11 Cara menghilangkan noda hitam di wajah dengan bahan dapur

11 Cara menghilangkan noda hitam di wajah dengan bahan dapur

Brilio.net - Ada banyak cara menghilangkan noda hitam di wajah. Noda hitam di wajah sendiri merupakan disebabkan karena hiperpigmentasi yang membuat perubahan pada warna kulit. Noda hitam bisa muncul di mana saja, baik di tubuh maupun di wajah. Dilansir dari Healthline, flek hitam memang tidak membahayakan. Namu dibiarkan semakin lama akan semakin membesar dan tentunya mengganggu penampilan.

Penyebab lain dari munculnya flek hitam di wajah karena kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, perubahan hormonal yang biasanya terjadi pada wanita saat hamil, efek samping obat-obatan, peradangan bekas jerawat dan luka, dan penggunaan skincare atau makeup yang tidak cocok.

Namun menurut penelitian, penyebab yang sering menimbulkan noda hitam di wajah adalah paparan sinar matahari. Oleh sebab itu, kamu bisa mencegahnya dengan rutin menggunakan sunscreen saat akan melakukan aktivitas di luar rumah. Namun bila sudah muncul noda hitam di wajah, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan beberapa metode, seperti perawatan laser, mikro dermabrasi, eksfoliasi atau scrubbing, dan krioterapi.

Namun terkadang, perawatan seperti ini memiliki efek samping yang pastinya membuat tidak nyaman. Tak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur dan rumah sebagai cara menghilangkan noda hitam di wajah.

Berikut bahan-bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda hitam seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (26/1).

1. Lidah buaya

Cara menghilangkan noda hitam dengan bahan dapur

foto: Pixabay/casellesingold

Membahas mengenai lidah buaya, tentu tidak ada habisnya. Tanaman yang memiliki duri di sisi daunnya itu memiliki segudang manfaat, tak hanya untuk kesehatan tapi juga untuk kecantikan.

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari lidah buaya adalah dapat membantu menyamarkan noda hitam di wajah. Caranya, kamu bisa siapkan gel lidah buaya secukupnya, kemudian campurkan dengan parutan mentimun, perasaan air lemon, dan satu sendok teh bubuk cendana. Setelah tercampur, oleskan pada wajah secara merata. Kemudian diamkan 10-15 menit. Bilas dengan air biasa.

2. Kentang

Cara menghilangkan noda hitam dengan bahan dapur

foto: Pixabay/wounds_and_cracks

Selain bisa dinikmati sebagai pengganti nasi, kentang juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Kandungan vitamin dan antioksidan pada kentang mampu mengangkat sel kulit mati dan menyamarkan noda hitam di wajah.

Cara menggunakannya, kamu cukup cuci satu buah kentang lalu iris tipis-tipis. Setelah itu tempelkan irisan kentang itu ke wajah yang sudah bersih. Kemudian diamkan beberapa menit, dan bilas dengan air biasa. Atau kamu bisa menghaluskan kentang hingga menjadi bubur, kemudian oleskan ke wajah. Diamkan 15-20 menit dan bilas dengan air biasa.

3. Pepaya

Cara menghilangkan noda hitam dengan bahan dapur

foto: Pixabay/varintorn

Cara menghilangkan noda hitam di wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan pepaya. Kandungan enzim pada pepaya memiliki sifat eksfoliasi alami yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati di wajah dan menyamarkan flek hitam.

Caranya siapkan secukupnya pepaya, kemudian haluskan menjadi bubur. Setelah itu aplikasikan ke wajah dan diamkan selama beberapa menit, bilas dengan air biasa.

4. Madu dan lemon

Cara menghilangkan noda hitam dengan bahan dapur

foto: Pixabay/shirley810

Madu dan lemon, dua perpaduan bahan alami yang memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit. Salah satunya untuk mengatasi masalah flek hitam di wajah. Kandungan vitamin dan zat aktif keduanya juga dapat memutihkan dan melembapkan wajah secara alami.

Caranya kamu bisa mencampurkan dua sendok teh madu lalu campurkan ke dalam air lemon. Kemudian aplikasikan ke wajah secara merata sambil diberi sensasi pijatan ke wajah. Lakukan perawatan ini rutin seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Almond

Cara menghilangkan noda hitam dengan bahan dapur

foto: Pixabay/stevepb

Almond salah satu jenis kacang yang memiliki harga cukup mahal. Selain rasanya yang enak, almond juga bisa diolah menjadi susu atau makanan lainnya. Ternyata, almond tak hanya lezat, tapi memiliki banyak kandungan vitamin untuk kulit. Almond mengandung antioksidan yang tinggi dan vitamin E yang bisa menjadi pelembap alami. Selain itu, almond juga dipercaya dapat digunakan sebagai masker alami yang bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah flek hitam di wajah.

