Brilio.net - Madu dianggap salah salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan beberapa produk kecantikan menggunakan madu sebagai bahan dasarnya. Dalam bentuk alaminya, madu diproduksi oleh aktivitas enzim, materi tanaman, dan bakteri hidup yang bersatu untuk menciptakan bahan yang kuat dengan ratusan kegunaan.

Proses unik yang menghasilkan madu membuatnya sangat berharga untuk penggunaan kosmetik, seperti membersihkan jerawat, menyembuhkan bekas luka, dan meratakan warna kulit.

Dilansir dari, purewow.com, madu dibuat secara alami oleh lebah yang mengumpulkan nektar bunga dan menyimpannya di sarang lebah. Cairan itu dipenuhi sekitar 300 bahan yang membantu kulit berminyak dan kering, beberapa yang terkenal adalah vitamin B, kalsium, seng, kalium, dan zat besi. Madu kaya akan antioksidan, antibakteri, dan memiliki aktivitas enzim yang membantu membuat kulit bercahaya.

Dilansir brilio.net dari healthline.com, Senin (19/7), madu mempercepat proses penyembuhan sel-sel kulit. Jika terdapat noda hitam pada wajah, bahkan munculnya kemerahan, maka madu dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi peradangan. Madu sangat efektif dalam menyembuhkan luka dengan cepat.

Loading...

Lalu apa saja sih manfaat madu lainnya untuk wajah? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Senin (19/7).

1. Melembabkan kulit wajah.
foto: pexels.com

Kelebihan madu ini menjadi alasan mengapa hampir setiap produk kecantikan menggunakan madu sebagai bahan dasarnya. Enzim yang ada dalam madu dengan mudah meresap ke dalam kulit sambil mengkondisikannya dan melembutkannya dari dalam.

Cara menggunakannya:

Gunakan satu sendok madu pada kulit yang bersih dan kering, dan diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air dingin.

2. Memudarkan bekas luka.
foto: pexels.com

Madu adalah pelembab alami sekaligus antiseptik alami. Tidak hanya membuat kulit menjadi lebih halus dan lembab, namun juga bisa memudarkan luka. Selain itu, antioksidan yang ada dalam madu membantu memperbaiki kulit yang rusak.

Cara menggunakannya:

Campurkan satu sendok madu dengan satu sendok minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan ke area yang terkena, dan pijat dengan ujung jari, dengan gerakan melingkar selama satu hingga dua menit. Letakkan kain yang sudah dibasuh dengan air hangat di atas kulit wajah yang mengalami luka. Diamkan hingga dingin. Lakukan setiap hari agar luka cepat memudar.

3. Mengecilkan pori-pori.
foto: pexels.com

Menjadikan madu sebagai masker wajah akan membuat pori-pori mengecil, bahkan mampu menghilangkan komedo. Hal ini dikarena madu mengandung antioksidan, antiseptik, dan sifat antibakteri, madu membantu membersihkan kulit dari komedo dengan menghilangkan kotoran dari pori-pori.

Cara menggunakannya:

Campurkan satu sendok madu dengan dua sendok minyak jojoba atau minyak kelapa. Oleskan ke kulit yang bersih dan kering, dan pijat dengan lembut, secara melingkar. Hindari area mata dan alis dengan air dingin.

4. Mengatasi luka bakar
foto: pexels.com

Madu dikenal sebagai salah satu pengobatan rumah terbaik untuk mengobati luka bakar. Madu meningkatkan penyembuhan dengan mengurangi peradangan dan memberikan nutrisi ke jaringan yang rusak.

Cara menggunakannya:

Campurkan satu bagian madu murni dengan dua bagian gel lidah buaya. Oleskan dengan lembut ke kulit yang terbakar.

5. Mencegah penuaan dini.
foto: pexels.com

Antioksidan alami yang ada dalam madu membantu mengontrol kerutan dan garis halus di wajah. Mengoleskan madu pada wajah dalam bentuk masker akan membantu meningkatkan elastisitas kulit, sehingga membuatnya tampak awet muda dan bercahaya.

6. Menghidrasi kulit.
foto: pexels.com

Madu adalah humecant alami, yang berarti menarik kelembapan ke dalam kulit dari udara. Oleh karena itu, pengaplikasian madu pada wajah, baik secara langsung maupun dalam bentuk paket wajah madu alami, adalah cara terbaik untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, segar dan kenyal setiap saat.

7. Atasi masalah jerawat.
foto: pexels.com

Madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang membantu tidak hanya menghilangkan minyak berlebih dari permukaan kulit tetapi juga membersihkan penyumbatan atau pori-pori yang tersumbat, yang jika tidak diobati dapat menyebabkan jerawat.

Cara menggunakannya:

Oleskan madu mentah pada jerawat. Biarkan selama 15-20 menit dan bilas air bersih.

8. Membuat wajah lebih glowing.
foto: pexels.com

Menggunakan madu secara rutin sebagai masker dapat membuat kulit wajah lebih glowing. Kandungan baik pada madu bisa membuat kulit lebih kenyal.

9. Atasi iritasi kulit.
foto: pexels.com

Kulit terkadang mengalami iritasi, entah itu terlalu sering terpapar sinar matahari atau menggunakan produk-produk kecantikan tertentu. Madu membantu mengatasi iritasi kulit dan melakukan regenerasi kulit, sehingga kulit menjadi lebih cerah dan lembut.

Cara menggunakannya:

Campurkan dua sendok madu dengan satu sendok baking soda. Kemudian gosokkan secara perlahan pada wajah yang sudah dibersihkan. Kemudian bilas hingga bersih.

10. Mencerahkan kulit wajah.
foto: pexels.com

Madu bisa menjadi bahan alami untuk membuat wajah menjadi lebih cerah merata.

Cara menggunakannya.

1. Campurkan jus tomat dengan satu sendok teh madu membantu mengurangi tanda cokelat, mencerahkan warna kulit dan menghilangkan bintik-bintik dan noda. Lakukan dua kali dalam seminggu dengan menjadikannya masker alami.

2. Tambahkan 1 sdt madu ke salah satu bagian lemon. Kemudian gosokkan ke wajah dengan lembut dan diamkan selama 5 menit, kemudian bilas hingga bersih.

11. Membantu mengurangi kerutan di wajah.
foto: pexels.com

Kamu dapat menggunakan madu sebagai bahan alami untuk mengurangi kerutan. Berikut caranya penggunaannya.

Campurkan madu dengan susu atau dadih untuk mengurangi garis-garis halus dan kerutan. Setelah diaplikasikan ke wajah, diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih.


keyword: Manfaat madu untuk wajah