pori-pori sebagai berikut, ambil 1 gelas jus tomat segar, tambahkan jus jeruk nipis segar ke dalamnya. Celupkan kapas, oleskan campuran ini pada wajah sembari pijat kulit dengan gerakan melingkar. Cuci bersih setelah sekitar 15 menit dengan air dingin.

3. Membantu memutihkan kulit.

Kehangatan matahari bisa terasa seperti berkah tetapi terik panas matahari juga mengandung sinar UV. Paparan sinar UV ini bisa merusak kulit hingga membuat kulit gelap.

Untuk membantu memutihkan kulit secara alami, gunakan 1 sdt oatmeal, 1 sdt yogurt dan 2 sdt bubur tomat. Campur bersama dan oleskan ke wajah dan leher. Biarkan selama 20 menit. Oatmeal akan mengelupas kulit dengan lembut, sedangkan yogurt dan tomat akan membantu membersihkan noda.

Vitamin c dalam tomat membantu mencerahkan kulit. Lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang efektif.

4. Mengurangi jerawat.

Polusi udara membuat jerawat mudah muncul. Untuk mengatasi jerawat yang membandel, kamu bisa memanfaatkan tomat. Tomat kaya akan Vitamin A, B, C, dan K, semua vitamin berkualitas untuk memerangi jerawat.

Caranya potong tomat jadi setengah, lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama sekitar satu jam, bilas hingga bersih. Lakukan cara ini secara teratur untuk mencegah jerawat.

5. Mengurangi lingkaran hitam.

Tidur larut malam, jadwal sibuk atau kebiasaan makan yang buruk, membuat lingkaran hitam muncul di bawah mata. Lingkaran hitam atau mata panda dapat menurunkan rasa kepercayaan diri.

Kamu bisa mengurangi besarnya mata panda dengan tomat. Caranya, hancurkan tomat menjadi pasta kental dan oleskan ke lingkaran hitam. Bilas setelah beberapa menit.

Kamu juga bisa meletakkan irisan tomat dingin di lingkaran hitam dan pijat selama 2-3 menit. Ulangi setiap hari selama 2-3 minggu.

6. Membuat rambut indah berkilau.

Paparan polusi yang tak terhindarkan membuat rambut kusam dan kulit kepala berdebu. Ambil tomat dan giling. Gosokkan ke kulit kepala dan rambut secara lembut.

Atau, kamu bisa langsung menggunakan jus tomat ke rambut juga. Biarkan selama 15 hingga 30 menit lalu bersihkan.

7. Mencegah rambut rontok.

Ada banyak faktor yang membuat rambut jadi rontok. Buat kamu yang punya masalah rambut rontok, salah satu solusinya adalah dengan tomat.

Caranya, hancurkan tomat, kemudian oleskan pada rambut sembari dipijat perlahan. Biarkan selama satu jam, lalu bilas kepala hingga bersih. Lakukan cara ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang efektif.

8. Membuat kulit kencang.

Nggak hanya bisa menjaga kesehatan kulit, tomat juga membantu menjaga kulit lebih bersih dan kencang. Caranya, oleskan tomat mentah ke seluruh kulit dan biarkan selama lima menit. Setelah itu cuci bersih tomat.

9. Mencerahkan kulit.

Tomat ampuh untuk mencerahkan kulit secara alami dan terbebas dari kusam. Caranya, campur tomat yang sudah dihancurkan dengan dua sendok makan tanah liat. Tambahkan satu sendok pasta mint segar.

Oleskan pada kulit, tunggu sampai kering. Kulitmu tidak hanya akan terasa lebih ringan tetapi juga akan terasa segar dan kencang.

10. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Vitamin C dan A pada tomat sangat bagus untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Menjadikan kulit lebih cantik dan terhindar dari efek terbakar sinar matahari. Selain itu, buat kamu yang punya kulit ruam seperti terbakar, tomat mampu memberikan ketenangan pada kulit.

Caranya, hancurkan tomat dan campur dengan sedikit buttermilk. Oleskan ke kulit agar meresap. Biarkan ini selama minimal 15 menit sebelum dicuci dengan air dingin.

