Brilio.net - Membahas mengenai manfaat tomat untuk wajah tentu banyak sekali. Dilansir dari Healthline, secara ilmiah tomat dikenal sebagai solanum lycopersicum. Menariknya tomat masuk dalam kategori buah dan juga sayur.

Awalnya tomat berasal dari Amerika Serikat, namun di Indonesia sendiri, buah tersebut tumbuh dengan subur. Kamu bisa menemukan tomat di supermarket hingga pasar swalayan. Dari segi rasa, tomat memiliki cita rasa asam segar. Tomat bisa dinikmati menjadi jus, campuran salad, atau di makan langsung.

Membahas mengenai manfaat tomat, pastinya banyak sekali, terutama untuk kesehatan. Kandungan antioksidan dan likopen pada tomat dapat memberi perlindungan terhadap sejumlah penyakit kronis seperti jantung, kanker, dan diabetes. Untuk kamu yang mau diet, tomat juga membantu menurunkan berat badan lho.

Selain untuk kesehatan, manfaat tomat untuk wajah juga banyak lho. Tomat memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C, vitamin A, vitamin B, kalium, dan magnesium yang dapat mencerahkan wajah, menghilangkan noda membandel, mengatasi jerawat, dan masih banyak lagi.

Loading...

Dilansir brilio.net dari Greatist, Dokter Spesialis Kulit, Tsippora Shainhouse dari Stay Skin Safe, mengatakan kandungan antioksidan pada tomat membantu produksi kolagen pada kulit sehingga wajah lebih lembap dan kenyal.

Sementara itu, menurut jurnal Annual Review of Food Science and Technology, kandungan likopen dalam tomat membantu mencegah perubahan warna kulit, perubahan tekstur, dan garis-garis halus serta kerutan.

Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat tomat untuk wajah, yuk simak rangkuman manfaat tomat untuk wajah dan cara mengaplikasikannya, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (6/1).

1. Dapat membantu melawan kerusakan sel.

Manfaat tomat untuk wajah ©

foto: Freepik/master1305

Sel-sel kulit di wajah yang rusak mengakibatkan munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput, flek hitam, dan lainnya. Salah satu cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kerusakan sel adalah menggunakan tomat.

Kandungan antioksidan, likopen dan vitamin C pada tomat dapat membantu melawan radikal bebas. Namun perawatan ini hanya bisa dilakukan saat kulit kamu belum muncul tanda-tanda penuaan.

Oleh sebab itu kamu harus rutin menggunakan masker tomat. Caranya sangat mudah dengan menyiapkan satu buah tomat, kemudian haluskan hingga memberi konsistensi seperti masker, lalu oleskan pada wajah dan leher rutin setiap hari.

2. Atasi masalah jerawat.

Manfaat tomat untuk wajah ©

foto: Freepik/freepik

Memiliki kulit yang mudah berjerawat tentu hal yang sangat menyebalkan. Kamu pasti sulit untuk makan-makanan atau menggunakan skincare dan makeup sembarangan. Karena kalau salah sedikit wajah kamu akan berjerawat. Munculnya jerawat di wajah disebabkan karena produksi minyak berlebih di wajah namun tersumbat oleh pori-pori.

Untuk mengatasi masalah jerawat kamu bisa menggunakan tomat, caranya dengan menyiapkan setengah tomat, kemudian tambahkan satu sendok teh minyak jojoba, tiga sampai lima tetes minyak pohon teh. Haluskan semua bahan menggunakan blender. Setelah halus, oleskan pada wajah selama 10-15 menit dan bilas dengan air dingin. Gunakan masker ini dua sampai tiga kali seminggu. Penambahan minyak jojoba pada ramuan ini juga berfungsi untuk melembapkan wajah dan mengontrol minyak berlebih.

3. Hilangkan noda hitam di wajah.

Manfaat tomat untuk wajah ©

foto: Freepik/freepik

Munculnya noda hitam di wajah disebabkan beberapa faktor, mulai dari bekas jerawat hingga paparan sinar matahari.Noda hitam di wajah tentu sangat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Untuk mengatasi noda hitam di wajah kamu bisa menggunakan tomat. Kandungan antioksidan pada tomat dapat mengatasi noda hitam di wajah.

