11 Jenis facial wajah dan manfaatnya, bikin kulit bersih dan cerah

11 Jenis facial wajah dan manfaatnya, bikin kulit bersih dan cerah

Brilio.net - Aktivitas yang padat dan seringnya berkegiatan di luar ruangan membuat kulit wajah akan terlihat lebih kusam. Tak hanya itu, kulit yang sering terpapar oleh sinar matahari akan membuat kulit menjadi lebih berminyak.

Kulit yang berminyak akan menyebabkan munculnya jerawat akibat paparan radikal bebas yang menempel di wajah. Oleh karena itu, perawatan wajah perlu dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Perawatan wajah bisa dilakukan dengan menggunakan produk skincare hingga melakukan perawatan di klinik kecantikan.

Salah satu metode perawatan yang bisa dilakukan di klinik kecantikan adalah facial. Facial menjadi salah satu solusi praktis yang dapat menjadi pilihan terbaik bagi sebagian orang. Facial wajah merupakan salah satu jenis perawatan kulit yang umum dilakukan. Metode perawatan ini dianggap efektif untuk meremajakan kulit wajah dan mengatasi masalah tertentu pada wajah, misalnya jerawat dan komedo.

Facial wajah umum dilakukan sebagai salah satu cara untuk membersihkan wajah, mengurangi penyumbatan pori-pori kulit akibat komedo dan jerawat, meremajakan kulit wajah, serta membuat kulit wajah tampak lebih bersih, segar, dan awet muda.

Sebelum membahas jenis-jenis facial wajah yang ada, facial wajah ada beberapa tahapan yang dilakukan selama prosedur facial wajah berlangsung. Setiap tahapan tersebut memiliki manfaat tersendiri untuk kulit. Tahapannya yaitu membersihkan wajah secara menyeluruh dengan metode deep cleansing, melembutkan wajah dengan uap untuk membuka pori-pori wajah, melakukan prosedur facial, menggunakan masker wajah, dan yang terakhir adalah menggunakan toner wajah.

Terdapat beberapa jenis facial wajah, mulai dari facial untuk kulit normal, berjerawat, hingga metode facial dengan menggunakan bahan tertentu. Lantas apa saja jenis facial wajah? Berikut 11 jenis facial wajah dan manfaatnya yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/3).

1. Normal facial.

11 Jenis facial wajah dan manfaatnya freepik.com

foto: freepik.com

Normal facial merupakan facial yang paling umum ditemukan di berbagai klinik kecantikan. Normal facial ini menggunakan teknik memijat dengan difokuskan di beberapa titik wajah guna melancarkan peredaran darah, sehingga manfaat dari normal facial dapat mengangkat sel kulit mati, serta membuat kulit jadi lebih sehat dan glowing.

Normal facial bisa digunakan untuk semua jenis kulit, mulai kulit berminyak, kering, kombinasi, hingga normal. Namun, bagi yang sedang berjerawat sebaiknya tunggu dulu hingga mengempis, ya.

2. Acne facial.

11 Jenis facial wajah dan manfaatnya freepik.com

foto: freepik.com

Sesuai namanya, acne facial bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah. Fokus acne facial adalah melakukan pengangkatan sel kulit mati dengan metode glycolic acid exfoliation.

Untukmu yang memiliki permasalahan jerawat, wajib untuk melakukan perawatan yang satu ini. Memang ada banyak cara tradisional dan produk skincare untuk mengatasi masalah jerawat, tapi jika semakin parah dan ingin lebih praktis, tidak ada salahnya untuk mencoba acne facial ini.

Tak hanya itu, jenis facial ini juga mampu mengatasi jerawat yang diakibatkan faktor hormonal. Bagi pemilik kulit berminyak, perawatan ini sangat cocok untukmu.

3. Antioxidant facial.

11 Jenis facial wajah dan manfaatnya freepik.com

foto: freepik.com

Antioxidant facial bermanfaat untuk meremajakan kulit yang sehari-hari terpapar polusi udara. Krim dan masker yang digunakan dalam metode ini adalah vitamin A, vitamin E, dan betakaroten yang mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Bagi kamu yang sering berkegiatan di luar ruangan dan terpapar polusi udara setiap harinya, kamu bisa segera mencoba perawatan antioxidant facial. Dengan jenis facial ini, kondisi kulit wajahmu akan kembali baik, karena antioxidant facial memiliki manfaat untuk meremajakan kulit wajahmu.

4. Oxygen facial.

11 Jenis facial wajah dan manfaatnya freepik.com

foto: freepik.com

Teknik facial ini cocok untuk yang punya kulit wajah kusam dan keriput. Seperti namanya, oxygen facial mengandalkan penyemprotan cairan oksigen guna mengangkat kotoran, serta memberikan oksigen pada pori-pori kulit sehingga berbagai masalah pada kulit bisa hilang, dan kulit tampak lebih cerah.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan hasil yang instan dan maksimal dengan facial ini. Namun sayangnya hasil dari facial yang satu ini tidak mampu bertahan lama.

