Brilio.net - Kiwi merupakan buah asal Selandia Baru yang memiliki rasa cenderung asam. Meskipun harganya terhitung mahal, kiwi cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung, dijadikan smoothies, hingga campuran salad. Selain rasanya yang enak dan segar, kiwi juga memiliki beragam kandungan zat yang baik untuk kecantikan.

Beberapa nutrisi dalam kiwi yang baik untuk kecantikan adalah antioksidan, vitamin E, dan C. Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/7), inilah manfaat kiwi untuk kecantikan.

1. Mengencangkan kulit.

kiwi untuk kecantikan © 2021 brilio.net

Loading...

foto: pexels.com

Mengutip livestrong.com, konsumsi kiwi dapat mengencangkan kulit karena mengandung vitamin C. Kandungan tersebut membantu tubuh memproduksi kolagen yang berfungsi untuk mengencangkan kulit.

Keluhan kulit yang tak lagi kencang maupun tidak elastis sering terjadi karena produksi kolagen semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Dengan demikian, kiwi pun baik dikonsumsi untuk mencegah maupun mengatasi kulit yang tidak kencang.

2. Mempercepat penyembuhan luka.

kiwi untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Luka pada kulit sering kali mengganggu penampilan dan mengurangi estetika. Namun, hal tersebut mulai dapat teratasi dengan konsumsi kiwi yang kaya akan vitamin C.

Dilansir dari livestrong.com, vitamin C pada kiwi jauh lebih tinggi daripada jeruk, sehingga mampu menyembuhkan luka dengan lebih cepat dan merawat kulit supaya tidak kasar akibat luka yang dimiliki.

3. Melindungi kulit dari sinar matahari.

kiwi untuk kecantikan Maggie Zhan from Pexels

foto: pexels.com

Dikutip dari Medical News Today, kiwi mampu melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari yang membuat kulit kusam, cepat mengalami penuaan, hingga terkena kanker kulit. Masalah ini dapat diatasi dengan konsumsi kiwi karena mengandung vitamin E yang menutrisi sekaligus melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari.

4. Mencegah kerutan wajah.

kiwi untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Sebagaimana disinggung sebelumnya, kiwi memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit menjadi lebih elastis. Selain membuat kulit elastis, kiwi juga mengandung vitamin C, E, dan sifat antioksidan yang dapat mencegah terjadinya penuaan pada wajah. Antioksidan pada kiwi dapat menetralkan dan mencegah paparan radikal bebas yang memicu terjadinya penuaan pada kulit wajah.

5. Meningkatkan kualitas tidur.

kiwi untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Meskipun terkesan tak ada hubungannya dengan kecantikan, ternyata kualitas tidur yang buruk dapat berpengaruh pada kecantikan kulit wajah. Kualitas tidur yang buruk dapat menyebabkan kulit lebih cepat mengalami penuaan, berjerawat, kulit terlihat pucat, hingga kantung mata yang besar. Walaupun seseorang telah mengonsumsi beragam nutrisi atau mengenakan skincare tanpa diimbangi pola tidur yang baik, kecantikan kulit pun akan terlihat kurang maksimal.

Dikutip dari healthline.com, konsumsi kiwi mampu meningkatkan kualitas tidur dan memperbaiki gangguan tidur yang kerap dialami banyak orang. Kemampuan kiwi untuk meningkatkan kualitas tidur ini berasal dari kandungan antioksidan dan serotonin. Dengan demikian, disarankan untuk mengonsumsi kiwi agar kualitas tidur semakin baik dan kecantikan kulit tetap terjaga.

6. Mengontrol berat badan.

kiwi untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Kiwi dapat mengontrol berat badan karena memiliki kalori yang rendah dan kaya akan nutrisi yang akan tetap membuat tubuh menjadi sehat.

7. Mencerahkan wajah.

kiwi untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Dikutip dari drhealthbenefit.com, kiwi yang mengandung vitamin E mampu membuat kulit wajah terlihat lebih cerah dan tidak kusam. Selain vitamin E, efek mencerahkan wajah juga terjadi karena kiwi mengandung vitamin C yang dapat merangsang pembentukan sel kulit baru. Dengan demikian, sel-sel kulit mati yang menyebabkan wajah kusam dapat tergantikan dengan sel-sel kulit baru yang lebih cerah. Bahkan, kandungan vitamin C ini juga berperan penting dalam pembentukan kolagen yang membuat kulit lebih cerah, sehat, dan segar.

Cara mencerahkan wajah dengan buah kiwi adalah menghaluskan buah kiwi. Kemudian oleskan kiwi yang telah dihaluskan ke bagian wajah dan leher. Diamkan kiwi selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

8. Mengecilkan pori-pori wajah.

kiwi untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Walaupun tidak berbahaya, pori-pori wajah yang besar membuat kurang percaya diri untuk sebagian besar orang. Selain mengurangi kecantikan, pori-pori besar juga berpotensi memproduksi minyak berlebih dan mudah dimasuki kotoran maupun bakteri. Oleh karena itu, pori-pori besar dapat menjadi salah satu pemicu wajah terlihat kusam dan berjerawat.

Untuk mengecilkan pori-pori wajah, bersihkan wajah dengan air hangat. Kemudian haluskan kiwi dan oleskan pada bagian wajah hingga merata. Setelah itu diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air dingin hingga bersih.

9. Melembapkan kulit.

kiwi untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Kiwi dapat melembapkan kulit karena mengandung asam omega 3. Tak hanya membuat kulit terasa lembap, kiwi juga bisa mengatasi kulit kasar karena terlalu kering hingga mengelupas. Untuk melembapkan kulit, campurkan kiwi yang telah dihaluskan dengan minyak zaitun dan telur. Kemudian oleskan di bagian wajah atau bagian kulit yang kering lainnya secara merata. Setelah itu, diamkan selama 20-30 menit dan bilas dengan air dingin hingga bersih.

10. Mengobati jerawat.

kiwi untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Dilansir dari drhealthbenefit.com, kiwi juga bisa mengatasi jerawat karena mengandung vitamin C. Cara menggunakan kiwi untuk mengobati jerawat adalah haluskan kiwi, kemudian campurkan dengan perasan jeruk lemon. Oleskan campuran tersebut ke bagian wajah dan diamkan selama 30 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air hingga bersih.

11. Mengatasi kulit berminyak.

kiwi untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Tak hanya mengatasi jerawat dan pori-pori besar saja, kiwi juga bisa mengontrol minyak berlebih pada wajah. Minyak berlebih pada wajah dapat menyebabkan wajah kusam dan mudah berjerawat. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan mengaplikasikan campuran kiwi dan madu pada wajah. Setelah diaplikasikan pada wajah, kemudian diamkan campuran madu dan kiwi tersebut hingga mengering. Terakhir, bilas wajah dengan air dingin hingga bersih.

Related News