Brilio.net - Memiliki tubuh yang ideal merupakan salah satu hal yang didambakan oleh banyak orang. Banyak orang di luar sana yang berusaha menjaga pola makan dan gaya hidupnya supaya memiliki tubuh ideal dan sehat.

Biasanya, orang-orang kerap mengeluhkan berat badan berlebih yang membuat penampilan kurang menarik atau lebih rentan terkena penyakit. Meskipun lebih banyak orang yang menginginkan berat badannya turun dan tubuhnya terlihat ideal, ada pula orang-orang yang ingin menaikkan berat badannya.

Menaikkan berat badan biasanya dilakukan karena tubuh terlihat terlalu kurus, sehingga merasa kurang percaya diri. Upaya menaikkan berat badan pun bukanlah perkara mudah, bahkan banyak orang yang sudah berusaha makan dengan porsi banyak pun timbangan badannya tak kunjung bertambah.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (2/7), inilah cara meningkatkan berat badan secara alami, aman, dan mudah dilakukan.

Loading...

1. Sering-sering ngemil.

Cara meningkatkan berat badan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Mengutip Mayo Clinic, kamu yang ingin menaikkan berat badan dapat lebih sering makan camilan. Cara ini dinilai lebih efektif untuk meningkatkan berat badan daripada hanya makan besar sebanyak dua atau tiga kali sehari. Kamu pun disarankan lebih sering ngemil di sela-sela jam makan siang hingga makan malam.

2. Konsumsi smoothies.

Cara meningkatkan berat badan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Meskipun ingin meningkatkan berat badan, bukan berarti kamu bisa mengonsumsi semua makanan atau minuman. Beberapa orang yang ingin menaikkan berat badan sering kali mengonsumsi makanan atau minuman tak sehat seperti soda, kopi, dan makanan tinggi gula. Makanan atau minuman tersebut memang memiliki kandungan kalori yang tinggi dan dapat meningkatkan berat badan. Namun, konsumsi makanan tak sehat yang tinggi kalori dapat membuat tubuh menjadi tidak sehat dan rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengonsumsi smoothies yang mencampurkan buah-buahan segar, susu, yoghurt, hingga kacang-kacangan.

3. Penuhi kebutuhan protein.

Cara meningkatkan berat badan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang baik untuk menambah berat badan dan membentuk massa otot. Protein pun sangat penting bagi kamu yang tak hanya ingin meningkatkan berat badan, tetapi juga ingin membentuk tubuh dengan massa otot.

Mengutip healthline.com, protein memang mampu meningkatkan berat badan dan membentuk massa otot, namun protein juga dapat mengurangi rasa lapar. Dengan demikian, protein berpotensi menurunkan nafsu makan. Hal ini pun dapat diatasi dengan menyeimbangkan jumlah protein dan kalori yang masuk dalam tubuh. Dengan demikian, kamu tetap bisa meningkatkan berat badan dengan cara yang sehat. Kamu pun bisa mencoba makanan kaya akan protein seperti daging merah segar, ikan, telur, produk olahan susu, dan kacang-kacangan.

4. Makan makanan berlemak dan padat energi.

Cara meningkatkan berat badan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Mengutip healthline.com, makan makanan yang kaya akan lemak dan padat energi dapat meningkatkan berat badan dengan cepat. Bahkan, kamu pun disarankan untuk menambahkan bumbu atau saus yang dapat meningkatkan selera makan, sekaligus menambah kalori di dalamnya. Berikut makanan yang kaya akan lemak dan padat energi untuk meningkatkan berat badan:

- Kacang-kacangan: Almond, walnut, kacang tanah.

- Buah kering: Kismis dan kurma.

- Susu tinggi lemak: Susu murni, yoghurt, keju, dan krim.

- Minyak: Minyak zaitun extra virgun dan minyak alpukat.

- Biji-bijian utuh: Gandum dan beras merah:

- Daging: Ayam, sapi, dan domba,

- Umbi-umbian: Kentang dan ubi jalar.

- Makanan lain: Cokelat hitam, alpukat, selai kacang, santan, dan granola.

5. Jangan minum sebelum makan.

Cara meningkatkan berat badan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Jika kamu ingin meningkatkan berat badan, hindarilah minum air putih atau apa pun sebelum makan. Mengutip healthline.com, minum air sebelum makan akan membuat perutmu menjadi lebih terisi. Dengan demikian, kamu tidak akan terlalu merasa lapar dan kalori yang masuk ke dalam tubuh juga kurang maksmimal.

6. Gunakan piring yang besar.

Cara meningkatkan berat badan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Jika kamu memakai piring yang lebih besar, maka ada kecenderungan untuk meletakkan banyak makanan di atasnya. Apabila piring yang besar ini terpenuhi dengan makanan, kamu juga akan lebih tertarik menghabiskan makanan. Usahakan pula untuk tetap memperhatikan asupan makanan untuk menambah berat badan, yakni makanan yang kaya akan kalori, lemak, dan protein.

7. Olahraga.

Cara meningkatkan berat badan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Olahraga tidak hanya baik dilakukan untuk menurunkan berat badan, tetapi juga bisa menambah berat badan. Dengan berolahraga, kamu bisa memiliki tubuh yang lebih sehat dan membentuk otot. Bahkan, olahraga juga dapat meningkatkan nafsu makan.

Olahraga yang disarankan untuk meningkatkan berat badan adalah angkat beban yang bisa dilakukan sebanyak 2-4 kali seminggu. Untuk meminimalisir cedera, bagi kamu yang masih pemula bisa berkonsultasi dengan dokter maupun instruktur olahraga.

8. Memberi tambahan makanan.

Cara meningkatkan berat badan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Ketika makan besar maupun ngemil, kamu bisa memberi tambahan makanan seperti topping. Hal ini dilakukan agar tubuh menerima lebih banyak kalori yang berfungsi untuk menambah berat badan. Topping yang bisa ditambahkan antara lain keju, susu, krim, dan cokelat.

9. Hindari rokok.

Cara meningkatkan berat badan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Mengutip healthline.com, orang-orang yang merokok cenderung memiliki badan yang lebih kurus daripada orang-orang yang tidak merokok. Oleh karena itu, hindarilah rokok untuk menambah berat badan yang dapat dilakukan lebih efektif dan tubuh menjadi lebih sehat.

10. Tidur cukup.

Cara meningkatkan berat badan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Tidur cukup juga dapat meningkatkan berat badan. Dilansir dari healthline.com, tidur dengan waktu yang cukup, yakni 7-8 jam per hari sangatlah baik untuk membantu pembentukan otot. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu tidur tepat waktu dengan waktu yang cukup.

11. Minum susu.

Cara meningkatkan berat badan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Susu memang dikenal mampu meningkatkan berat badan, maka minumlah susu dengan lebih sering karena mengandung protein dan kalori yang baik untuk tubuh. Bahkan, kamu juga bisa lebih sering meminum susu untuk menghilangkan dahaga, menggantikan cairan yang hilang setelah olahraga, atau menambahkan susu pada jus atau smoothies.

Related News