10 Manfaat temulawak untuk wajah, samarkan bekas jerawat

10 Manfaat temulawak untuk wajah, samarkan bekas jerawat

Brilio.net - Ada banyak manfaat temulawak untuk wajah. Temulawak memiliki nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza yang berasal dari famili Zingiberaceae.

Tanaman temulawak biasa tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi. Biasanya tanaman ini tumbuh hingga ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut.

Temulawak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Kandungan 79,96%, 0,80% serat, 15 mg/kg kurkumin, 1,35% lemak, 19,07% mg/kg kalsium, 1,52% protein, dan 11,45 mg/kg kalium. Semua kandungan tersebut dapat mengatasi masalah pencernaan dan meningkatkan antioksidan dalam tubuh sehingga dapat menetralkan radikal bebas.

Selain itu, kandungan kurkumin dan minyak atsiri di dalamnya memiliki senyawa organik seperti phellandren, sineal, borneol, xanthorrhizol, dan turmerol yang dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit di wajah.

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat temulawak untuk wajah seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (21/2).

1. Melembapkan kulit

Manfaat temulawak untuk wajah

foto: Freepik/lookstudio

Manfaat temulawak untuk wajah yang pertama dapat melembapkan kulit. Kandungan bahan aktif di dalamnya mampu menghidrasi kulit, sehingga lebih sehat dan lembap.

Kamu bisa memanfaatkan temulawak dengan membuat masker temulawak. Caranya siapkan bubuk temulawak dan campurkan dengan minyak zaitun dan putih telur. Lalu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

2. Sebagai antiaging

Manfaat temulawak untuk wajah

foto: Freepik/macrovenctor

Masalah penuaan dini hal yang sangat menakutkan bagi banyak orang khususnya para wanita. Munculnya penuaan dini biasanya diawali dengan adanya kerutan dan garis halus di area mata. Kamu bisa mencegah munculnya penuaan dini dengan menggunakan masker temulawak.

Caranya, siapkan bubuk temulawak kemudian campurkan dengan air mawar secukupnya. Aduk hingga rata dan oleskan pada wajah dan leher secara merata lakukan perawatan ini rutin setiap dua kali dalam seminggu.

3. Memperkuat skin barrier

Manfaat temulawak untuk wajah

foto: Freepik/master1305

Paparan sinar matahari tak jarang merusak bagian terluar kulit. Untuk itu, kamu perlu melakukan perawatan untuk menjaga kesehatan kulit terluar. Salah satunya dengan menggunakan temulawak. Temulawak mengandung antioksidan alami yang mampu memperkuat skin barrier, sehingga dapat memelihara kesehatan kulit dari radikal bebas.

Caranya, campurkan bubuk temulawak dengan gel lidah buaya. Aduk semua bahan, oleskan ke wajah dan leher secara merata. Lalu diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa.

4. Mencerahkan wajah

Manfaat temulawak untuk wajah

foto: Freepik/master1305

Memiliki kulit yang cerah pastinya impian banyak orang. Kamu bisa mendapatkan kulit cerah yang diimpikan dengan melakukan berbagai perawatan. Baik rutin ke klinik kecantikan atau menggunakan bahan-bahan alami yang dapat membantu mencerahkan wajah.

Kamu bisa menggunakan temulawak untuk membantu mencerahkan wajah. Kandungan vitamin di dalamnya mampu mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam. Temulawak juga bisa dijadikan sebagai eksfoliasi alami yang mampu mencerahkan wajah.

Caranya, siapkan dua sendok bubuk temulawak dan satu sendok madu. Aduk kedua bahan dan campurkan dengan sedikit air. Aduk hingga menjadi pasta lalu oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

5. Mengencangkan kulit

Manfaat temulawak untuk wajah

foto: Freepik/rawpixel.com

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit mengalami penurunan elastisitas sehingga kulit kendur. Namun sebelum mengalami masalah itu, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan temulawak. Kandungan antioksidan dalam temulawak dapat membantu proses mengencangkan kulit

Caranya, campurkan bubuk temulawak dan madu. Aduk kedua bahan hingga menjadi pasta, oleskan ke wajah secara merata dan diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air biasa.

6. Menghaluskan wajah

Manfaat temulawak untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, temulawak bisa dijadikan sebagai eksfoliator alami. Menggunakan masker wajah secara rutin dapat membantu menghaluskan wajah. Selain itu, temulawak juga dapat membuat masker wajah meresap sempurna.

Caranya siapkan dua sendok temulawak dan air secukupnya. Lalu oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air biasa.

7. Menyamarkan noda hitam

Manfaat temulawak untuk wajah

foto: Freepik.com

Munculnya noda hitam di wajah disebabkan oleh beberapa faktor, seperti genetik, paparan sinar matahari, paparan radikal bebas, dan bekas jerawat. Noda hitam menahun memang sulit dihilangkan, namun bisa disamarkan dengan temulawak. Caranya, campurkan bubuk temulawak dan air lalu oleskan ke wajah, diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air biasa.

8. Menghilangkan bekas jerawat

Manfaat temulawak untuk wajah

foto: Freepik.com

Munculnya jerawat pastinya sangat mengganggu penampilan. Tak hanya saat jerawat saja, tapi bekas jerawat juga dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Bekas luka jerawat ini bisa kamu hilangkan dengan menggunakan temulawak.

Gunakan masker temulawak dengan rutin. Caranya campurkan bubuk temulawak dan air mawar. Lalu oleskan ke wajah secara merata. Diamkan kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air biasa.

9. Mengatasi masalah jerawat

Manfaat temulawak untuk wajah

foto: Freepik/wayhomestudio

Jerawat di wajah tak jarang mengganggu penampilan. Jerawat disebabkan karena adanya peradangan di dalam pori-pori, dikarenakan tersumbatnya sel kulit mati dan flek hitam di pori-pori.

Untuk mengatasi masalah jerawat, kamu bisa menggunakan masker temulawak. Kandungan anti inflamasi di dalamnya dipercaya dapat meredakan peradangan jerawat dan membantu jerawat lebih cepat kering.

10. Mengecilkan pori-pori

Manfaat temulawak untuk wajah

foto: Freepik/diana.grytsku

Sifat astringent yang terkandung dalam temulawak bermanfaat mengecilkan pori-pori dan mampu menghambat minyak secara berlebih di wajah. Kamu bisa menjadikan temulawak sebagai eksfoliasi alami, caranya dengan mencampurkan bubuk temulawak dengan madu dan air, aduk semua bahan dan oleskan pada wajah secara merata sambil diberi pijatan halus. Setelah itu bilas dengan air dingin.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES