1. Cuka sari apel.

11 Cara membuat sampo dengan bahan alami Berbagai sumber

foto: Freepik.com

Bahan pertama yang bisa digunakan untuk menggantikan sampo yaitu cuka sari apel. Cuka sari apel memiliki kemampuan untuk memperlambat pertumbuhan jamur yang bisa dimanfaatkan mengatasi rambut rontok. Adanya kandungan seperti mineral dan vitamin bisa membuat rambut menjadi berkilau, halus, dan kuat. Bahkan bisa melindungi warna rambut.

Nah, caranya membuat cuka sari apel menjadi sampo adalah dengan mencampurkan 1 sdm cuka sari apel dan air. Kemudian, masukan dalam botol dan kocok. Lalu jika sudah, buatlah campuran tersebut untuk keramas. Setelah itu bilas dengan air biasa.

2. Kuning telur.

11 Cara membuat sampo dengan bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/alineponce

Jangan salah sangka, ternyata kuning telur bisa lho untuk sebagai pengganti sampo. Hal ini dikarenakan kuning telur memiliki sejumlah protein dan vitamin yang baik untuk rambut. Adanya surfaktan di dalam kuning telur bisa membersihkan rambut.

Selain itu kuning telur bisa berperan sebagai kondisioner yang membantu mengatasi rambut kering. Nah, cara menggunakannya yaitu dengan kocok telur dalam sebuah wadah. Setelah itu bahasi rambut, dan gunakan untuk keramas. Diamkan kurang lebih 1 sampai 3 menit dan bilas dengan air dingin.

3. Lidah buaya.

11 Cara membuat sampo dengan bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/franziska

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan antibakteri sehingga bisa membersihkan sel-sel kulit mati. Selain itu, adanya sifat antiinflamasi bisa membantu mengatasi ketombe yang tidak kunjung hilang. Bahkan jika rutin digunakan bisa menghilangkan minyak dan membuat rambut semakin subur.

Nah, cara menjadikan lidah buaya sebagai pengganti sampo yaitu dengan mengoleskan lidah buaya pada rambut dengan menggunakan sebuah sikat bersih. Kemudian, diamkan kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air biasa.

4. Soda kue.

11 Cara membuat sampo dengan bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/naterfriend

Bahan alami pengganti sampo berikutnya yang bisa kamu pakai yaitu soda kue. Soda kue memang bisa digunakan untuk keramas. Pasalnya soda kue bisa melakukan eksfoliasi alami sehingga membantu mengangkat sel kulit dan kotoran. Tidak hanya itu, soda kue juga bisa mengatasi gatal-gatal pada kepala.

Nah, cara membuatnya yaitu cukup sediakan 1 sdm soda kue dan 1 gelas air. Lalu campurkan kedua bahan dan gunakan untuk keramas. Lalu bilas dengan air biasa.

5. Rosemary.

11 Cara membuat sampo dengan bahan alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/michaelgaida

Bahan alami berikutnya yaitu ada rosemary. Rosemary memiliki aroma yang bisa memberikan rasa segar pada rambut setelah digunakan untuk keramas. Bahkan tidak hanya memberikan rasa segar, keramas menggunakan rosemary bisa membuat rambut kamu jadi harum.

Nah, cara menggunakannya cukup mudah. Cukup haluskan beberapa lembar daun rosemary dan tambahkan air secukupnya. Lalu gunakan untuk keramas dan diamkan kurang lebih 8 menit. Lalu bilas menggunakan air bersih.

(brl/lea)