Brilio.net - Kaki adalah bagian tubuh yang rentan mengalami pecah-pecah dan kering, terutama pada bagian tumit kaki. Meskipun bukan hal yang membahayakan, tetapi kaki yang pecah-pecah akan membuat kepercayaan diri penderitanya menurun.

Kaki pecah-pecah merupakan suatu kondisi pada bagian tumit yang ditandai dengan kulit bersisik dan kering. Beberapa orang ada yang tidak menganggap masalah tersebut sebagai kondisi serius. Padahal ketika retakan atau pecah-pecah menjadi dalam, ini akan terasa menyakitkan untuk berdiri, berjalan, atau memberi tekanan pada kaki.

Dilansir dari laman healthnavigator.org.nz, penyebab umum kaki pecah-pecah termasuk kulit dingin yang kering adalah berdiri dalam waktu lama, kulit yang menua, memakai alas kaki terbuka, dan beberapa kondisi medis seperti obesitas dan eksim. Begitupun menurut ahli Dermatologis di Mount Sinai Hospital, New York, Joshua Zeichner dari Well and Good mengungkapkan bahwa orang juga bisa mengalami kaki kering dan pecah saat terkena eksim dan psoriasis.

Seperti yang diketahui bahwa pada dasarnya kulit telapak kaki memang lebih kering dibandingkan bagian kulit tubuh lainnya karena tidak memiliki kelenjar keringat. Oleh karena itu, kulit telapak kaki yang kering rentan menjadi penyebab kaki pecah-pecah.

Loading...

Penyebab kaki pecah-pecah bisa berawal dari kulit kaki yang kering, menumpuknya sel-sel kulit mati, dan kulit pada tumit yang jadi menebal serta mengeras. Ditambah lagi dengan aktivitas berdiri atau berjalan yang membuat telapak kaki bergesekan dengan alas kaki sehingga mengeras dan kehilangan elastisitasnya.

Awal mula kaki pecah-pecah disebabkan oleh area tumit menjadi keras, kering, kemudian terjadi penebalan yang disebut kalus atau kapalan. Biasanya kalus ini berwarna kekuningan atau kecokelatan, lebih gelap dari warna kulit normal. Kalus yang mengalami gesekan itulah kemudian mengalami friksi atau pecah-pecah.

Dalam beberapa kasus, retakan pada tumit bisa menjadi sangat dalam dan menyebabkan rasa sakit. Ada beberapa cara alami untuk mengatasi tumit pecah-pecah, salah satunya dengan memanfaatkan bahan alami. Seperti sebelas cara mengatasi kaki pecah-pecah secara alami berikut ini, yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/4).

(brl/lea)

Related News