Brilio.net - Memiliki kulit yang sehat dan bersih merupakan impian setiap wanita. Bahkan wajah salah satu aset yang dapat menunjang penampilan. Namun ada saja masalah wajah yang dialami, seperti jerawat, kulit kering, berminyak, flek hitam, hingga komedo. Masalah-masalah wajah seperti itu tentu sangat mengganggu penampilan.

Kamu bisa menghilangkan masalah kulit wajah dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan bahan alami seperti jeruk nipis. Selain dinikmati sebagai minuman, campuran jeruk nipis dapat membuat makanan dan minuman terasa lebih segar.

Di beberapa negara, jeruk nipis biasa digunakan untuk membuat selai, acar, permen, hingga koktail. Selain buahnya, ekstrak dari kulit jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai bahan alami membuat produk perawatan kulit dan rambut seperti pasta gigi, sabun, deodoran, minyak rambut, minyak tubuh, disinfektan, dan obat kumur.

Tak hanya itu, dilansir dari Healthline, jeruk nipis memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, seperti membantu meningkatkan sistem imun, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mengurangi risiko penyakit kanker. Selain itu kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Loading...

Vitamin C pada jeruk nipis ini dapat memproduksi kolagen sehingga membuat kulit lebih kencang dan kenyal. Kandungan antioksidan yang tinggi pada jeruk nipis membantu memerangi perubahan kulit terutama pada usia lanjut. Manfaat jeruk nipis lainnya dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Kali ini brilio.net akan merangkum manfaat jeruk nipis untuk wajah. Berikut ulasannya seperti dilansir dari healthline dan stylecraze.com, Minggu (16/1).

1. Membantu meremajakan kulit.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah ©

foto: Freepik/cookie_studio

Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang pertama adalah dapat membantu meremajakan kulit. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C dan flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan dan dapat membuat kulit lebih sehat. Kamu bisa rutin mengonsumsi air jeruk nipis saat pagi hari. Bila tak kuat dengan rasa asamnya, kamu bisa mencampurkannya dengan satu sendok teh madu.

2. Menyamarkan flek hitam.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah ©

foto: freepik.com

Masalah flek hitam di wajah jadi permasalahan yang hingga kini dialami banyak orang. Munculnya flek hitam disebabkan oleh paparan sinar matahari, penggunaan skincare yang tidak cocok, hingga sebagai tanda penuaan. Untuk mengatasi masalah flek hitam, kamu bisa menggunakan jeruk nipis. Caranya, siapkan perasan jeruk nipis kemudian oleskan ke area wajah yang memiliki flek hitam dengan kapas. Kemudian diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air biasa.

Untuk melakukan metode ini, kamu juga harus melihat kondisi kulit kamu. Bila kamu memiliki kulit kering, cukup satu kali dalam seminggu, sebab zat asam pada jeruk nipis bisa membuat kulit kamu semakin mengering dan rentan mengalami iritasi.

3. Sebagai antiaging.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah ©

foto: Freepik/wayhomestudio

Masalah penuaan pasti menjadi hal yang menakutkan bagi beberapa orang, apalagi tanda penuaan muncul saat usianya masih muda atau biasa disebut dengan penuaan dini. Munculnya penuaan dini biasanya dengan tanda-tanda kerutan halus di area mata dan dahi. Selain itu juga muncul flek hitam yang sangat mengganggu.

Kamu bisa mengatasi masalah penuaan dini dengan menggunakan jeruk nipis. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat melindungi sel-sel terluar kulit sehingga dapat melawan tanda-tanda penuaan. Caranya cukup mudah, kamu bisa rutin mengonsumsi jeruk nipis. Selain bagus untuk kesehatan, air jeruk nipis juga bagus untuk melindungi kulit dari dalam.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan masker jeruk nipis. Peras satu buah jeruk nipis kemudian tambahkan madu secukupnya, setelah itu oleskan pada wajah, diamkan selama 10-15 menit, bilas dengan air bersih.

4. Membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah ©

foto: Freepik/kroshka_nastya

Munculnya sel kulit mati di wajah menyebabkan kulit tampak kusam dan tidak bercahaya. Penampilan pun jadi tidak menarik. Wajah yang kusam biasanya disebabkan karena paparan sinar matahari dan juga debu serta polusi. Kamu bisa mengatasi masalah itu dengan menggunakan jeruk nipis. Kandungan asam sitrat yang terkandung dalam di dalamnya dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.

Caranya, siapkan satu jeruk nipis kemudian peras airnya, tambahkan madu dan gula secukupnya. Kemudian aplikasikan ke wajah sebagai scrub. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Mengatasi jerawat.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah ©

foto: Freepik/wayhomestudio

Munculnya jerawat disebabkan karena beberapa faktor, seperti hormon, paparan polusi dan debu, serta produksi minyak berlebih yang menyumbat di pori-pori. Jerawat yang muncul di wajah sangat mengganggu penampilan. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan jeruk nipis, sifat antibakteri dalam jeruk nipis membantu mengurangi penyebaran bakteri di wajah yang menyebabkan jerawat. Selain itu jeruk nipis juga dapat mengecilkan pori-pori.

Caranya, kamu bisa campurkan air perasan jeruk nipis dengan madu, kemudian aplikasikan ke wajah secara merata. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air biasa.

6. Membuat wajah glowing.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah ©

foto: Freepik/drobotdean

Memiliki wajah glowing pastinya keinginan banyak orang karena terlihat lebih menarik. Kulit wajah pun tampak lebih sehat. Kamu bisa memiliki wajah glowing dengan menggunakan perawatan jeruk nipis dari dalam. Caranya, kamu bisa rutin mengonsumsi jeruk nipis yang dicampur satu gelas air hangat dan madu. Dengan minum air jeruk nipis rutin setiap pagi, wajah kamu akan terlihat lebih bercahaya.

7. Mengecilkan pori-pori.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah ©

foto: Freepik/macrovector

Kandungan senyawa astringen dalam jeruk nipis dapat membantu mengencangkan otot kulit. Senyawa tersebut juga sering digunakan dalam produk kecantikan. Kamu bisa mengecilkan pori-pori dengan jeruk nipis. Caranya dengan membuat masker jeruk nipis. Siapkan dua sampai tiga sendok makan perasan jeruk nipis, kemudian campurkan dengan madu. Oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air biasa.

8. Mengurangi kerutan.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah ©

foto: Freepik/macrovector

Munculnya kerutan di wajah juga sebagai tanda penuaan. Kamu bisa mengatasi kerutan dengan jeruk nipis. Sebab vitamin C pada jeruk nipis dalam memproduksi kolagen dan menghasilkan protein pada kulit, sehingga kulit lebih kencang.

Kamu cukup mengonsumsi perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat. Kemudian konsumsi setiap pagi selama tiga minggu untuk mendapat hasil yang optimal.

9. Mencerahkan kulit.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah ©

foto: freepik.com

Manfaat jeruk nipis untuk wajah juga bisa untuk mencerahkan lho. Kandungan asam sitrat, dapat membantu sebagai eksfoliator alami dan membantu pertumbuhan sel kulit yang baru.

Caranya, bersihkan wajah kemudian peras jeruk nipis. Setelah itu oleskan perasan jeruk nipis ke wajah secara merata. Diamkan selama 5-10 menit, bilas dengan air. Lakukan perawatan ini setiap hari dan kamu akan melihat hasilnya dalam beberapa minggu. Namun bagi kamu yang memiliki kulit sensitif tidak dianjurkan untuk melakukan perawatan ini karena akan membuat kulit mengalami iritasi.

10. Menangkal radikal bebas.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah ©

foto: Freepik/nakaridore

Radikal bebas yang berasal dari paparan sinar matahari, debu, dan polusi dapat menyebabkan penuaan dan kerusakan jaringan. Fungsi jeruk nipis untuk wajah dapat menangkal radikal bebas karena mengandung antioksidan di dalamnya. Kamu bisa mengonsumi air jeruk nipis rutin setiap pagi. Nantinya radikal bebas tersebut akan dikeluarkan lewat urin.

11. Melembapkan kulit.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah ©

foto: Freepik/diana.grytsku

Manfaat jeruk nipis untuk wajah yang terakhir adalah untuk melembapkan. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat menghidrasi dengan maksimal sehingga kulit lebih lembap dan kenyal.

Caranya, kamu harus rutin mengoleskan air perasan jeruk nipis dan dijadikan sebagai masker. Setelah itu diamkan lima menit, bilas dengan air. Perawatan ini cukup dilakukan sekali dalam seminggu.

(brl/lin)

Related News

(brl/lin)