Caranya kamu bisa siapkan dua sendok tomat yang sudah dihaluskan, kemudian campurkan dengan satu sendok teh madu. Setelah tercampur kamu bisa oleskan pada wajah hingga kering selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

4. Mengatasi kulit berminyak.

Manfaat tomat untuk wajah ©

foto: Freepik/jcomp

Kulit berminyak sangat rentan terhadap masalah kulit wajah, salah satunya jerawat. Tak sedikit orang mengalami stres saat timbulnya jerawat. Sebab jerawat salah satu masalah di wajah yang sangat mengganggu.

Kamu bisa mengatasi kulit berminyak dengan menggunakan ramuan tomat dan mentimun. Kandungan air yang tinggi pada mentimun dapat menyeimbangkan PH di kulit sehingga dapat mengontrol produksi minyak di wajah.

Caranya kamu bisa membuat campuran setengah tomat dan seperempat mentimun, haluskan kedua bahan tersebut kemudian aplikasikan ke wajah menggunakan bola kapas. Diamkan selama 10 sampai 15 menit. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

5. Melembapkan kulit.

Manfaat tomat untuk wajah ©

foto: Freepik/jcomp

Memiliki kulit lembap tentu keinginan banyak orang. Kandungan kalium pada tomat sangat berguna untuk melembapkan kulit. Untuk memiliki kulit lembap dan dan kenyal, kamu bisa menggunakan masker tomat.

Caranya dengan menyiapkan 2 sendok tomat yang sudah dihaluskan, kemudian campurkan dengan satu sendok teh madu. Setelah itu oleskan pada wajah dan diamkan hingga mengering, bilas dengan air hangat dan lakukan berulang cukup dua kali seminggu.

6. Mencegah penuaan dini.

Manfaat tomat untuk wajah ©

foto: Freepik/rawpixel.com

Kandungan vitamin pada tomat juga dapat mengatasi penuaan dini. Kamu bisa rutin menggunakan masker tomat untuk melihat hasilnya. caranya siapkan setelah tomat buah tomat dan seperempat buah mentimun. Haluskan kedua bahan tersebut kemudian oleskan di wajah dan tunggu selama 20 menit. Setelah mengering bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu.

7. Membantu mencerahkan wajah.

Manfaat tomat untuk wajah ©

foto: Freepik/master1305

Tomat mengandung banyak vitamin dan senyawa yang mampu membantu mencerahkan wajah. Salah satunya adalah kandungan vitamin C pada tomat efektif memutihkan wajah.

Untuk memutihkan wajah secara alami kamu bisa menyiapkan satu sendok teh oatmeal, satu sendok teh yogurt, dua sendok bubur tomat. Campur semua bahan dan oleskan ke keseluruh wajah dan leher. Diamkan selama 20 menit, lakukan perawatan ini dua kali seminggu.

8. Menyamarkan mata panda.

Manfaat tomat untuk wajah ©

foto: Freepik/kamranaydinov

Bagi banyak orang, memiliki mata panda sangat menanggu dan mengurangi penampilan. Meskipun kekurangan di area mata bisa ditutupi dengan makeup, namun tetap saja membuat orang yang mengalaminya tidak percaya diri. Ternyata untuk menghilangkan mata panda bisa dengan tomat lho. Caranya sangat muda. Kamu bisa menggunakan irisan buah tomat kemudian ditempelkan ke mata. Lakukan perawatan ini setiap hari untuk hasil maksimal.

9. Mengencangkan kulit.

Manfaat tomat untuk wajah ©

foto: Freepik/drobotdean

Kandungan vitamin C pada tomat dapat merangsang produksi kolagen di kulit sehingga kulit lebih sehat dan kencang. Vitamin B di dalamnya juga berperan membantu memperbaiki sel permukaan kulit untuk memperbaiki tekstur kulit.

Caranya oleskan irisan tomat ke wajah. Biarkan lima sampai delapan menit. Setelah itu cuci wajah dengan air bersih.

10. Mengangkat sel kulit mati.

Manfaat tomat untuk wajah ©

foto: Freepik/nakaridore

Manfaat tomat untuk wajah selanjutnya adalah dapat mengangkat sel kulit mati. Enzim dalam tomat dapat dapat membantu pengelupasan kulit. pengelupasan kulit ini mampu mengangkat sel kulit mati. Kamu bisa menjadikan tomat sebagai scrub wajah. Caranya campurkan gula dan tomat yang telah dihaluskan. Gosok secara lembut pada wajah dan bibir. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air bersih.

Related News