Brilio.net - Jerawat merupakan masalah kulit yang terjadi karena minyak yang tersumbat di pori-pori sehingga menyebabkan peradangan. Jerawat biasa muncul di area wajah, leher, dada, dan juga punggung. Ada beberapa faktor risiko penyebab jerawat, seperti hormonal, gen, stres, salah menggunakan skincare dan masih banyak lagi.

Masalah jerawat bisa diatasi dengan berbagai cara, misalnya menggunakan skincare. Kamu bisa menggunakan skincare khusus untuk jerawat. Apalagi saat ini sudah banyak produk skincare yang dijual di pasaran. Selain itu kamu juga bisa menghilangkan jerawat dengan menggunakan masker wajah berbahan alami.

Nah, penasaran bahan masker wajah alami guna mengatasi jerawat? Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (24/3).

1. Tea tree oil.

Bahan masker wajah alami atasi jerawat ©

foto: Freepik/jcomp

Bahan masker wajah alami untuk mengatasi jerawat yang pertama adalah tea tree oil. Tea tree oil merupakan minyak esensial yang sering ditemukan dalam bahan pembuatan produk skincare. Minyak ini terbuat dari ekstrak daun melaleuca alternifolia yang dipercaya ampuh mengatasi masalah jerawat tanpa menimbulkan efek samping.

Cara menggunakannya sangat mudah. Cukup tuangkan satu, tiga, atau lima tetes tea tree oil, kemudian tambahkan setengah gelas air. Lalu celupkan kapas ke cairan tersebut dan oleskan ke area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit dan bilas. Perawatan ini bisa kamu lakukan secara rutin hingga jerawat mereda.

2. Bawang putih.

Bahan masker wajah alami atasi jerawat ©

foto: Freepik/racool_studio

Bawang putih merupakan salah satu bahan di dapur yang bisa menambah rasa lezat pada makanan. Bawang putih tak hanya bagus untuk kesehatan tapi juga kecantikan. Kandungan antibakteri pada bawang putih mampu melawan jerawat.

Caranya dengan menghaluskan satu siung bawang putih dan tambahkan sedikit air. Lalu oleskan ke area wajah dan diamkan selama 10 menit. Perawatan ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit tanpa menimbulkan efek samping.

3. Cuka apel.

Bahan masker wajah alami atasi jerawat ©

foto: Freepik/jcomp

Cuka apel merupakan salah satu produk yang dibuat dari fermentasi apel. Bahan ini sudah sejak lama booming di dunia kesehatan dan kecantikan. Cuka apel sering dijadikan bahan tambahan pembuatan skincare. Selain itu, cuka apel juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah kulit di wajah, salah satunya adalah jerawat. Kandungan asam organik pada cuka apel mampu menghilangkan jerawat.

Kamu bisa mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:3, kemudian celupkan kapas ke area wajah yang terdapat jerawat. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa. Untuk melakukan perawatan ini, kamu harus hati-hati. Sebab bagi pemilik kulit sensitif dapat memicu iritasi.

4. Mentimun.

Bahan masker wajah alami atasi jerawat ©

foto: Freepik/jcomp

Mentimun tak hanya enak dinikmati menjadi jus atau atau dikonsumsi langsung. Mentimun ternyata juga bisa menjadi bahan masker wajah alami untuk mengatasi jerawat. Mentimun mengandung air yang sangat tinggi. Ada juga vitamin A,B, dan C, magnesium, kalium, mangan, dan silika. Di dalam mentimun juga memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih bagi wajah. Untuk jerawat sendiri, mentimun dapat dijadikan sebagai penenang bagi kamu yang memiliki jerawat meradang.

Cara mengaplikasikannya, kamu bisa iris tipis mentimun lalu tempelkan ke area wajah. Atau bisa juga dengan menghaluskan timun dan oleskan ke wajah, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air biasa.

