11 Cara membuat pelembap alami di rumah, bisa pakai alpukat

11 Cara membuat pelembap alami di rumah, bisa pakai alpukat

Brilio.net - Memiliki permasalahan kulit kering membuat sejumlah orang tidak percaya diri. Apalagi jika kulit kering ini terjadi pada bagian tubuh terutama wajah. Hal ini dapat mengganggu penampilan dan penggunaan makeup jadi susah untuk menempel di kulit.

Kulit kering bisa terjadi karena beberapa faktor seperti genetik, cuaca kering, tingkat kelembapan udara yang begitu rendah, bahkan bisa jadi karena ketidakcocokan penggunaan produk makeup. Kondisi kulit kering bisa menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini, membuat kulit wajah menjadi kusam, dan berjerawat.

Nah, tapi kamu jangan khawatir, kulit kering ini bisa diatasi dengan berbagai cara, lho. Salah satunya dengan rutin menggunakan pelembap. Kamu tidak harus membeli pelembap di toko kecantikan. Pelembap untuk mengatasi kulit keringini bisa dibuat sendiri di rumah. Kamu bisa menggunakan bahan alami seperti buah, tanaman, maupun bahan dapur yang mudah didapat dan harganya cukup terjangkau.

Lantas bagaimana cara membuat pelembap alami di rumah? berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (4/3).

1. Buah cranberry.

 Cara membuat pelembap alami di rumah Berbagai sumber

foto: Pixabay/pexels

Bahan alami pertama yang bisa kamu gunakan yaitu cranberry. Buah cranberry bisa membantu menjaga kulit tetap lembap. Hal ini dikarenakan cranberry bisa menghidrasi kulit dengan baik.

Cara untuk menjadikan cranberry sebagai pelembap tidak terlalu susah. Cukup olah cranberry menjadi jus lalu tambahkan 1 sdt bubuk akar dandelion. Teh dandelion ini akan berguna untuk mengeluarkan garam yang mengendap di dalam tubuh. Adanya kandungan garam berlebih dapat membuat kulit menjadi dehidrasi.

2. Bubuk almond dan minyak argan.

 Cara membuat pelembap alami di rumah Berbagai sumber

foto: Pixabay/stevebuissinne

Cara membuat pelembap dari bahan alami berikutnya yaitu dengan menggunakan bubuk almond dan minyak argan. Kedua bahan-bahan ini bermanfaat menjaga kulit tetap lembap. Caranya dengan mencampurkan bubuk almond dan minyak argan. Jika sudah tercampur secara merata oleskan ke wajah.

3. Lidah buaya.

 Cara membuat pelembap alami di rumah Berbagai sumber

foto: Pixabay/mozo190

Lidah buaya bisa digunakan untuk melembapkan wajah secara alami. Adanya kandungan nutrisi di dalam lidah buaya bisa mengatasi kulit kering. Kulit pun bisa kembali lembap. Cara membuat pelembap dari lidah buaya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya ke wajah. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatakan hasil maksimal. Bisa juga dilakukan saat malam hari sebelum tidur.

4. Alpukat.

 Cara membuat pelembap alami di rumah Berbagai sumber

foto: Pixabay/jillwellington

Alpukat memiliki kandungan seperti asam lemak yang bersifat antibakteri. Kandungan asam lemak pada alpukat bisa dijadikan pelembap alami untuk mengatasi kulit kering. Caranya dengan menjadikan alpukat menjadi masker wajah. Untuk hasil yang maskimal, campurkan alpukat dengan madu murni. Madu murni bisa membantu menghidrasi kulit kering.

5. Teh hijau.

 Cara membuat pelembap alami di rumah Berbagai sumber

foto: Pixabay/hanakim

Teh hijau terkenal sebagai bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, termasuk untuk melembapkan wajah. Gunakan teh hijau dengan dikombinasikan bersama minyak essensial. Kedua bahan ini mampu untuk melembapkan kulit. Kamu juga bisa menambahkan minyak lavender maupun vitamin E.

Sediakan minyak essensial dan teh hijau. Campurkan kedua bahan tersebut menjadi satu. Jika sudah tercampur, oleskan pada bagian wajah. Pelembap wajah alami ini bisa digunakan bagi kamu yang memiliki jenis kulit sensitif.

6. Shea butter.

 Cara membuat pelembap alami di rumah Berbagai sumber

foto: Pixabay/silviarita

Shea butter bisa ditambahkan dengan cocoa butter. Cocoa butter berguna untuk membantu kulit tetap lembap dan lebih halus. Campuran shea butter dan cocoa butter memiliki tekstur cair, jadi sangat mudah untuk menyerap ke dalam lapisan kulit.

