Brilio.net - Memiliki kulit berjerawat memang sangat mengganggu penampilan. Jerawat merupakan masalah kulit yang disebabkan minyak dan sel kulit mati. Penyebab timbulnya jerawat bermacam-macam, yang paling sering dijumpai adalah produksi minyak berlebihan, hormon atau saat masa menstruasi, pola makan, stres, serta komedo.

Kulit berjerawat juga dikategorikan kulit sensitif. Oleh karenanya tak bisa menggunakan sembarang produk, karena dapat memicu peradangan pada kulit dan membuat jerawat semakin banyak.

Tak hanya karena sering terpapar sinar matahari dan radikal bebas, jerawat juga disebabkan karena penyumbatan folikel atau kantong kelenjar tempat tumbuhnya rambut yang biasa disebut pori-pori.

Dilansir dari Healthline bahwa penyumbatan penyebab jerawat adalah minyak dan sel kulit mati. Biasanya jerawat muncul saat usia remaja. Namun tak sedikit pula orang yang mengalami jerawat di usia dewasa.

Minyak yang diproduksi folikel terlalu banyak juga penyebab munculnya jerawat. Salah satu jenis jerawat yang sering menjadi masalah umum adalah jerawat pasir.

Jerawat pasir kerap kali disebut dengan beruntusan, jerawat yang ditandai dengan bintil kecil yang belum berkembang atau biasa disebut comedonal acne.

Jenis jerawat yang satu ini biasanya hampir tidak terlihat, tetapi terasa kasar ketika disentuh. Jerawat pasir lebih mudah menyebar di permukaan wajah, terutama di pipi atau dahi. Jerawat pasir disebabkan karena  penyumbatan pori-pori oleh kombinasi sel kulit mati, minyak, dan bakteri.

Tapi kamu tak perlu khawatir, karena jerawat pasir bisa kamu atasi menggunakan bahan-bahan alami. Seperti sebelas cara menghilangkan jerawat pasir secara alami berikut ini, yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/5).

(brl/ola)

Related News