Brilio.net - Pada bagian lipatan tubuh memang cenderung akan lebih mudah menghitam karena keringat dan aktivitas sehari-hari. Oleh karenanya, bagian-bagian lipatan tersebut membutuhkan perawatan khusus agar warnanya tetap cerah. Siapapun tentu tidak akan nyaman dengan warna gelap di bagian tubuh mereka, karena dapat menurunkan rasa percaya diri.

Kondisi penggelapan pada area lipatan juga biasa disebut dengan Akantosis Nigrikans - kondisi kulit yang ditandai dengan area gelap, perubahan warna, seperti beludru di lipatan kulit dan lipatan tubuh.

Kulit yang mengalami akantosis nigrikans bisa menebal. Biasanya kondisi tersebut mempengaruhi ketiak, selangkangan, dan leher. Perubahan warna kulit merupakan satu-satunya gejala akantosis nigrikans. Pengidap akan mendapati penebalan, perubahan warna kulit menjadi gelap di daerah lipatan.
 
Perubahan biasanya akan berjalan perlahan. Hal ini disebabkan karena penyakit obesitas dan diabetes yang diderita. Selain itu, area lipatan kulit yang menghitam juga disebabkan karena menumpuknya sel kulit mati dan faktor-faktor lain seperti jamur hingga bakteri.

Menurut jurnal American Academy of Dermatology, gejala tersebut tak hanya dapat muncul di ketiak, namun juga wajah dan belakang leher, pusat, siku lengan, lutut, buku jari, sekitar pangkal paha, dan atau di bawah dada perempuan. 
Namun, kini kamu tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara memutihkan lipatan tubuh yang bisa dilakukan dengan bahan alami. Bahan alaminya pun sangat mudah didapatkan dan cara membuatnya juga sangat mudah. Penggunaan bahan alami dipercaya lebih baik dan lebih lembut untuk kulit, sehingga dapat meminimalisir terjadinya iritasi kulit.

Seperti sebelas cara memutihkan area lipatan kulit pakai bahan alami berikut ini, yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (10/5).

(brl/ola)

Related News