11 Cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare dengan bahan alami

11 Cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare dengan bahan alami

Brilio.net - Cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Kebanyakan kandungan bahan alami dapat meredakan masalah kulit yang terlalu sering terpapar skincare yang mengandung zat kimia tinggi.

Namun tak jarang orang yang menggunakan skincare justru mengalami masalah kulit di wajah. Lantas kenapa yah hal itu bisa terjadi? Dilansir dari Everydayhealth, salah satu alasan seseorang mengalami masalah kulit di wajah akibat skincare karena mereka terlalu sering berganti-ganti produk.

Ya, skincare memang kini banyak sekali macamnya. Bahkan hampir semua brand kecantikan mengeluarkan skincare terbaiknya. Hal itu membuat banyak wanita tertarik untuk bereksperimen mencoba produk baru.

Menurut Direktur Bedah Dermatologi Fifth Avenue dan Pusat Laser di New York, Paul Jarrod Frank, MD, sering mengganti produk baru dalam perawatan skincare justru menambah masalah baru pada kulit wajah.

Mengganti produk atau menambahkan dengan yang baru tanpa adanya jeda waktu seperti menantang kulit kamu dengan bahan aktif yang baru. Hal itu dapat membuat kulit bruntusan, berjerawat, hingga menyebabkan iritasi, kata Paul.

Paul pun menyarankan untuk kamu yang selalu ingin mencoba produk skincare yang baru sebaiknya beri jeda empat sampai enam minggu untuk membuat efek zat aktif dalam skincare bekerja.

Butuh waktu selama untuk membuat kulit kamu beradaptasi dengan skincare yang baru, tambahnya.

Wajah bruntusan akibat skincare tentunya sangat mengganggu penampilan. Tapi tak perlu khawatir, kamu bisa mengatasi masalah itu dengan menggunakan bahan alami. Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare.

Penasaran apa saja? Yuk simak ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (19/1).

1. Es batu

Cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare

foto: Pixabay/dragon77

Es batu paling nikmat dijadikan sebagai campuran sirup atau minuman manis yang dinikmati saat siang hari. Sensasi dingin pada batu es mampu melegakan tenggorokan yang kering akibat terik matahari.

Tak hanya sebagai pelengkap minuman yang melegakan, es batu juga bisa dimanfaatkan sebagai cara untuk mengatasi wajah bruntusan akibat skincare. Efek dingin pada es batu dapat mengatasi peradangan pada wajah.

Caranya siapkan beberapa es batu kemudian masukan ke dalam kain. Kompres wajah selama 5-10 menit. Kamu bisa lakukan perawatan ini dua kali sehari.

2. Minyak zaitun

Cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare

foto: Pixabay/stevepb

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari minyak zaitun. Salah satunya mengatasi bruntusan di wajah. Kandungan bahan aktif pada minyak zaitun dapat menenangkan kulit wajah.

Cara memanfaatkannya dengan mencampurkan minyak zaitun ke dalam produk perawatan kulit. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air biasa.

3. Cuka apel

Cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare

foto: Pixabay/jennyandthesummerday

Selain itu, ada juga cuka apel yang dapat mengatasi masalah bruntusan dan jerawat di wajah. Kandungan asam asetat pada cuka apel mampu meredakan peradangan pada kulit.

Caranya sangat mudah, campurkan satu sendok teh cuka apel dan tiga sendok makan air. Kemudian oleskan ke wajah secara merata. Diamkan 10-15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

4. Tea tree oil

Cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare

foto: Pixabay/naturefriend

Menurut penelitian Australasian Journal of Dermatology kandungan alami dari tea tree oil atau minyak pohon teh dapat mengatasi berbagai masalah kulit mulai dari kulit kering, jerawat, hingga bruntusan.

Untuk menggunakannya cukup oleskan tea tree oil ke wajah secara merata. Jadikan bahan alami ini sebagai rangkaian penutup dari penggunaan skincare malam hari. Keesokan harinya, bilas dengan air dingin.

5. Tomat

Cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare

foto: Pixabay/loggawiggler

Tomat salah satu jenis sayur dan buah yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Selain bagus untuk kesehatan, tomat juga dapat dijadikan sebagai masker wajah untuk mengatasi wajah bruntusan dan jerawat.

Kamu cukup haluskan satu buah tomat, kemudian tambahkan madu secukupnya. Aplikasikan ke wajah secara merata. Diamkan 15-20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

6. Lemon

Cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare

foto: Pixabay/ulleo

Cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare selanjutnya adalah dengan lemon. Meskipun memiliki rasa yang asam, namun lemon memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kulit bruntusan. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon dapat meredakan bruntusan dan membuat wajah kembali halus.

Caranya campurkan perasan jeruk lemon dan putih telur. Kemudian oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

7. Lidah buaya

Cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare

foto: Pixabay/casellesingold

Khasiat lidah buaya untuk wajah tentu sudah tidak diragukan lagi. Kandungan vitamin E pada lidah buaya dapat meredakan rasa gatal akibat bruntusan. Caranya ambil gel lidah buaya secukupnya, kemudian oleskan ke wajah secara merata. Diamkan hingga meresap dan bilas dengan air dingin.

8. Madu dan kayu manis

Cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare

foto: Pixabay/fancycrave1

Selain dikenal sebagai bahan pemanis alami, madu juga dijadikan untuk mengatasi masalah kulit wajah, salah satunya kulit bruntusan. Kambu bisa menjadikan madu sebagai masker wajah yang dicampurkan dengan kayu manis.

Caranya siapkan satu sendok makan madu dan satu sendok teh kayu manis. Campurkan kedua bahan tersebut dan panaskan 30 detik dalam microwave, setelah dingin aplikasikan ke wajah, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

9. Minyak cengkeh

Cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare

foto: Pixabay/devanath

Ada juga cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare dengan minyak cengkeh. Kandungan bahan aktif dalam minyak cengkeh dipercaya mampu atasi rasa gatal akibat bruntusan dan dapat menenangkan kulit.

Caranya dengan siapkan satu sendok makan minyak cengkeh kemudian tambahkan satu sendok teh air. Setelah itu aplikasikan ke wajah dan leher. Diamkan 10-15 menit, dan bilas dengan air.

10. Teh hijau

Cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare

foto: Pixabay/mirkostoedter

Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau mampu mengatasi wajah bruntusan. Kamu bisa menggunakan serbuk ampas teh hijau, kemudian tambahkan madu. Setelah tercampur. Aplikasikan ke wajah secara merata, diamkan selama 10 menit dan bilas.

11. Oatmeal

Cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare

foto: Pixabay/pizibear

Oatmeal tak hanya bisa dinikmati sebagai makanan untuk sarapan atau pengganti karbohidrat, kamu juga bisa menggunakan oatmeal sebagai bahan untuk mengatasi masalah kulit wajah.

Oatmeal memiliki sifat anti inflamasi yang dapat menyembuhkan peradangan akibat beruntusan. Caranya, haluskan oatmeal dengan blender, kemudian campurkan dengan air hangat secukupnya. Aplikasikan ke wajah sambil diberi pijatan lembut selama 8-10 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.


(brl/guf)

tags

Advertising
Advertising
STORIES