11 Manfaat oatmeal untuk wajah, mampu mengecilkan pori-pori

11 Manfaat oatmeal untuk wajah, mampu mengecilkan pori-pori

Brilio.net - Ada banyak manfaat oatmeal untuk wajah. Oatmeal sendiri merupakan makanan sehat yang dikenal oleh para pelaku diet. Biasanya, oatmeal dikonsumsi saat pagi hari pengganti nasi. Hadir dalam bentuk kemasan, oatmeal dianggap makanan yang sangat praktis dibuat. Kamu cukup menyeduhnya hingga menjadi bubur, kemudian biasa ditambahkan topping seperti buah, granola, kacang-kacangan.

Oatmeal mengandung serat yang sangat tinggi sehingga lebih cepat mengenyangkan para pelaku diet. Dalam 100 gram oatmeal mengandung 9,9-14,9 gram total serat. Jumlah tersebut menunjukkan bahwa oatmeal salah satu makanan instan yang aman untuk pencernaan.

Untuk kesehatan, oatmealkaya akan mineral seperti kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, dan asam folat. Ada juga asam ferulat, trikotienol, dan asam kafeat yang berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Karena kandungan serat, mineral, dan antioksidannya yang tinggi, oatmeal dapat mencegah penyakit kanker usus, obesitas, sembelit, jantung koroner, kolesterol, kanker payudara dan prostat.

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, oatmeal juga bermanfaat untuk kecantikan. Oatmeal sering dijadikan sebagai bahan alami untuk eksfoliasi atau pengelupasan. Pengelupasan menggunakan oatmeal bisa untuk mengangkat kotoran di wajah, mengangkat sel-sel kulit mati, membersihkan wajah, dan melembapkan kulit.

Sebuah penelitian dari Journal of Drugs in Dermatology, menunjukkan manfaat oatmeal untuk wajah sudah dirasakan sejak lama. Oatmeal sudah digunakan sejak berabad-abad tahun yang lalu untuk membantu menenangkan kulit dari iritasi di wajah.

Cara memanfaatkan oatmeal untuk wajah sangat mudah, cukup siapkan beberapa sendok oatmeal dalam mangkuk kemudian tambahkan air. Lalu bisa dicampur dengan beberapa bahan lainnya seperti madu, jeruk lemon, dan yogurt yang memiliki manfaat berbeda.

Lantas apa saja yah manfaat oatmeal untuk wajah? Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (14/2).

1. Melembapkan wajah

Manfaat oatmeal untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Manfaat oatmeal untuk wajah yang pertama adalah dapat melembapkan. Sebab dalam oatmeal mengandung protein dan vitamin E yang dapat mengurangi peradangan di wajah. Sifat antioksidan dalam oatmeal juga dapat menjaga kelembapan kulit wajah.

2. Meredakan gatal

Manfaat oatmeal untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Sebagai orang ketap mengalami masalah iritasi pada wajahnya. Wajah yang iritasi menyebabkan gatal dan muncul kemerahan. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi di dalamnya dapat mengatasi masalah iritasi dan gatal-gatal.

3. Sebagai eksfoliasi

Manfaat oatmeal untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Manfaat oatmeal selanjutnya adalah sebagai eksfoliasi alami. Dengan eksfoliasi itu, kamu bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran di wajah secara merata.

4. Melindungi kulit dari radikal bebas

Manfaat oatmeal untuk wajah

foto: Freepik/master1305

Paparan radikal bebas seperti paparan sinar matahari, debu, dan polusi sangat membahayakan untuk kulit. Karena bisa membuat wajah menjadi kusam, kering, dan muncul hiperpigmentasi.

Kamu bisa melindungi kulit dari radikal bebas dengan oatmeal. Sebab oatmeal mengandung flavonoid yang dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas. Oatmeal dapat membantu menyerap sinar matahari yang bagus untuk kulit.

5. Membersihkan wajah secara maksimal

Manfaat oatmeal untuk wajah

foto: Freepik/lookstudio

Bagi kamu yang memiliki masalah kulit kusam, hiperpigmentasi dan dan kulit berminyak, bisa diatasi dengan rutin menggunakan oatmeal. Sifat antioksidan pada oatmeal dapat menenangkan dan melembapkan kulit wajah.

6. Atasi masalah kulit sensitif

Manfaat oatmeal untuk wajah

foto: Freepik/diana.grytsku

Oatmeal mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang dapat mengatasi masalah kulit sensitif pada wajah. Ketika kamu mengalami iritasi, bisa gunakan masker oatmeal yang dioleskan ke wajah, dengan begitu wajah akan terasa lebih tenang.

7. Meratakan warna kulit

Manfaat oatmeal untuk wajah

foto: Freepik/diana.grytsku

Warna kulit belang atau tidak rata bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti paparan sinar matahari, jerawat, dan kulit kusam. Namun hal itu bisa diatasi dengan menggunakan campuran oatmeal dan yogurt. Kedua bahan tersebut mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit asal digunakan secara rutin.

8. Meredakan peradangan kulit

Manfaat oatmeal untuk wajah

foto: Freepik/benzoix

Masalah peradangan di wajah disebabkan karena kamu memiliki kulit yang sangat sensitif. Tak hanya menyakitkan, peradangan di wajah juga menurunkan kepercayaan diri karena muncul kemerahan di wajah. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan oatmeal. Kandungan antiinflamasi pada oatmeal mampu mengatasi peradangan pada kulit wajah

9. Merangsang produksi kolagen

Manfaat oatmeal untuk wajah

foto: Freepik/master1305

Manfaat lain dari oatmeal adalah dapat meningkatkan produksi kolagen. Kolagen yang terpenuhi dalam kulit dapat membuat wajah kamu lebih sehat, kenyal, dan kencang.

10. Menyerap minyak berlebih

Manfaat oatmeal untuk wajah

foto: Freepik/diana.grytsku

Bagi kamu yang memiliki masalah kulit berminyak. Bisa mengatasinya dengan oatmeal. Sebab oatmeal mampu menyerap minyak berlebih di wajah kamu. Dengan begitu kulit kamu akan terlihat lebih sehat.

11. Mengobati jerawat

Manfaat oatmeal untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Manfaat oatmeal untuk wajah yang terakhir adalah dapat mengobati jerawat. Kandungan zinc dalam oatmeal juga dapat mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, oatmeal cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

(brl/lak)

tags

Advertising
Advertising
STORIES