Brilio.net - Ada banyak manfaat masker madu untuk wajah yang bisa kamu rasakan. Madu sendiri merupakan salah satu bahan alami yang biasa digunakan dalam skincare. Di samping itu, madu diperkaya dengan vitamin dan mineral, seperti vitamin A dan D, asam amino, zat besi, zink, kalsium, dan natrium.

Selain itu, madu juga memiliki sifat antioksidan, antibakteri dan antiinflamasi yang sangat tinggi sehingga bagus untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah. Dengan banyaknya kandungan di dalamnya, tak heran bila madu sudah dijadikan sebagai bahan alami untuk menjaga kesehatan dan kecantikan sejak berjuta tahun yang lalu.

Dilansir dari Medical News Today, membahas mengenai sejarahnya, madu sudah ada lebih dari 4000 tahun yang lalu. Zaman dahulu, madu dijadikan sebagai bahan alami untuk obat-obatan, seperti meningkatkan sistem imun dan menambah energi para atlet.

Sementara itu, untuk wajah sendiri madu biasa kita temukan dalam skincare, Biasanya madu bermanfaat untuk melembapkan kulit. Kamu bisa membuat skincare dari madu dengan bahan-bahan yang ada di rumah lho. Salah satunya dengan menjadikan madu sebagai masker wajah. Kamu bisa menambahkan madu dengan bahan alami lainnya seperti gula, atau lemon sesuai dengan kebutuhan kulit.

Lantas apa saja yah manfaat madu untuk wajah dan bagaimana cara mengaplikasikannya? berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (8/2).

1. Sebagai anti aging

Manfaat masker madu untuk wajah ©

foto: Pexels/Shiny Diamond

Manfaat masker madu untuk wajah yang pertama sebagai anti aging. Kandungan mineral, vitamin, asam amino, dan antioksidan dalam madu dapat menutrisi kulit wajah sehingga tak hanya sehat, wajah juga akan terlihat lebih muda dan kencang.

Kamu bisa rutin menggunakan masker madu saat malam hari. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air biasa. Gunakan perawatan ini setiap malam untuk hasil yang maksimal.

2. Melembapkan kulit

Manfaat masker madu untuk wajah ©

foto: Pexels/Sasha Kim

Kita tahu kalau madu salah satu bahan alami yang sering kita jumpai dalam skincare. Salah satu manfaatnya adalah untuk melembapkan kulit. Sebab zat pemanis dalam madu dapat membantu mempertahankan kelembapan dan elstisitas kulit. Kamu bisa rutin menggunakan masker madu di rumah secara rutin.

Caranya siapkan satu sendok makan madu dan satu sendok teh air, Campur kedua bahan lalu oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

3. Menyembuhkan jerawat membandel

Manfaat masker madu untuk wajah ©

foto: Pexels/Anna Nekrashevich

Masalahan jerawat masih jadi hal yang menyebalkan bagi setiap orang yang mengalaminya. Kita bisa mengatasi jerawat dengan menggunakan madu. Sebab zat antiinflamasi dan antibakteri pada madu dapat meredakan peradangan dan jerawat. Saat muncul peradangan, kamu bisa mengoleskan madu di wajah secara rutin setiap malam. Rutin menggunakan perawatan tersebut, wajah akan kembali bersih dan sehat.

4. Melindungi kulit dari radikal bebas

Manfaat masker madu untuk wajah ©

foto: Pexels/Ron Lach

Kerusakan kulit akibat radikal bebas pastinya sangat membahayakan. Selain dapat menyebabkan kulit menjadi, kusam, kering, dan muncul penuaan, penampilan kita juga menjadi kurang menarik. Untuk itu kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan madu. Sifat antioksidan dalam madu dapat melindungi kerusakan kulit atau yang disebut dengan stress oksidatif. Hal itu terjadi biasanya karena jumlah radikal bebas yang menempel di wajah melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Kamu bisa rutin menggunakan masker madu saat malam hari agar hasil maksimal.