11. Bagus untuk dijadikan toner.

Dalam hal perawatan kulit, toner tak hanya membuat kulit kenyal dan lembut, tetapi juga melembapkan secara alami dan menjadikannya berkilau alami. Nggak perlu beli toner mahal, kamu bisa menjadikan tomat sebagai toner alami.

Caranya, masukkan 1 mentimun dan 1 tomat, jus secara bersamaan. Lalu saring dengan baik, masukkan sarinya ke botol semprotan kedap udara.

Semprotkan toner tomat ini pada kulit kapan pun kamu mau. Biarkan kulit menyerap likopen tomat secara alami.

Dengan perpaduan mentimun dan tomat, kulitmu akan terlihat awet muda dalam hitungan menit. Toner ini juga dapat disimpan di lemari es hingga empat hari.

12. Membantu pertumbuhan sel kulit.

Mencampurkan tomat dengan madu bisa menjadi solusi untuk mempercantik kulit wajah. Madu merupakan bahan alami yang juga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan sel kulit. Dengan mengombinasikan dua bahan alami yang baik untuk kulit wajah ini akan menimbulkan hasil yang baik pula.

Caranya, campurkan 1 buah tomat segar dengan 1 sendok makan madu. Oleskan pada wajah, dan tunggu sekitar 20 menit. Bilas dengan air hingga bersih.

13. Mengangkat sel kulit mati.

Enzim dalam tomat dapat memberikan manfaat pengelupasan ketika diterapkan pada kulit. Pengelupasan menghilangkan sel kulit mati. Ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah dan bibir.

Untuk membuat scrub tomat, campurkan gula dan tomat yang telah dihaluskan. Gosok secara lembut pada wajah dan bibir. Tomat juga bisa menjadi masker wajah sebagai pembersih.

Campur jus tomat dan soda kue hingga membentuk pasta kental. Oleskan pada kulit, tunggu hingga kering, dan bilas.

14. Melembapkan kulit dan bibir.

Kulit kering yang tidak diobati dapat menyebabkan gatal, pecah-pecah, dan mengelupas. Lotion dan krim dapat mengatasi kekeringan. Jus tomat bisa digunakan untuk membantu memberikan kelembapan kulit dan bibir yang kering.

Tomat adalah sumber kalium yang sangat baik. Menurut penelitian, penurunan kadar kalium dapat menyebabkan kulit kering pada orang dengan dermatitis atopik, sejenis eksim.

15. Mengatasi komedo hitam.

Irisan tomat matang bisa membuang komedo di kulit. Salah satu alasan paling umum pori-pori tersumbat adalah produksi minyak yang berlebihan. Pori-pori terbuka seperti pintu untuk polusi dan kotoran, yang akhirnya menyumbat mereka dan menyebabkan masalah kulit.

Tomat dapat secara alami mengontrol produksi sebum dan membuka sumbatnya tanpa rasa sakit. Cukup campur jus tomat segar (termasuk bubur, tetapi tidak termasuk bijinya, jika mungkin) dengan jus lemon segar dan oleskan langsung pada komedo.

Manfaat tomat untuk kesehatan.

tomat untuk kecantikan & kesehatan © 2021 brilio.net

foto: freepik.

16. Mencegah kanker prostat.

Mengonsumsi tomat bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker prostat. Beberapa penelitian menyebutkan kalau tomat memiliki tingkat likopen dalam tomat bekerja untuk mencegah penyakit kanker. Likopen adalah antioksidan alami yang bekerja secara efektif untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker.

17. Mencegah kanker lambung.

Selain mampu mencegah penyakit kanker prostat, tomat juga dipercaya mampu mencegah penyakit kanker lambung. Likopen atau antioksidan yang ada di tomat mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker.

18. Menurunkan tekanan darah tinggi.

Tomat memiliki kandungan kalium. Penelitian mampu meningkatkan kalium serta menurunkan natrium (garam). Kandungan tersebut mampu menurunkan tekanan darah. Jika kamu mengonsumsi tomat dan menjaga makanan dari kandungan garam, maka tekanan darah bisa menurun.

19. Mencegah sembelit.

Tomat adalah sayuran yang memiliki kandungan air sehingga mampu mencegah dehidrasi. Tomat juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Mengkonsumsi tomat dapat membantu memperlancar proses buang air besar. Selain itu, tomat mampu menurunkan risiko sembelit.

20. Membantu memperbaiki bagian tubuh yang rusak karena merokok.

Bagi kamu perokok, ada baiknya mulai rutin mengkonsumsi tomat. Buah dan sayur segar ini mampu mengurangi jumlah kerusakan yang terjadi pada tubuh akibat merokok. Tomat mengandung asam coumaric dan asam klorogenik yang bisa melindungi tubuh dari karsinogen yang dihasilkan oleh asap rokok.

21. Mengurangi gejala diabetes.

Menurut penelitian, tomat mampu mengurangi gejala diabetes. Bagi penderita diabetes, mengonsumsi tomat selama kurang lebih 30 hari mampu menurunkan penyakitnya. Tomat mampu menurunkan peroksidasi lipid, reaksi berantai di mana zat tersebut mampu menyerang lemak.

22. Menjaga kesehatan jantung.

Dalam buah tomat mengandung serat, kalium, vitamin C, dan kolin dapat menunjang manfaat tomat untuk kesehatan tubuh terutama bagian jantung. Asupan zat kalium tinggi dalam tomat beserta mengurangi makanan yang mengandung natrium juga bisa mengurangi risiko untuk terkena penyakit kardiovaskular.

Zat lain yang terkandung dalam tomat yakni asam folat. Zat ini membantu agar kadar homosistein tetap seimbang. Homosistein adalah asam amino yang dihasilkan dari pemecahan protein. Jika kadar homosistein seimbang, bisa mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Jika kamu bisa mengkonsumsi tomat secara rutin dan dengan porsi yang pas, maka kadar asam folat yang terkandung dalam tomat bisa membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, serangan jantung, dan stroke. Tak hanya itu saja, manfaat tomat untuk kesehatan, yakni bisa mencegah kerusakan otot, menjaga kepadatan tulang, dan mencegah batu ginjal.

23. Menjaga kesehatan mata.

Selain memiliki kandungan vitamin C yang banyak, tomat juga bisa membantu untuk melindungi mata dari kerusakan ringan. Tomat dapat memberikan asupan antioksidan likopen, lutein, dan beta-karoten yang sangat baik untuk mata.

Antioksidan disebut-sebut terbukti mampu untuk melindungi mata dari kerusakan paparan cahaya berlebihan, degenerasi makula karena faktor usia, serta katarak.

24. Menjaga berat badan.

Tomat bisa menjadi menu diet sehat. Tomat kaya akan nutrisi, namun tomat bersifat rendah kalori, karbohidrat, dan lemak. Tomat mampu menurunkan berat badan. Sebab, tomat memiliki berbagai kandungan gizi yang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi dietmu.

25. Menunjang kesehatan ibu hamil.

Ibu hamil dan menyusui memiliki kebutuhan gizi yang tinggi. Tomat merupakan salah satu buah yang bisa dikonsumsi untuk menjaga asupan gizi untuk ibu hamil dan menyusui. Dengan kandungan asam folat yang terjaga pada ibu hamil, bisa mengurangi risiko bayi terlahir dengan cacat saraf.

Ibu hamil dan menyusui, dapat memakan tomat secara langsung atau menjadikannya jus supaya lebih mudah untuk dikonsumsi. Lebih baik lagi jika tomat diolah tanpa gula, karena rasa dari tomat sendiri sudah manis meski tak ditambah pemanis.

Kendati demikian, studi telah membeberkan sederet manfaat tomat untuk kesehatan tubuh, namun tetap berhati-hati dalam mengonsumsi buah ini. Hal ini karena ditemukan bahwa sejumlah orang bisa mengalami alergi karena zat asam yang terkandung dalam tomat.

Related News