Kamu bisa membuat masker almond dengan merendam almond dan susus elama satu malam. Setelah itu giling almond yang sudah dikupas dan campurkan sedikit bubuk cendana dan madu. Aduk hingga merata, kemudian oleskan ke wajah. Diamkan 10-15 menit dan bilas dengan air biasa. Perawatan ini bisa kamu lakukan satu sampai dua kali seminggu.

6. Kayu cendana

Cara menghilangkan noda hitam dengan bahan dapur

foto: Pixabay/xbqs42

Cendana adalah pohon yang menghasilkan kayu dan minyak cendana. Kayu ini sudah digunakan berabad-abad tahun yang lalu sebagai rempah-rempah, aromaterapi, serta campuran parfum.

Selain itu, kayu cendana dipercaya efektif dapat menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. kandungan minyak alami pada pohon cendana ini dapat membuat wajah lebih cerah dan sehat.

Cara menggunakannya, kamu bisa siapkan satu sendok bubuk cendana, campurkan dengan satu sendok makan gliserin dan tiga sendok air mawar. Camppur ketiga bahan itu hingga merata kemudian oleskan ke area wajah yang mmeiliki flek hitam. Diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih.

7. Oatmeal

Cara menghilangkan noda hitam dengan bahan dapur

foto: Pixabay/martin_hetto

Selain sebagai makanan untuk diet, oatmeal juga bisa digunakan untuk kecantikan. Salah satunya sebagai bahan alami untuk eksfoliasi. Dengan oatmeal bisa mengangkat sel-sel kulit mati, menghilangkan noda hitam, dan membantu melembapkan kulit.

Cara menggunakannya.tumbuh hingga halus oatmeal kemudian tambahkan perasaan air perasaan lemon, aduk hingga menjadi pasta. Setelah itu oleskan pada wajah secara merata, diamkan hingga mengering dan cuci hingga bersih. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu agar hasil optimal.

8. Jeruk nipis

Cara menghilangkan noda hitam dengan bahan dapur

foto: Pixabay/congerdesign

Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang bagus untuk kulit wajah. Jeryk nipis jyga kaya akan senyawa alami Alpha Hydroxy Acid (AHA). Senyawa ini mampu menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Selain itu, jeruk nipis juga dapat menyamarkan noda hitam di wajah.

Craa menggunakannya, siapkan dua sampai tiga jeruk nipis, kemudian peras jerung tersebut. Oleskan jeruk nipis pada wajah. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.

9. Putih telur

Cara menghilangkan noda hitam dengan bahan dapur

foto: Pixabay/peggychoucair

Putih telur mengandung enzim lysozome yang dapat menghilangkan noda hitam di wajah. Kandungan tersebut juga dapat mengangkat debu, kotoran, dan sel kulit mati. Sehingga kulit lebih sehat dan bersih.

Cara menerapkannya, siapkan satu putih telur, kemudian kocok putih telur hingga menggembung. Setelah itu oleskan ke area wajah yang memiliki flek hitam. Diamkan 10 menit dan bilas dengan air biasa.

10. Teh

Cara menghilangkan noda hitam dengan bahan dapur

foto: Pixabay/myriams-fotos

Selain menjadi minuman yang enak, teh memiliki manfaat untuk kulit wajah. Zat alami pada teh dapat membantu menenangkan kulit dan menghilangkan noda hitam di wajah.

Caranya, rendam teh dalam satu gelas air dan biarkan semalaman. Setelah itu, usapkan air teh tersebut ke wajah yang memiliki flek hitam. Daiman sampai kering dan lakukan hingga air habis, dan bilas dengan air hangat

11. Kunyit

Cara menghilangkan noda hitam dengan bahan dapur

foto: Pixabay/stevepb

Cara menghilangkan noda hitam di wajah yang terakhir adalah dengan kunyit. Kunyit tak hanya sebagai bahan bumbu dapur, tapi juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Kandungan zat alami dalam kunyit dapat memperbaiki kulot akibat radikal bebas, mengatasi masalah hiperpigmentasi, dan membantu mencerahkan wajah.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa campurkan dua sendok teh bubuk kunyit dengan susu dan air lemon secukupnya. Setelah itu aduk hingga rata dan memiliki konsistensi seperti pasta. Lalu oleskan pada wajah secara merata, diamkan 10-15 menit dan bilas dengan air hangat..

(brl/guf)

tags

Advertising
Advertising
STORIES