Brilio.net - Ada banyak manfaat virgin coconut oil untuk wajah yang bisa kamu jadikan sebagai rangkaian skincare alami. Seperti yang sudah kamu tahu sebelumnya, virgin coconut oil atau minyak kelapa merupakan minyak serbaguna yang sudah dikenal sejak puluhan tahun lamanya. Virgin coconut oil memiliki banyak manfaat untuk mengatasi masalah rambut dan juga kulit wajah. Bahan tersebut juga sering dijadikan sebagai bahan alami dalam kandungan beberapa skincare.

Virgin coconut oil atau minyak kelapa berasal dari buah kelapa yang sudah masak, kemudian diparut dan diambil dagingnya dan diolah hingga menjadi minyak. Biasanya ini juga disebut sebagai kelapa murni karena memiliki wangi yang khas. Biasanya kelapa ini yang justru dijadikan sebagai bahan alami untuk kecantikan.

Dalam virgin coconut oil memiliki banyak nutrisi yang bagus untuk kesehatan dan juga kecantikan. Di dalamnya terkandung vitamin C dan E, asam lemak, asam miristat, antioksidan, dan protein.

Untuk mendapatkan manfaat dari virgin coconut oil, kamu bisa mengaplikasikannya langsung ke wajah. Kemudian diamkan selama semalaman. Kamu juga bisa menambahkan bahan lain seperti gula pasir untuk eksfoliasi atau menggunakan lemon untuk membuat wajah lebih cerah dan lembap.

Kali ini brilio.net akan merangkum manfaat virgin coconut oil untuk wajah, apa saja yah? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/2).

1. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Manfaat coconut oil untuk wajah ©

foto: Pexels/Anna Shvets

Paparan sinar matahari langsung ke kulit akan berdampak buruk pada kesehatan kulit. Biasanya, bila terlalu sering terpapar sinar matahari kulit wajah akan mengalami flek hitam, garis halus, dan kerutan. Menurut penelitian, menemukan bahwa virgin coconut oil dapat memblokir 20 persen sinar matahari. Selain itu, studi lain menyebut dalam virgin coconut oil terkandung SPF sebanyak 7+++ yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Namun kamu juga perlu menambahkan sunscreen apalagi saat melakukan aktivitas di luar ruangan untuk lebih memberi perlindungan ekstra pada kulit wajah.

2. Melembapkan kulit.

Manfaat coconut oil untuk wajah ©

foto: Pexels/Anna Shvets

Virgin coconut oil sudah dikenal sejak lama sebagai bahan alami untuk melembapkan kulit. Kamu bisa mengoleskan minyak tersebut ke area kulit yang mengalami kering, mulai dari tumit, siku, dan lutut. Dengan rutin menggunakan coconut oil saat pagi dan malam hari, kulit kamu akan terasa lebih lembap.

3. Mempercepat penyembuhan luka.

Manfaat coconut oil untuk wajah ©

foto: Pexels/Polina Kovaleva

Kandungan antioksidan dan kolagen dalam virgin coconut oil dipercaya mampu membantu menyembuhkan luka, salah satunya luka jerawat. Dengan kandungan tersebut juga dapat merangsang produksi kolagen dalam kulit sehingga wajah terlihat lebih kencang dan kenyal.

Penelitian lain dari manfaat coconut oil adalah sebagai antibiotik yang dapat menyembuhkan luka bakar dan sifat antimikroba di dalamnya dapat membantu mencegah infeksi. Kamu cukup mengoleskan coconut oil ke area yang mengalami luka rutin saat malam hari untuk hasil yang optimal.

4. Mengecilkan pori-pori.

Manfaat coconut oil untuk wajah ©

foto: Pexels/Polina Kovaleva

Bagi kamu yang memiliki pori-pori besar, pasti rentan mengalami masalah kulit kusam dan berjerawat. Hal itu disebabkan karena pori-pori yang membesar membuat kotoran dan debu menempel hingga masuk ke pori-pori. Alhasil, sebum yang ada di dalam kulit tersumbat dan menyebabkan jerawat.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan coconut oil. Coconut oil memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan jerawat. Beberapa penelitian mengungkap kandungan asam laurat dan asam kaprat dalam coconut oil dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

5. Meredakan peradangan kulit.

Manfaat coconut oil untuk wajah ©

foto: Pexels/Polina Kovaleva

Coconut oil memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat mengatasi masalah peradangan di kulit akibat jerawat dan masalah kulit lainnya. Selain itu, antioksidan di dalamnya juga baik dalam menangkal radikal bebas. Kamu cukup mengoleskan coconut oil ke area kulit yang mengalami peradangan kemudian lakukan perawatan itu rutin setiap malam.

6. Sebagai makeup remover.

Manfaat coconut oil untuk wajah ©

foto: Pexels/Monstera

Setelah seharian beraktivitas, pasti wajah penuh kotoran dan debu. Apalagi para wanita yang menggunakan makeup juga wajahnya dipenuhi makeup seharian. Biasanya, membersihkan wajah dengan menggunakan produk makeup remover. Namun kamu bisa menggunakan coconut oil untuk membersihkan wajah lho.

Caranya, oleskan coconut oil ke wajah sambil diberi pijatan, kemudian usapkan dengan kapas secara lembut. Lakukan hingga wajah benar-benar bersih dari makeup.

7. Sebagai eye remover.

Manfaat coconut oil untuk wajah ©

foto: Pexels/Monstera

Selain makeup remover, kamu juga bisa memanfaatkan coconut oil untuk eye remover, khususnya untuk riasan mata yang bersifat waterproof. Caranya, kamu cukup tuangkan coconut oil ke kapas kemudian usapkan ke area mata secara perlahan. Lakukan pembersihan itu hingga riasan di mata benar-benar terangkat.

8. Mencerahkan kulit.

Manfaat coconut oil untuk wajah ©

foto: Pexels/Polina Kovaleva

Manfaat coconut oil untuk wajah selanjutnya adalah dapat membantu mencerahkan kulit. Selain itu juga minyak tersebut dapat membantu meratakan warna kulit yang berubah karena faktor eksternal. Kamu bisa menambahkan coconut oil dengan air lemon, kemudian usapkan ke wajah untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Sebagai krim mata.

Manfaat coconut oil untuk wajah ©

foto: Pexels/Mirisn Alonso

Masalah di area mata sering dialami oleh banyak orang. Biasanya, mereka mengalami lingkar hitam di area mata, munculnya garis halus dan kerutan. Permasalahan area bawah mata ini tentu saja sangat mengganggu penampilan. Kamu bisa memanfaatkan coconut oil untuk mengatasi masalah tersebut.

Caranya, oleskan coconut oil ke area bawah mata saat malam hari sebelum tidur. Dengan rutin menggunakan bahan tersebut dapat membuat area mata terlihat lebih sehat.

10. Menghaluskan kulit.

Manfaat coconut oil untuk wajah ©

foto: Pexels/cottonbro

Manfaat coconut oil yang terakhir adalah dapat membantu menghaluskan kulit wajah. Minyak ini juga dapat dijadikan sebagai eksfoliasi alami. Kamu bisa menambahkan gula pasir dalam coconut oil, kemudian usapkan ke wajah secara merata. Cara ini juga bisa membantu untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah sehingga terasa lebih halus.


(brl/guf)

Related News

(brl/guf)