Berikut ini cara membuat pelembap dari shea butter. Sebelumnya, siapkan terlebih dahulu bahan utama, yakni shea butter, mentega kakao secukupnya, dan 2 sdm minyak zaitun.

- Pertama-tama lelehkan terlebih dahulu mentega cocoa butter

- Kemudian campurkan cocoa butter yang telah dicairkan dengan shea butter

- Jika sudah tercampur, masukkan ke lemari pendingin kurang lebih selama 1 jam

- Lalu aduk cocoa butter dan shea butter hingga memiliki tekstur seperti cream

- Langkah terakhir yaitu simpan cocoa butter dan shea butter yang sudah diaduk ke dalam wadah. Pelembap alami dari shea butter dan cocoa butter ini bisa kamu gunakan dalam jangka waktu kurang lebih 6 bulan.

7. Hazelnut oil coctail.

 Cara membuat pelembap alami di rumah Berbagai sumber

foto: Pixabay/silviarita

Minyak hazelnut juga bisa dimanfaatkan menjadi pelembap alami. Pelembap ini cocok untuk jenis kulit kombinasi. Dilansir dari Byrdie, kulit kombinasi yang berminyak bisa terjadi di daerah tertentu. Hal ini disebabkan karena kulit dalam keadaan tidak lembap dan banyak menggunakan produk kecantikan.

Cara membuat pelembap dari huzelnut oil coctail sangat mudah sekali. Kamu hanya perlu menyediakan 1 sdm minyak kemiri, 1 sdm minyak alpukat, dan 1 sdm minyak wijen. Campurkan semua bahan ke dalam botol, tutup rapat botol tersebut, dan kocok hingga tercampur rata. Nah, pelembap dari hazelnut oil coctail ini bisa bertahan setidaknya sampai 6 bulan, lho.

8. Yogurt dan telur.

 Cara membuat pelembap alami di rumah Berbagai sumber

foto: Pixabay/monicore

Yogurt dan telur memiliki kandungan yang berguna untuk menjaga kulit tetap lembap. Dua bahan ini dapat menjaga kerusakan sel kulit karena paparan sinar radikal bebas. Cara membuat pelembap dari yogurt dan telur tidak sulit. Kamu tinggal mencampurkan dua bahan ini menjadi satu. Aduk hingga rata. Setelah itu, oleskan ke wajah secara merata. Diamkan kurang lebih selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.

9. Minyak chamomile.

 Cara membuat pelembap alami di rumah Berbagai sumber

foto: Pixabay/zerin117

Minyak chamomile berguna untuk mengatasi kulit kering, iritasi, gatal, dan flek hitam. Sediakan 1/2 cangkir minyak argan, 2 sdm minyak almond manis, 10 tetes minnyak biji wortel, dan 5 tetes minyak chamomile. Campurkan minyak argan dan minyak almond ke dalam wadah. Kemudian masukkan minyak biji wortel dan minyak essesial chamomile. Aduk hingga rata.

Setelah selesai menggunakan pelembap ini, jangan lupa untuk menyimpan sisanya di tempat tertutup. Pelembap ini bisa tahan kurang lebih selama 6 bulan.

10. Bunga kembang sepatu.

 Cara membuat pelembap alami di rumah Berbagai sumber

foto: Pixabay/manfresrichter

Siapa sangka ternyata bunga kembang sepatu bisa digunakan sebagai pelembap alami, lho. Bunga kembang sepatu memiliki sifat yang dapat membantu menghidrasi kulit. Pelembap dari bunga kembang sepatu bisa dikombinasikan dengan mawar.

Bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat pelembap yaitu 1/2 cangkir minyak kelapa, 1/4 cangkir minyak argan, 2 sdm teh kembang sepatu organik, kelopak mawar secukupnya, 4 tetes minyak essensial mawar.

Panaskan minyak kelapa dan minyak argan. Potong halus kelopak bunga kembang sepatu. Kemudian campur potongan bunga kembang sepatu dengan minyak kelapa serta minyak arga. Diamkan selama semalaman. Selanjutnya saring potongan bunga kembang sepatu. Setelah disaring, tambahkan 4 tetes minyak essensial mawar.

11. Minyak almond.

 Cara membuat pelembap alami di rumah Berbagai sumber

foto: Pixabay/rabbixel

Pelembap dari perpaduan minyak almond, minyak cocoba, minyak alpukat, essensial, dan minyak buckthorn laut dipercaya baik untuk kulit. Sediakan 2 sdm minyak almond, 2 sdm minyak alpukat, 1 sdm minyak buckthorn laut, dan 10 tetes minyak essensial. Kemudian campurkan semua bahan ke dalam botol.

(brl/lut)

tags

Advertising
Advertising
STORIES