5. Mencerahkan kulit wajah

Manfaat masker madu untuk wajah ©

foto: Pexels/Jan Valle

Memiliki kulit yang cerah, siapa yang tidak ingin? Semua orang pasti ingin memilikinya, Tak heran bila mereka rela mengeluarkan biaya besar untuk menunjukan penampilan wajahnya yang lebih cera. Salah satu cara yang bisa kami lakukan adalah dengan menggunakan masker madu. Masker madu ini dapat membuat wajah cerah secara alami, sebab banyak kandungan vitamin dan mineral yang bagus untuk kulit. Cara menggunakannya, aplikasikan madu ke wajah secara merata, kemudian diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air biasa. Kamu bisa melakukan perawatan ini saat pagi dan malam hari selama dua kali dalam seminggu.

6. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Manfaat masker madu untuk wajah ©

foto: Pexels/Olya Kobruseva

Sebagian orang pasti pernah mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Kasus tersebut biasanya terjadi karena terlalu banyak bibir yang terpapar bahan kimia atau radikal bebas. Pasalnya bibir salah satu bagian kulit yang sangat sensitif. Untuk itu kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan madu. Madu dipercaya dapat membantu melembapkan kulit bibir dan memperbaiki kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Caranya, aplikasikan madu setiap malam ke bibir, dan diamkan semalaman. Keesokan paginya bilas dengan air biasa. Tak hanya melembapkan, madu juga dapat mengembalikan warna alami pada bibir.

7. Menenangkan kulit

Manfaat masker madu untuk wajah ©

foto: Pexels/Olya Kobruseva

Ketika memiliki kulit sensitif memang perlu melakukan perawatan ekstra untuk menjaga kesehatannya. Salah satunya dengan memanfaatkan masker madu untuk wajah. Kandungan antibakteri dan antiinflamasi pada madu dapat membantu menenangkan kulit sensitif. Saat mengalami alergi kamu bisa langsung mengaplikasikan madu secara merata. Gunakan secara rutin saat malam hari agar hasil maksimal.

8. Menyembuhkan luka jerawat

Manfaat masker madu untuk wajah ©

foto: Pexels/Anna Nekrashevich

Dilansir dari Healthline, dalam sebuah penelitian mengungkapkan kandungan kimiawi ada madu terutama gula memiliki osmolaritas tinggi. Osmolalitas ini bisa membuat mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan jamur berkembang. Zat pemanis dari gula itu bisa memproduksi hidrogen peroksida yang bersentuhan dengan luka sehingga dapat membantu menyembuhkan luka.

Caranya cukup oleskan madu ke area wajah yang memiliki luka, lalu diamkan selama semalaman dan bilas dengan air biasa. Lakukan perawatan ini hingga luka jerawat mengering dan sembuh.

9. Mengangkat komedo

Manfaat masker madu untuk wajah ©

foto: Pexels/cottonbro

Manfaat masker madu untuk wajah selanjutnya adalah dapat mengangkat komedo. Munculnya komedo disebabkan oleh tersumbatnya kelenjar minyak di wajah sehingga menyebabkan komedo. Bila dibiarkan, kulit wajah akan menyebabkan peradangan dan jerawat. Cara mengatasinya dengan menggunakan masker madu, Caranya, campurkan satu sendok madu dengan gula pasir, kemudian oleskan ke wajah dan jadikan sebagai scrub. Lakukan perawatan ini satu kali dalam seminggu saat malam hari.

10. Menghilangkan bekas jerawat

Manfaat masker madu untuk wajah ©

foto: Pexels/Anna Nekrashevich

Kandungan antioksidan dan antiseptik dalam madu dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Caranya, oleskan oleskan pada wajah secara merata saat malam hari, diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air biasa. Perawatan ini bisa dilakukan saat malam hari.

11. Sebagai eksfoliator alami

Manfaat masker madu untuk wajah ©

foto: Pexels/Kampus Produstion

Manfaat masker wajah yang terakhir adalah sebagai eksfoliasi alami. Caranya, campurkan madu dengan gula merah yang sudah dicincang halus, kemudian oleskan pada wajah sambil digosok dan di pijat halus. Rutin melakukan perawatan ini, wajah akan terasa lebih halus, lembut, dan bercahaya.

(brl/guf)

Related News

(brl/guf)