5. Lidah buaya.

Bahan masker wajah alami atasi jerawat ©

foto: Freepik/jcomp

Seperti yang diketahui, lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang kaya akan manfaat. Lidah buaya mengandung banyak bahan aktif yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit di wajah termasuk jerawat.

Kamu bisa memanfaat lidah buaya dengan mengambil gel lidah buaya lalu oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air biasa. Perawatan ini bisa dilakukan dua kali dalam sehari.

6. Kunyit.

Bahan masker wajah alami atasi jerawat ©

foto: Freepik/stockimagefactory

Kunyit merupakan bahan rempah yang biasa kamu temukan di dapur. Kunyit tak hanya berguna sebagai pelengkap makanan, tapi juga bisa dimanfaat sebagai bahan masker wajah alami guna mengatasi jerawat. Kunyit mengandung antiseptik yang bagus untuk mengobati peradangan.

Caranya dengan mencampurkan satu sendok makan bubuk kunyit dan satu sendok teh madu. Lalu aduk bahan tersebut hingga menjadi pasta. Oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat.

7. Baking soda.

Bahan masker wajah alami atasi jerawat ©

foto: Freepik.com

Bahan masker wajah alami untuk mengatasi jerawat selanjutnya adalah baking soda. Selain digunakan sebagai bahan pembuat kue, baking soda juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat. Baking soda dapat mengembalikan pH kulit sehingga tetap terjaga kelembapannya.

Caranya, campurkan soda bubuk ke air secukupnya dan aduk hingga menjadi pasta. Lalu oleskan ke wajah yang memiliki jerawat, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.

8. Daun mint.

Bahan masker wajah alami atasi jerawat ©

foto: Freepik/racool_studio

Daun mint merupakan tanaman herbal yang biasa ditemukan dalam minuman dan makanan. Namun ternyata, daun mint juga bisa lho dijadikan sebagai bahan masker wajah alami untuk mengatasi jerawat. Kandungan bahan aktif pada daun mint dapat mengontrol produksi sebum yang memicu munculnya jerawat.

Kamu bisa menghaluskan daun mint dan tambahkan dengan yogurt serta oatmeal. Lalu aduk hingga rata dan oleskan ke wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air biasa.

9. Yogurt.

Bahan masker wajah alami atasi jerawat ©

foto: Freepik/racool_studio

Yogurt memiliki kandungan antiperadangan yang dapat membantu melawan jerawat. Kandungan pelembap yang tinggi pada yogurt juga dapat membantu mengontrol produksi sebum yang menyumbat pori-pori.

Caranya yaitu tuangkan dua sendok makan yogurt plain, lalu oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air biasa.

10. Air kelapa.

Bahan masker wajah alami atasi jerawat ©

foto: Freepik/jcomp

Seperti yang kamu tahu, air kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tak hanya itu, air kelapa juga punya manfaat untuk kecantikan. Kandungan bahan aktif di dalamnya mampu memberi nutrisi pada kulit, melembapkan, dan bisa menghilangkan jerawat.

Caranya siapkan satu gelas air kelapa lalu oleskan ke wajah menggunakan kapas. Diamkan selama 10 menit dan tepuk-tepuk hingga mengering. Cara ini bisa kamu lakukan secara rutin setiap malam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

11. Kayu manis.

Bahan masker wajah alami atasi jerawat ©

foto: Freepik/dashu83

Bahan masker wajah alami untuk mengatasi jerawat yang terakhir adalah kayu manis. Kayu manis merupakan salah satu bahan masakan yang memiliki cita rasa yang khas. Ternyata kayu manis juga memiliki manfaat untuk kecantikan lho. Kandungan anti bakteri di dalam kayu manis dapat membantu mengatasi masalah jerawat.

Caranya campurkan dua sendok makan madu dan satu sendok teh kayu manis. Aduk hingga menjadi pasta dan oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air biasa. Perawatan ini bisa kamu lakukan dua kali dalam seminggu.

(brl/red)

Related News

(brl/red)