5. Microdermabrasion facial.

11 Jenis facial wajah dan manfaatnya freepik.com

foto: freepik.com

Microdermabrasion facial juga salah satu jenis facial yang cocok untuk pemilik kulit berjerawat. Microdermabrasion facial merupakan jenis facial yang sangat ampuh untuk mengatasi segala macam permasalahan pada wajah.

Selain itu, untukmu yang ingin mengembalikan tekstur kulit yang kasar menjadi lebih halus pun dapat mencoba jenis facial ini. Mikrodermabrasi facial adalah prosedur perawatan dan peremajaan pada kulit wajah dengan menggunakan teknik pengelupasan kulit, sehingga sel-sel kulit wajah yang mati terangkat.

6. Whitening facial.

11 Jenis facial wajah dan manfaatnya freepik.com

foto: freepik.com

Seperti namanya, whitening facial dapat membantu mencerahkan wajah. Perawatan wajah dengan facial ini selain dapat mencerahkan, dapat juga menghancurkan efek radikal bebas yang menjadi penyebab kulit kusammu.

Kamu yang setiap harinya selalu terkena paparan sinar matahari, wajib mencoba perawatan whitening facial ini. Whitening facial lebih mengutamakan pada eksfoliasi kulit untuk mengeluarkan kotoran dan sel kulit mati penyebab wajah kusam.

7. Gold facial.

11 Jenis facial wajah dan manfaatnya freepik.com

foto: freepik.com

Gold facial adalah salah satu jenis facial yang pertama kali dikenalkan oleh negara Jepang. Facial jenis ini merupakan facial dengan memadukan bahan Gamma PGA yang mengandung emas 24 karat ini dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi berbagai macam permasalahan. Seperti, melawan radikal bebas, mengatasi masalah penuaan kulit, menyegarkan, membuat kulit sehat, kencang, dan tampak bersinar. Kandungan emas akan masuk ke dalam kulit dan membantu menghilangkan racun. Perawatan gold facial mampu membuat kulit menjadi lebih bersinar dan tampak muda.

8. LED facial.

11 Jenis facial wajah dan manfaatnya freepik.com

foto: freepik.com

LED facial sangat cocok untukmu yang memiliki masalah penuaan, kerutan, kulit kemerahan, sampai jerawat. Jenis facial ini akan menggunakan sinar khusus yang bermanfaat untuk menstimulus pertumbuhan sel kulit, sehingga berbagai macam permasalahan kulit wajahmu dapat diatasi tanpa rasa sakit.

Tanpa rasa sakit, teknik LED facial bisa mengatasi jerawat sekaligus mencegah penuaan. Facial ini disarankan untuk yang sudah berusia lebih dari 30 tahun.

9. Fruit acid facial.

11 Jenis facial wajah dan manfaatnya freepik.com

foto: freepik.com

Sesuai dengan namanya, fruit acid facial mengandalkan manfaat buah-buahan untuk mengatasi masalah pada wajah. Seluruh produk yang digunakan berasal dari buah-buahan asam, seperti lemon, apel, hingga jeruk. Manfaat fruit acid facial membuat kulit lebih bersih, terhidrasi, dan teksturnya membaik.

Manfaat yang berbeda-beda dari tiap buah berfungsi sebagai scrub dan pembersih wajah. Kandungan dalam lemon bisa mencerahkan warna kulit, sementara apel dengan malic acid di dalamnya bisa mengangkat sel kulit mati dengan baik.

10. Anti-aging facial.

11 Jenis facial wajah dan manfaatnya freepik.com

foto: freepik.com

Selain LED facial yang dapat membantu menyamarkan kerutan halus pada wajah, bagi kamu yang berusia lebih dari 30 tahun juga cocok mencoba jenis facial ini. Anti-aging facial menggunakan tahapan yang tidak jauh berbeda dengan facial normal, hanya saja digunakan bahan seperti kolagen dan serum antioksidan untuk meremajakan kulit. Sel kulit mati akan terangkat dan pori-pori dibersihkan dalam perawatan anti-aging facial.

11. Gem facial.

11 Jenis facial wajah dan manfaatnya freepik.com

foto: freepik.com

Gem facial merupakan jenis facial yang menggunakan gem jenis tertentu seperti amber atau onyx sebagai sumber perawatan. Gem akan dipadukan dengan minyak aromaterapi dan antioksidan untuk merangsang titik-titik sensitif pada wajah.

Jenis facial ini bermanfaat untuk meremajakan kulit wajah dan membuat wajah menjadi lebih rileks. Kamu juga bisa mencoba jenis facial ini untuk membuat pikiranmu lebih rileks.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES