Brilio.net - Ada banyak cara memutihkan wajah yang bisa dilakukan oleh masyarakat, misalnya dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan atau menggunakan produk kecantikan. Memiliki kulit putih dan bersih dinilai dapat menunjang penampilan. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang menganggap bahwa kulit putih tanda kulit sehat.

Namun sayangnya, kebanyakan produk kecantikan mengandung bahan-bahan kimia yang justru akan berbahaya pada kulit dalam jangka panjang. Efek samping yang bisa ditimbulkan biasanya kulit menjadi lebih tipis dan timbul kemerahan. Justru itu membuat kulit wajah menjadi rusak.

Beruntungnya, ada banyak bahan alami yang bisa dijadikan sebagai cara memutihkan wajah secara alami. Kandungan dalam bahan alami tersebut dipercaya tak hanya memutihkan wajah tapi juga memberi nutrisi pada kulit sehingga wajah terlihat lebih sehat.

Lantas apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk cara memutihkan wajah secara alami? Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari Healthline.com, theurbanguide.com dan stylecraze.com, Selasa (4/1).

Loading...

1. Madu dan lemon.

Cara memutihkan wajah secara alami berbagai sumber

foto: Pixabay/Shirley810

Kita tahu bahwa campuran madu dan lemon memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Salah satunya bisa meningkatkan imunitas tubuh. Ternyata kedua bahan tersebut juga bagus lho untuk kecantikan, salah satu manfaatnya adalah untuk memutihkan wajah. Kandungan antibakteri pada madu dan lemon dapat mengurangi flek hitam sehingga wajah lebih bersih.

Caranya kamu cukup menyiapkan 1 sendok makan perasan lemon, 1 sendok makan susu, dan 1 sendok teh madu. Campurkan ketiga bahan tersebut dan aduk rata. Kemudian oleskan ke wajah yang sudah dalam keadaan bersih. Biarkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini 2-3 kali dalam seminggu.

2. Jeruk dan kulitnya.

Cara memutihkan wajah secara alami berbagai sumber

foto: Pixabay/Pixel2013

Jeruk kaya akan vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh. Selain itu, jeruk juga dipercaya memiliki manfaat untuk cara memutihkan wajah secara alami. Caranya dengan mengonsumi buah jeruk rutin setiap hari.

Ternyata tak hanya buahnya, kulit jeruk juga bisa untuk memutihkan wajah, lho. Caranya kamu bisa mengoleskan kulit jeruk ke area wajah yang sudah dibersihkan. Selain itu kamu juga bisa menggunakan perasaan jeruk yang dicampur dengan 2 sendok makan kunyit. Aduk kedua bahan tersebut sampai seperti masker. Kemudian aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

3. Kentang.

Cara memutihkan wajah secara alami berbagai sumber

foto: Pixabay/Wounds_and_Cracks

Kandungan antioksidan dan vitamin C pada kentang mampu memutihkan wajah secara alami. Kentang juga dijadikan sebagai bahan alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah.

Caranya kamu bisa menyiapkan 1 buah kentang kemudian kupas dan potong kecil-kecil. Setelah dicuci bersih, kamu bisa oleskan kentang tadi ke wajah secara perlahan. Kemudian diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Pepaya.

Cara memutihkan wajah secara alami berbagai sumber

foto: Pixabay/Varintorn

Pepaya tak hanya lezat dikonsumsi sebagai pencuci mulut, tapi juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Salah satunya sebagai bahan alami yang ampuh mencerahkan kulit. Kandungan papain dan asam alfa hidroksi pada pepaya mampu mengangkat sel-sel kulit mati, membersihkan kotoran di wajah, hingga membuat wajah lebih glowing.

Caranya kamu bisa menyiapkan 150 gram pepaya kemudian haluskan, setelah itu campurkan 1 sendok teh madu. Sifat antibakteri pada madu dapat memberi hasil yang maksimal untuk memutihkan wajah. Setelah keduanya memiliki konsistensi seperti masker, kamu bisa mengoleskannya pada wajah dan leher secara merata. Diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu cuci wajah hingga bersih. Lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu.

5. Tepung besan.

Cara memutihkan wajah secara alami berbagai sumber

foto: Pixabay/Creatorswati

Tepung besan merupakan tepung yang biasa digunakan sebagai bahan masakan di beberapa negara seperti India, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, dan masih banyak lagi. Tepung ini terbuat dari kacang arab dan sayuran buncis yang dihaluskan dan dibuat menjadi tepung.

Meskipun terdengar asing, tepung besan bermanfaat untuk memutihkan wajah secara alami. Kamu bisa mencampurkan 2 sendok makan tepung besan dengan 2 ml air mawar. Kemudian aduk hingga menjadi masker, oleskan pada wajah dan leher secara merata, diamkan hingga mengering kemudian bilas hingga bersih. Tak hanya mencerahkan, masker ini juga dapat membuat wajah lebih sehat.

6. Bengkoang.

Cara memutihkan wajah secara alami berbagai sumber

foto: Pixabay/Lauryann

Sudah sejak lama bengkoang dijadikan sebagai bahan alami untuk memutihkan wajah. Kandungan vitamin C pada bengkoang ternyata bisa menurunkan produksi melanin sehingga kulit bersih dan bercak dan noda hitam di wajah memudar. Selain itu ada juga kandungan antioksidan yang dapat mencegah infeksi pada kulit dan bermanfaat memutihkan wajah tanpa efek samping.

Caranya kamu bisa menyiapkan satu buah bengkoang, kemudian parut. Setelah itu peras bengkoang dan dapatkan sarinya. Kamu bisa gunakan sari bengkoang untuk masker wajah. Masker ini bisa digunakan setiap hari untuk hasil yang optimal.

7. Yogurt.

Cara memutihkan wajah secara alami berbagai sumber

foto: Pixabay/TerriC

Siapa yang nggak suka yogurt? Pelengkap makanan ini ternyata memiliki banyak manfaat lho untuk kesehatan, salah satunya untuk membantu melancarkan pencernaan. Selain untuk kesehatan, yogurt juga bagus untuk kecantikan. Kandungan vitamin B kompleks pada yogurt membuat wajah putih secara alami.

Caranya siapkan 2 sendok teh yogurt plain dan 1 sendok teh madu. Aduk hingga merata kedua bahan tersebut. Kemudian oleskan ke area wajah secara merata. Biarkan selama 10-15 menit dan bilas dengan air biasa. Lakukan perawatan ini seminggu 2 kali.

8. Wortel.

Cara memutihkan wajah secara alami berbagai sumber

foto: Pixabay/Congerdesign

Kita tahu kalau wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi untuk kesehatan mata. Ternyata sayuran berwarna oren itu juga memiliki kandungan lainnya seperti beta-karoten yang bagus untuk kulit. Selain itu, kandungan antioksidan pada sayuran tersebut dalam memperbaiki dan mencerahkan warna kulit.

Caranya kamu bisa menyiapkan 1 buah wortel dan 1 buah alpukat. Buah alpukat ini sebagai penyempurna ramuan masker yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Setelah itu tambahkan 1 sendok makan krim kental, 1 butir telur, dan 1 sendok makan madu.

Setelah bahan tersedia, rebus wortel dan haluskan bersamaan dengan alpukat. Kemudian campurkan bahan-bahan lainnya. Setelah tercampur rata, oleskan ramuan tersebut ke wajah. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan itu 3 kali dalam seminggu.

9. Lidah buaya.

Cara memutihkan wajah secara alami berbagai sumber

foto: Pixabay/Rosiana-Sch

Sudah tidak asing lagi kalau lidah buaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kulit. Ada banyak kandungan vitamin yang terdapat pada lidah buaya, salah satunya senyawa aloin yang dapat mencerahkan kulit dan memperlambat proses pertumbuhan melanin pada wajah.

Cara menggunakannya kamu bisa menyiapkan 1 sendok makan gel lidah buaya dan 1 sendok teh gula merah. Campur kedua bahan tersebut setelah itu oleskan pada wajah. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air biasa. Masker ini bisa digunakan seminggu dua kali.

10. Susu.

Cara memutihkan wajah secara alami berbagai sumber

foto: Pixabay/Couleur

Susu mengandung asam laktat yang memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit. Selain itu, senyawa tersebut juga dapat menyamarkan noda hitam yang mengganggu di area wajah.

Untuk cara menggunakannya kamu bisa menyiapkan 1 sendok teh susu dan 1 sendok teh madu. Aduk rata kedua bahan tersebut kemudian oleskan ke wajah dengan gerakan melingkar. Beri pijatan lembut untuk memberi sensasi relaksasi. Kemudian diamkan 10 menit hingga meresap, setelah itu cuci wajah hingga bersih.

11. Mentimun.

Cara memutihkan wajah secara alami berbagai sumber

foto: Pixabay/Krzys16

Cara memutihkan wajah secara alami selanjutnya adalah dengan mentimun. Mentimun salah satu sayuran yang memiliki kandungan air sangat tinggi. Tak heran untuk kecantikan, mentimun sangat bagus untuk menghidrasi kulit. Selain itu, kandungan cucurbitacin D pada mentimun sangat bagus untuk mengurangi flek hitam sehingga wajah lebih bersih dan sehat.

Kamu bisa menjadikan mentimun sebagai masker. Caranya dengan memarut mentimun hingga halus kemudian peras hingga mendapatkan sari mentimun. Sari mentimun itulah yang dijadikan sebagai masker. Aplikasikan sari mentimun ke wajah hingga leher secara merata. Diamkan 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air biasa. Lakukan perawatan hingga 2-3 kali seminggu.

(brl/tin)

Related News

(brl/tin)