6. Minyak lemon dan kuning telur.

11 Cara membuat sampo dengan bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/andym

Minyak lemon dan kuning telur jika dipadukan dapat menghilangkan bau tidak enak pada kulit kepala. Cara mengaplikasikan minyak lemon dan kuning telur untuk keramas yaitu cukup campurkan 4 tetes minyak lemon dan dua butir kuning telur.

Langkah berikutnya yaitu oleskan bahan tersebut pada rambut dan gosok. Diamkan hingga 10 menit dan bilas menggunakan air hangat.

7. Peppermint.

11 Cara membuat sampo dengan bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/manfredrichter

Bahan alami berikutnya yang bisa digunakan untuk menggantikan sampo yaitu peppermint. Caranya menggunakan peppermint untuk keramas yaitu rebus secangkir air. Lalu tambahkan beberapa helai daun peppermint.

Diamkan kurang lebih 10 menit hingga dingin. Jika sudah, saring air rebusan tersebut menggunakan air rebusan untuk keramas. Saat keramas jangan lupa untuk memijat kulit kepala dan rambut.

8. Lemon dan mentimun.

11 Cara membuat sampo dengan bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/s.hermann

Lemon memiliki kandungan berupa asam sitrat yang bisa mencegah sebum atau minyak. Sementara itu, mentimun berguna untuk mendingan dan memberikan sensasi rasa dingin pada rambut saat digunakan.

Nah, cara menggunakan lemon dan mentimun sebagai pengganti sampo sangat lah mudah. Kamu hanya perlu menghaluskan lemon dan mentimun. Kemudian oleskan pada rambut secara merata dan diamkan 15 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

9. Madu dan lemon.

11 Cara membuat sampo dengan bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/fancycrave1

Bahan alami berikutnya yang bisa digunakan sebagai pengganti sampo yaitu madu dan lemon. Perlu kamu ketahui, madu dan lemon bisa digunakan untuk membersihkan dan melembapkan rambut secara alami.

Cara menggunakan madu dan lemon sebagai pengganti sampo cukup mudah. Kamu hanya perlu melarutkan madu dan lemon. Jika sudah oleskan bahan tersebut pada rambut dan pijat secara perlahan. Kemudian diamkan selama 8 sampai 10 menit dan bilas dengan air biasa.

10. Minyak kelapa.

11 Cara membuat sampo dengan bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/moho01

Minyak kelapa dikenal sebagai bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat rambut. Hal ini dikarenakan minyak kelapa memiliki sejumlah vitamin yang bisa merangsang pertumbuhan rambut. Bahkan minyak kelapa bisa melindungi kulit dari berbagai pengaruh yang bisa merusak rambut.

Nah, cara menggunakan minyak kelapa sebagai pengganti sampo yaitu dengan mengoleskan minyak kepala pada malam hari. Lalu tutup rambut dan diamkan kurang lebih 30 menit dan bilas pada pagi harinya.

11. Teh.

11 Cara membuat sampo dengan bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/congerdesign

Bahan alami berikutnya yang bisa kamu coba yaitu teh. Diketahui teh memiliki kandungan kafein yang bisa memperlancar aliran darah, menghidrasi, dan memperlancar oksigen. Ketiga hal itu lah yang membuat teh bisa meningkatkan pertumbuhan dan mencegah kerontokan rambut.

Cara menggunakan teh untuk mencuci rambut cukup mudah. Kamu hanya perlu menyeduh teh dan biarkan dingin terlebih dahulu. Kemudian gunakan teh untuk mencuci rambut. Lalu bilas dengan air biasa.

(brl/lea)